Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

8 Aplikasi Video Call Terbaik dan Sederet Kegunaannya

by Nadhillah Kusindriani on 29 April, 2020

Demi kelancaran suatu pekerjaan dan proses belajar, beberapa aplikasi video call terbaik sangat dibutuhkan belakangan ini. Hal tersebut dikarenakan adanya himbauan dari pemerintah, agar masyarakatnya belajar dan bekerja dari rumah selama masa pandemi virus corona atau Covid-19.

Mengetahui 8 Aplikasi Video Call Terbaik dan Sederet Kegunaannya

Dari yang sebelumnya hanya digunakan seperlunya saja, aplikasi video call terbaik belakangan ini sedang intensif digunakan oleh para pekerja untuk meeting.

Namun tidak hanya itu, sejumlah sekolah dan universitas juga kini banyak yang sudah menggunakan aplikasi video call untuk aktivitas belajar mengajar.

8 Aplikasi Video Call Terbaik

Sedang gencar-gencarnya digunakan di beberapa bulan terakhir, beberapa aplikasi video call terbaik kini menjadi andalan para pelajar dan pekerja. Tentu, karena kemudahan serta kecanggihan dari fitur-fitur yang diberikan.

Dan menariknya, beberapa aplikasi video call terbaik tidak hanya tersedia di smartphone saja, tetapi juga tersedia di laptop atau komputer. Lantas, apa saja aplikasi video call terbaik tersebut? Di bawah ini CekAja.com telah merangkumnya khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

1. Skype

Skype - Mengetahui 8 Aplikasi Video Call Terbaik dan Sederet Kegunaannya

Aplikasi video call terbaik yang pertama adalah Skype. Meskipun desktop dari aplikasi keluaran microsoft ini cukup lemah, tetapi Skype sudah sangat dikenal dan digunakan oleh banyak orang di dunia.

Jika kamu menggunakan Skype versi seluler, maka ia mampu menampung peserta sebanyak apapun tanpa batas waktu secara gratis, yaitu empat jam per panggilan dan 100 jam per bulan.

Tidak hanya itu, Skype juga memiliki kemampuan untuk cross-platform dari smartphone ke PC. Sehingga, tidak sesama PC atau sesama smartphone saja yang bisa berkomunikasi. Tetapi antara PC dan smartphone pun bisa berkomunikasi.

Kemudian untuk kelancaran video, sebaiknya ketika menggunakan Skype kamu hanya fokus pada video call saja. Hindari pembaruan status, penggunaan emoji-emoji dan aktivitas-aktivitas lainnya.

(Baca Juga: 6 Aplikasi Smartphone Penting Saat Puasa)
2. Google Duo

Google Duo - Mengetahui 8 Aplikasi Video Call Terbaik dan Sederet Kegunaannya

Aplikasi video call terbaik yang kedua adalah Google Duo. Aplikasi yang dirancang sangat sederhana ini, memiliki keunggulan berupa kemampuan serta kualitas video call yang cepat dan stabil, seperti ketika kamu menggunakan telepon seluler.

Sebagai aplikasi keluaran Google tahun 2020, Google Duo hadir di hampir seluruh perangkat smartphone Android.

Oleh karena itu, bagi kamu pengguna Android tidak perlu lagi repot-repot mencari dan mengunduh aplikasi video call terbaik. Terlebih, aplikasi Google Duo juga mampu menampung hingga 12 orang.

3. Zoom Cloud Meetings

Zoom Cloud Meetings - Mengetahui 8 Aplikasi Video Call Terbaik dan Sederet Kegunaannya

Siapa di sini yang tidak mengenal dan menggunakan Zoom? Sebagai salah satu aplikasi video call terbaik, Zoom belakangan ini populer karena banyak yang menggunakannya untuk melakukan aktivitas belajar mengajar atau pun meeting.

Hal tersebut dikarenakan Zoom memang dirancang dan dihadirkan khusus untuk melakukan video conference. Di mana, aplikasi ini mampu menampung peserta hingga paling banyak 16 orang dengan durasi meeting paling lama 30 menit.

Tidak hanya itu, aplikasi Zoom ini tidak hanya bisa digunakan di laptop atau komputer saja, lho! Tetapi kamu juga bisa menggunakannya di smartphone. Hanya saja, kamu perlu mengunduhnya terlebih dahulu di AppStore atau pun Play Store.

4. Google Hangouts Meets

Google Hangouts Meets - Mengetahui 8 Aplikasi Video Call Terbaik dan Sederet Kegunaannya

Aplikasi video call terbaik yang keempat adalah Google Hangouts Meets. Aplikasi yang biasa disebut dengan Hangouts ini hadir di beberapa platform yang bisa kamu akses, salah satunya yaitu di browser PC atau pun laptop milik mu.

Selain itu, aplikasi ini juga sangat mudah untuk digunakan. Sebab, Hangouts sudah terhubung dengan akun Gmail mu. Sehingga, akan memudahkan mu dalam membuat akun atau pun mengundang teman lainnya untuk melakukan video call.

5. WhatsApp

WhatsApp - Mengetahui 8 Aplikasi Video Call Terbaik dan Sederet Kegunaannya

Selanjutnya di posisi kelima ada WhatsApp. Banyak di antara kamu mungkin sudah menggunakan WhatsApp sebagai salah satu fitur chatting. Namun ternyata, WhatsApp memiliki fiur video call yang juga bisa digunakan oleh para penggunanya.

Hanya saja, fitur video call tersebut baru bisa digunakan di WhatsApp versi smartphone saja. Sehingga, apabila kamu berharap ingin menggunakan fitur video call pada WhatsApp web di PC atau laptop mu, hal tersebut belum bisa dilakukan.

Tetapi jika kamu terpaksa harus menggunakan fitur video call pada WhatsApp web, kamu bisa mengakalinya menggunakan emulator Android, seperti Nox atau pun Bluestacks.

6. FaceTime

FaceTime - Mengetahui 8 Aplikasi Video Call Terbaik dan Sederet Kegunaannya

Aplikasi video call terbaik yang keenam adalah FaceTime. Meski hanya pengguna produk Apple saja yang bisa menggunakan aplikasi ini, namun FaceTime tetap menjadi aplikasi video conference terbaik untuk para penggunanya.

Aplikasi ini sudah tersedia di seluruh perangkat keluaran Apple, baik MacBook, iPhone dan iPad. Sehingga, kamu tidak lagi perlu mengunduh dan meng-install nya.

Sebab, yang perlu kamu lakukan hanya mendaftar saja menggunakan akun email yang kamu miliki, untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

7. Viber

Viber - Mengetahui 8 Aplikasi Video Call Terbaik dan Sederet Kegunaannya

Aplikasi video call terbaik berikutnya adalah Viber. Meskipun fitur ini dominan digunakan untuk mengirim pesan, namun ternyata Viber juga bisa kamu gunakan untuk video call ke berbagai jenis perangkat berbasis iOS, Android, Windows dan sebagainya,

Aplikasi ini bisa kamu gunakan sebagai alternatif aplikasi video call, apabila aplikasi video call yang bisa kamu gunakan sedang ada gangguan atau terjadi masalah.

Untuk bisa menggunakan aplikasi yang satu ini pun sangat mudah, yaitu kamu hanya perlu membuat akun dan mendaftarkannya menggunakan nomor handphone.

Jika proses pendaftaran sudah selesai, kamu bisa langsung mengundang dan mengajak teman-teman mu untuk menggunakan Viber dan berkomunikasi melalui video call di sana.

8. IMO

IMO - Mengetahui 8 Aplikasi Video Call Terbaik dan Sederet Kegunaannya

Yang terakhir ada IMO sebagai salah satu aplikasi video call terbaik. Berbeda dari aplikasi video call lainnya yang mungkin akan terhambat jika koneksi berubah menjadi 2G atau 3G, IMO justru bisa kamu gunakan pada kedua jaringan koneksi tersebut.

Oleh karena itu, IMO kerap kali dijadikan sebagai aplikasi video call alternatif. Terlebih, ia juga bisa digunakan di beberapa perangkat yang berbasis iOS atau pun Android. Dengan begitu, semua orang bisa menggunakan aplikasi video yang satu ini.

(Baca Juga: Kamera Smartphone Terbaik 2020)
Kegunaan dari Aplikasi Video Call

Pada pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui delapan aplikasi video call terbaik. Dari yang sudah disebutkan di atas, tentu ada beberapa aplikasi yang sudah kamu kenal atau kamu gunakan.

Dan dari salah satu aplikasi yang kamu gunakan tersebut juga, tentu kamu bisa merasakan manfaat atau kegunaannya, salah satunya adalah kamu bisa melakukan komunikasi tatap muka dengan lawan bicara mu.

Sehingga, kamu tidak hanya mendengar suaranya saja, tetapi kamu juga bisa melihat wajah, keadaan sekitar serta kondisi lawan bicara mu.

Namun sebenarnya, ada beberapa kegunaan lainnya yang bisa kamu rasakan dan dapatkan dari aplikasi menggunakan aplikasi video call terbaik, yang di antaranya yaitu:

Meeting Pekerjaan

Kegunaan dari aplikasi video call terbaik yang pertama adalah untuk melakukan video conference atau meeting pekerjaan. Di mana, kamu bisa berdiskusi terkait pekerjaan secara online dengan klien atau lawan bicara mu di seberang sana.

Tidak perlu khawatir dengan lokasi lawan bicara mu berada di daerah atau negara mana, sebab aplikasi video call bisa menjangkau hingga ke seluruh dunia. Yang perlu kamu perhatikan adalah koneksi internet antara kamu dan lawan bicara harus lah stabil.

Belajar dan Diskusi

Kegunaan dari aplikasi video call selanjutnya adalah untuk belajar dan diskusi online. Di mana, kegiatan belajar mengajar atau pun diskusi terkait pelajaran bisa kamu lakukan secara online melalui aplikasi video call terbaik.

Sama seperti kegunaan sebelumnya, yaitu kamu harus memastikan bahwa koneksi internet yang digunakan antara peserta berjalan baik. Sebab, hal tersebut yang menentukan lancar atau tidaknya kegiatan belajar mengajar secara online.

Media untuk Melepas Rindu

Kegunaan dari aplikasi video call yang berikutnya adalah sebagai media untuk melepas rindu dengan orang-orang terkasih. Dalam hal ini ditujukan untuk orang-orang yang berada jauh dari keluarganya. Seperti misalnya orang yang merantau ke Jakarta untuk bekerja atau pun bersekolah.

Dengan adanya aplikasi video call terbaik, mereka bisa secara langsung bertatap muka, bertukar kabar dan melepas rindu meski hanya di depan layar smartphone atau PC dan laptop saja.

Mencegah Terjadinya Kebohongan

Kegunaan dari aplikasi video call terbaik yang keempat adalah mencegah terjadinya kebohongan. Sebab, kamu bisa menunjukkan posisi mu melalui video call. Begitu pula dengan lawan bicara mu yang bisa menunjukkan posisinya.

Selain itu, kamu juga bisa melihat ekspresi dari lawan bicara mu ketika menjelaskan sesuatu. Dengan begitu, kamu bisa menilai dan melihat apakah lawan bicara mu sedang berbohong atau bicara yang benar.

Menunjukkan Suatu Peristiwa

Kegunaan yang terakhir adalah kamu bisa menunjukkan kejadian dari suatu peristiwa. Seperti misalnya, kamu terkena tilang di tengah jalan, maka kamu bisa menunjukkan kejadian sebenarnya dengan melakukan video call kepada orang yang perlu kamu beri informasi.

Nah, beberapa informasi terkait aplikasi video call terbaik beserta kegunaannya sudah kamu ketahui di atas. Untuk bisa menggunakan beberapa aplikasi tersebut, tentu kamu harus memiliki perangkat yang mendukung adanya aplikasi video terbaik, seperti smartphone, laptop atau pun PC.

Dan sudah pasti, kamu membutuhkan biaya yang cukup besar untuk meng-update atau mengganti perangkat yang kamu miliki. Namun jika dana yang kamu miliki belum cukup, jangan khawatir. Karena, kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

Tetapi apabila kamu juga belum memiliki kartu kredit, kamu bisa langsung saja mengajukan ke CekAja.com. Sebab, sebagai perusahaan financial technology yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), CekAja.com akan memberikan pelayanan yang mudah dan cepat. Jadi, tunggu apalagi? Ajukan sekarang, yuk!

Tentang Penulis