Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

6 menit waktu bacaan

Mengintip 4 Peluang Usaha Terbaru Beromzet Ratusan Juta Rupiah

by Surtan Siahaan on 15 Agustus, 2017

tips bisnis _ pinjaman usaha - CekAja.com

Sudah bosan jadi karyawan dan ingin merintis bisnis sendiri? Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencari peluang usaha terbaru.

Lantas, kenapa harus baru? Jawabannya karena persaingannya lebih mudah. Beda halnya dibandingkan dengan bisnis lama yang sudah dikuasai banyak pemain raksasa. Ide bisnis adalah salah satu modal penting dalam bisnis.

Memang, uang juga sangat menentukan bisa tidaknya sebuah ide bisnis diterapkan. Namun, tanpa ide yang orisinal dan punya prospek besar, modal usaha sebesar apapun akan jadi percuma. Buat calon pebisnis yang sedang mencari ide, 5 peluang usaha ini layak untuk dijajal.

1. Mau peluang usaha dengan modal kecil? Coba bikin loundry sepatu

Bisnis satu ini berpeluang mengalami kemajuan pesat seperti bisnis laundry pakaian atau binatu. Menariknya, modal usaha untuk memulai bisnis satu ini tidak sebesar saat orang membuka usaha laundry sepatu.

Bila pengusaha binatu harus memiliki modal berupa mesin cuci, setrika uap hingga pengering yang harganya bisa mencapai belasan juta rupiah, bisnis laundry sepatu hanya membutuhkan modal ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah untuk membeli peralatan pembersih sepatu dan deterjen pembersih.

(Baca juga: Hadiah Pernikahan Anti-Mainstream yang Unik dan Murah)

Bila ingin hemat, kita bisa membuka usaha laundry sepatu di serambi rumah atau garasi. Gunakan juga sosial media sebagai alat marketing bisnis.

Bila punya modal lebih besar, kita bisa membuka laundry di tempat-tempat strategis seperti kampus atau pusat perkantoran. Gunakan sistem jemput barang agar pelanggan puas. Satu hal yang jadi kunci sukses bisnis ini adalah kepercayaan pelanggan.

Sebab, kita bertugas untuk membuat sepatu kesayangan pelanggan bersih seperti sedia kala. Untuk itu, berikan garansi agar pelanggan lebih tenang dan puas.

2. Peluang usaha ternak lele biofolk, cukup dilakukan di halaman rumah

Bisnis budidaya ikan lele memang punya prospek yang menjanjikan. Tak heran bila peminat bisnis ini terus bertambah. Data yang dikutip dari Katadata Indonesia menyebutkan, dari total produksi perikanan budidaya tahun 2015 sebesar 4, 31 juta ton, lele merupakan jenis ikan kedua yang paling banyak dibudidaya di Indonesia setelah ikan nila.

(Baca juga: Jenis Potensi Bisnis Sekitar Perumahan di Bandung)

Permintaan lele banyak datang dari warung makan hingga restoran. Namun, kendala memelihara lele adalah kebutuhan lahan yang besar dan air yang cukup melimpah.

Oleh karenannya, usaha budidaya lele biasanya dilakukan di luar kota besar. Namun, berkat adanya system budidaya lele secara biofolk, setiap orang bisa menjadi pengusaha lele.

Sekadar informasi, biofolk adalah budidaya lele yang memanfaatkan bantuan mikoroorganisme untuk mengubah kotoran lele menjadi pakan alami. Menariknya, karena bantuan microorganism ini, pembudidaya lele tidak membutuhkan kolam yang luas dan tak perlu terlalu sering mengganti air kolam.

Bahkan hanya dengan ukuran kolam seluas satu meter persegi, kita sudah bisa menanam sekitar 1.000 bibit lele. Bagaimana, tertarik mencoba bisnis budidaya satu ini?

3. Hobi main sosmed? Jasa sosia media marketing jadi bisnis terbaru di internet yang menarik untuk dijajal

Hobi sosial media? Kenapa tidak manfaatkan hobi tersebut untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah? Saat ini, sosial media tidak hanya digunakan sebagai ajang eksis semata. Banyak perusahaan atau perorangan yang rela merogoh uang untuk mengiklankan produk dan jasa mereka di sosial media.

Bila akun sosial media yang kita kelola memiliki pengikut cukup banyak dengan segmen yang sesuai minat pengiklan, hanya dengan sekali klik kita bisa menghasilkan ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Asal tahu saja, mereka yang sukses di dunia sosial media bukan hanya para artis saja, lho. Influencer juga bisa datang dari mereka yang punya kreativitas atau informasi menarik yang bisa dibagikan pada para pengikutnya.

4. Bisnis travel khusus umrah dan haji

Meski saat ini bisnis travel khusus umrah sedang goncang akibat skandal penipuan yang melibatkan salah satu agen travel besar, First Travel, peluang bisnis satu ini masih menarik. Sebagai negara dengan penduduk beragama muslim terbesar di asia, Indonesia merupakan pasar yang sangat menarik bagi bisnis travel ini.

Asal bisa menjaga kepercayaan pelanggan, keuntungan besar menanti di depan mata. Berikut ini sejumlah syarat yang harus dimiliki travel umrah jika ingin dipercaya masyarakat:

Punya izin dari Kementerian Agama RI

Agar masyarakat percaya dengan kredibilitas agen travel, daftar ke Kementerian Agama RI dan dapatkan izin operasionalnya.

Daftar jadi anggota asosiasi travel

Agen travel yang memiliki reputasi baik biasanya tergabung dalam asosiasi penyelenggara umroh dan haji seperti Asosiasi Pelaksana Haji, Umroh dan In-Bound Indonesia (ASPHURINDO) atau Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH).

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan mengikuti asosiasi seperti memperluas jaringan kerjasama hingga meningkatkan kualitas dan profesionalitas dalam penyelenggaraan ibdah umrah dan haji.

Berikan harga yang masuk akal

Bisnis travel umrah memang bukan bisnis yang benar-benar baru. Tak heran jika persaingan di bisnis ini cukup ketat. Agen travel pun sering memberikan harga sangat murah untuk menarik pelanggan. Bersaing soal harga itu wajar-wajar saja.

Karena dalam waktu dekat Kementerian Agama RI akan menetapkan harga referensi untuk paket umrah, sebaiknya jangan sampai harga yang diberikan jauh lebih rendah dibandingkan harga yang sudah ditetapkan pemerintah.

Bila modal usaha kurang, berikut 3 alternatif pembiayaan bisnis yang menarik untuk diakses

Modal usaha berupa uang memang bukan segalanya. Namun, seperti sudah disinggung sedikit di atas, keberadaan dana yang cukup akan membuat ide bisnis lebih mudah dieksesuki. Namun, bagaimana jika modal usaha yang kita punya kurang? Cari suntikan modal dari 3 hal ini:

Crowdfunding

Ide bisnis kita sebenarnya keren dan yakin akan disukai oleh banyak investor, sayangnya tidak punya jaringan untuk mengakses pendanaan dari investor. Jangan sedih, saat ini pendanaan bisa diperoleh dari mana saja termasuk dari skema crowdfunding. Skema ini memungkinkan orang banyak untuk patungan dan membiayai bisnis kita.

Dan, bila bisnis ternayat berjalan dengan baik dan menguntungkan, para pendonor akan mendapatkan keuntungan yang sudah ditetapkan. Ada banyak situs crowdfunding yang bisa kita akses seperti gandeng tangan, crowdtivate, Wujudkan dan KitaBisa.

Kredit multiguna

Punya benda berharga seperti mobil atau rumah tapi tidak ingin menjualnya untuk dijadikan modal usaha? Kita sebenarnya tetap bisa mendapatkan modal dengan menjadikan benda berharga tersebut sebagai jaminan pinjaman bank.

Dengan mengakses kredit multiguna atau kredit dengan agunan, kita bisa memperoleh dana hingga ratusan juta bahkan miliaran rupiah tergantung nilai agunan yang kita jaminkan.

Angel investor

Bila ide bisnis kita memang menarik dan sudah terbukti, kekurangan modal usaha bisa kita peroleh dari angel investor. Saat ini, banyak investor perorangan yang menanamkan modal di bisnis kecil yang dianggap baik. Investor seperti ini disebut angel investor. Namun, pastikan bila usaha kita sudah berjalan dan memiliki banyak rencna untuk pengembangan bisnis ke depan.

Dapatkan kesempatan bertatap muka dengan angel investor melalui event klub klub angel investor seperti Angel-eQ Network yang diisi pengusaha-pengusaha kakap seperti Adi Sariaatmadja (SCTV Group), Budi Sadikin (mantan Dirut Bank Mandiri), Emil Abeng, Erick Thohir (pemilik Mahaka Group), Erik Meijer, Harry Nugraha, dan Tony Fernandes  (CEO Air Asia)

Tentang Penulis