Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

7 Daftar Laptop 16GB Terbaik 2020

by Nadhillah Kusindriani on 9 Juni, 2020

Mengetahui daftar laptop 16GB terbaik 2020 rasanya menjadi hal penting bagi kamu yang membutuhkan laptop dengan kapasitas besar. Pasalnya, laptop dengan RAM 16GB umumnya memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dan kinerja laptop yang lebih cepat.

Mengulik Lengkap 7 Daftar Laptop 16GB Terbaik 2020

Memiliki laptop 16GB tentunya akan memudahkan mu menyelesaikan berbagai macam pekerjaan dengan cepat dalam satu waktu. Selain efektif, laptop 16GB juga membuatmu bekerja lebih efisien.

Lantas, laptop apa saja yang masuk ke dalam daftar laptop 16GB terbaik 2020 versi CekAja.com? Yuk simak ulasannya yang telah dirangkum khusus untuk kamu sebagai berikut.

7 Daftar Laptop 16GB Terbaik 2020

Sebenarnya jenis laptop yang masuk ke dalam daftar laptop 16GB terbaik 2020 sangat banyak. Namun, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas tujuh laptop 16GB yang di antaranya, yaitu:

1. Dell XPS 13 9380

Dell XPS 13 9380 - 7 Daftar Laptop 16GB Terbaik 2020

Kisaran Harga: Rp19 juta

Daftar laptop 16GB terbaik 2020 yang pertama adalah Dell XPS 13 9380. Meskipun memiliki bentuk yang tipis, namun laptop yang satu ini memberikan tampilan layar 4K yang sangat menawan dengan ukuran layar 13.3 inci.

Tipisnya bentuk yang dimiliki Dell XPS 13, membuat laptop berjenis ultra book ini sangat ringan dan mudah dibawa kemana saja. Tidak hanya itu, daya tahan baterai dari laptop ini pun cukup tinggi, sehingga kuat apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Dell XPS 13 dijalankan dengan sistem operasi Windows 10 menggunakan prosesor berjenis Intel Core generasi keenam atau Core i7. Kemudian untuk memori penyimpanan internal yang diberikan laptop ini sendiri sebesar 512GB SSD.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi kehabisan memori apabila menyimpan banyak data ataupun file-file berukuran besar.

(Baca Juga: 7 Laptop Desain Grafis Terbaik 2020, Harga, dan Spesifikasinya)
2. Asus ROG Zephyrus S GX502GV

Asus ROG Zephyrus S GX502GV - 7 Daftar Laptop 16GB Terbaik 2020

Kisaran Harga: Rp34 juta

Asus ROG Zephyrus S GX502GV nyatanya juga masuk ke dalam daftar laptop 16GB terbaik 2020. Laptop yang sengaja dirancang untuk bermain game ini memberikan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 2060 terbaru dengan prosesor Intel Core i7, yang membuat pengalaman bermain game-mu semakin menyenangkan.

Selain itu, kartu grafis terbaru yang diberikan pun mendukung teknologi ray tracing. Sehingga, tidak ada lagi masalah-masalah yang muncul pada laptop mu ketika sedang bermain game.

Asus ROG Zephyrus S GX502GV memiliki layar berukuran 15.6 inch Full HD 144Hz, yang mana sudah dilengkapi dengan teknologi untuk mengurangi screen tearing ketika kamu bermain game, yaitu teknologi variable refresh rate G-Sync.

3. MSI GS65 Stealth

MSI GS65 Stealth - 7 Daftar Laptop 16GB Terbaik 2020

Kisaran Harga: Rp25 juta

Daftar laptop 16GB terbaik 2020 yang selanjutnya adalah MSI GS65 Stealth. Memiliki design yang modern, membuat laptop ini menjadi salah satu incaran para gamers. Sebab, selain design-nya yang menawan, tetapi laptop ini juga memiliki bobot yang cukup ringan, yaitu 1,9 kg.

Meskipun memiliki bobot yang ringan, namun MSI GS65 Stealth ini memiliki spesifikasi laptop yang canggih. Di mana, ia menggunakan prosesor Intel Core i7, memori penyimpanan sebesar 512 TB SSD, hingga menggunakan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 16660 ti yang membuat pengalaman bermain game semakin menyenangkan.

4. ASUS ZenBook 13 UX331UN

ASUS ZenBook 13 UX331UN - 7 Daftar Laptop 16GB Terbaik 2020

Kisaran Harga: Rp12,5 juta

Di urutan keempat ada ASUS ZenBook 13 UX331UN yang masuk ke dalam daftar laptop 16GB terbaik 2020 versi CekAja.com. Laptop yang satu ini memiliki sederet keunggulan dari laptop-laptop 16GB lainnya.

Beberapa keunggulan tersebut di antaranya, yaitu layar laptop ini bisa dilihat dari sudut pandang 178 derajat, penggunaan bahan magnesium aluminium alloy serta sudah didukung dengan adanya kartu grafis tambahan.

Penggunaan bahan magnesium aluminium alloy sendiri ditujukan untuk membuat laptop ini memiliki bobot yang ringan tetapi tetap kokoh.

Hanya saja dari semua kelebihan tersebut, laptop ini masih memiliki kekurangan, seperti kecepatan transfer data yang masih terhitung lambat di kelasnya dan kualitas webcam yang belum cukup baik.

5. MacBook Pro 16

MacBook Pro 16 - 7 Daftar Laptop 16GB Terbaik 2020

Kisaran Harga: Rp38,7 juta

Di urutan berikutnya ada MacBook Pro 16. Laptop keluaran Apple yang satu ini memiliki bobot yang tidak terlalu berat, yaitu sebesar 2 kg. Kemudian untuk sistem operasi sendiri, MacBook Pro 16 menggunakan mac OS Catalina.

Tidak hanya itu, prosesor yang digunakannya pun Intel Core i9 dengan kapasitas memori penyimpanan sebesar 512GB SSD. Lalu, untuk design keyboard-nya sendiri, MacBook Pro 16 menggunakan design baru yang disebut dengan Scissors Keyboard, sebagai pengganti Butterfly Keyboard.

Dengan semua fitur canggih yang diberikan, wajar saja apabila MacBook Pro 16 memberikan harga yang sangat tinggi, yaitu berkisar Rp38,7 juta.

6. ASUS ZenBook Pro UX533FD

ASUS ZenBook Pro UX533FD - 7 Daftar Laptop 16GB Terbaik 2020

Kisaran Harga: Rp18 juta

Lagi-lagi laptop keluaran ASUS masuk ke dalam daftar laptop 16GB terbaik 2020. Laptop ASUS ZenBook Pro UX533FD ini hadir dengan tampilan yang menawan dan ramping. Hal tersebut dapat dilihat dari ukuran layarnya yang hanya sebesar 15.6 inch.

Meski begitu, namun laptop yang satu ini memiliki daya tahan baterai yang cukup kuat. Sehingga sangat cocok bagi kamu para gamers yang sering kali bermain game untuk jangka waktu yang lama.

Terlebih, laptop ini juga sudah dilengkapi dengan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050 Max-Q yang mampu membuat sesi gaming-mu menjadi lebih ringan dan nyaman. Selain itu, prosesor yang dimiliki laptop ini pun sudah Intel Core i7-8565U.

7. Acer Swift 5 SF514-53T

Acer Swift 5 SF514-53T - 7 Daftar Laptop 16GB Terbaik 2020

Kisaran Harga: Rp18,5 juta

Daftar laptop 16GB terbaik 2020 yang terakhir ditempati oleh Acer Swift 5 SF514-53T. Sejatinya, laptop ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Pasalnya, laptop ini sangat mudah dibawa kemana saja, karena bobotnya yang sangat ringan yaitu hanya 0,9 kg.

Selain itu, Acer Swift 5 ini juga memiliki layar berukuran 14 inci. Sehingga tidak heran apabila laptop yang satu ini dijuluki sebagai laptop teringan di dunia. Karena memang, salah satu nilai jual dari Acer Swift 5 SF514-53T adalah kerampingannya.

Lalu, untuk spesifikasinya sendiri, laptop ini menggunakan sistem operasi Windows 10 dengan prosesor Intel Core i7. Tidak hanya itu Acer Swift 5 juga sudah dilengkapi dengan kartu grafis Intel UHD Graphics 620 dan memori penyimpanan sebesar 512 SSD.

(Baca Juga: Inilah Cara Kredit Laptop Untuk Mahasiswa)
Cara Merawat Laptop agar Tetap Awet

Melalui pembahasan sebelumnya mengenai daftar laptop 16GB terbaik 2020, mungkin kamu sudah memiliki bayangan laptop apa yang akan kamu beli.

Namun, sebelum membeli laptop yang diinginkan, ada baiknya jika kamu terlebih dahulu mengetahui beberapa cara merawat laptop agar tetap awet. Maka dari itu, di bawah ini merupakan lima cara merawat laptop agar tetap awet yang perlu kamu ketahui, yaitu sebagai berikut.

Rutin Membersihkan Laptop

Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah rutin membersihkan laptop. Pasalnya, tanpa disadari pasti ada banyak debu-debu nakal yang masuk dan menempel di dalam komputermu.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu rutin membersihkan bagian luar dan dalam laptop. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa laptop mu selalu dalam kondisi bersih. Sehingga akan awet dan tidak mudah rusak.

Gunakan Cooling Pad Agar Suhu Laptop Stabil

Cara berikutnya yang perlu kamu lakukan untuk menjaga laptop agar tetap awet adalah dengan menggunakan cooling pad. Karena selain berperan sebagai tempat untuk meletakkan laptop, cooling pad juga berperan sebagai penjaga suhu laptop agar tetap stabil dan tidak overheat selama pemakaian.

Hindari Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Cara yang ketiga adalah hindari menggunakan laptop di atas kasur. Meskipun penggunaan laptop di atas kasur sering dilakukan oleh banyak orang, namun sejatinya hal ini terlarang.

Karena, hal tersebut hanya akan menghambat sirkulasi udara di dalam laptop, dan akibatnya adalah laptop menjadi overheat. Jika sudah begitu, maka laptop mu bisa cepat rusak.

Hindari Penggunaan Laptop yang Terlalu Lama

Nyatanya, menggunakan laptop untuk jangka waktu yang lama memberikan efek yang tidak baik loh untuk kesehatan laptop. Sebab, laptop juga memerlukan waktu istirahat agar tidak cepat panas dan mampu bertahan lebih lama.

Hindari Menggunakan Laptop dengan Adaptor Tercolok dan Baterai Dicabut

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk merawat laptop agar tetap awet adalah dengan menghindari penggunaan laptop ketika adaptor tercolok dan baterai dicabut.

Pasalnya, jika digunakan dalam keadaan seperti itu, bisa saja suatu saat akan terjadi konsleting apabila listrik tiba-tiba mati dan membuat laptop mu otomatis rusak karena tidak bisa diselamatkan.

Oleh karena itu, sebisa mungkin lima tips merawat laptop agar tetap awet kamu pahami dan terapkan dengan benar, agar laptop mu selalu dalam kondisi sehat dan tahan lama. Terlebih bagi kamu yang ingin membeli laptop baru, tips di atas wajib kamu cermati.

Namun, sebelum membeli laptop ada baiknya jika kamu menentukan terlebih dahulu laptop mana yang akan kamu beli, dengan melihat referensi daftar laptop 16GB terbaik 2020 yang sudah dijelaskan di atas.

Agar laptop baru mu nanti mendapat perlindungan, kamu bisa mengajukan asuransi laptop baru sebagai proteksi kehilangan, kebakaran, dan berbagai ancaman lainnya. 

Kamu bisa mengajukannya melalui CekAja.com, perusahaan financial technology yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis