12 Merek Mesin Kopi Terbaik Favorit Banyak Orang

7 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Pilih-pilih merek mesin kopi terbaik memang kadang kala enggak mudah. Beragam jenis, fungsi, hingga harga selalu jadi patokan banyak orang saat akan membeli coffee marker terbaik versinya.

Perhatikan Hal Ini saat Membeli Merek Mesin Kopi Terbaik

Merek mesin kopi terbaik selalu diburu banyak orang terutama buat mereka yang doyan atau ingin membuka bisnis kopi susu.

Namun untuk mendapatkan merk yang paling bagus terutama dari segi fungsi dan harganya, dibutuhkan keahlian khusus biar enggak kecewa di kemudian hari.

Terus, apa sih kiat-kiat memilih merek mesin kopi terbaik? Dirangkum CekAja dari banyak sumber, berikut ini pemaparan lengkapnya.

  • Sesuaikan dengan tipe

Ketika membeli suatu barang, pasti yang pertama kali akan dilakukan adalah melihat tipe atau jenisnya bukan? Nah, begitupun dengan membeli mesin kopi.

Dengan menerapkan hal ini, setidaknya kamu bisa mempertimbangkan dulu mana sekiranya tipe yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Umumnya sih ada empat tipe yang paling sering dipilih oleh konsumen, yaitu drip type, coffee pod type, espresso machine type, dan syphon type.

  • Cek kapasitas tangki dan perkirakan konsumsi harian

Selain menyesuaikan dengan tipe, sebelum membeli mesin kopi, sebaiknya cek terlebih dulu kapasitas tangkinya. Sehingga bisa ditempatkan dengan tepat di salah satu sudut di dapur.

Selain itu, kamu juga mesti memperkirakan juga konsumsi harian dengan menghitung jumlah anggota keluarga atau pelanggan yang biasanya datang ke café mu.

  • Periksa kelengkapan fiturnya

Terakhir, saat bakal membeli merek mesin kopi terbaik, kamu juga harus memeriksa kembali semua fitur yang disematkan pada alat tersebut.

Tak hanya itu saja, kamu juga harus mengecek bagian dalam coffee maker, apakah kira-kira mudah untuk membersihkannya atau tidak.

Karena mesin kopi yang mudah dibersihkan biasanya juga akan mudah untauk dioperasikan.

(Baca Juga: 10 Merk Penggorengan Teflon Terbaik)

12 Merek Mesin Kopi Terbaik

Kalau sudah menerapkan ketiga hal tersebut, sekarang waktunya kamu mencari merek mesin kopi terbaik versimu berdasarkan rekomendasi dari CekAja. Siap-siap “teracuni” ya!

1. DeLonghi – Combi BCO 264.1

Kualitas dari merek mesin kopi terbaik ini enggak perlu diragukan lagi.

Telah berkecimpung sejak 1902, DeLonghi yang merupakan perusahaan manufaktur berbasis di Italia ini telah meluncurkan berbagai jenis mesin kopi mendunia, salah satunya Combi BCO 264.1

Seri tersebut dilengkapi dengan dua mesin gabungan, yaitu espresso pump dan drip coffee maker.

Tidak berhenti disitu saja, bahkan DeLonghi juga membuat produk ini makin unggul, karena dapat diprogram  otomatis untuk terus menyala, terutama di pagi hari.

Tinggal atur waktunya, kamu bisa langsung mendapatkan secangkir kopi hangat untuk temani waktu beraktivitasmu.

Kisaran Harga: Rp 3.600.000

2. Hario – V60

Merek mesin kopi terbaik berikut ini sering digadang-gadang sebagai “lawan terkuat” dari DeLonghi.

Mesin khusus pembuat kopi ini memang sangat cocok digunakan oleh kamu yang malas menyeduh manual, sebab level gilingannya bisa diatur sendiri bahkan hingga mencapai level 50.

Guna menjaga konsistensi maupun meminimalkan perpindahan panas ke dalam kopi, electric coffee grinder ini juga didesain secara khusus menggunakan material conical burr dari stainless steel.

Tombol pengoperasian ON, OFF, maupun AUTO bakal memudahkan kamu sebagai pengguna untuk memakai grinder ini meskipun harganya cukup mahal.

Kisaran Harga: Rp 3.600.000

3. Krups – XP 5620

Merek mesin kopi terbaik berikutnya tentu saja Krups.

Produsen khusus alat dapur yang berpusat di Jerman ini hadir dengan berbagai pilihan mesin kopi berkualitas, salah satunya pada seri XP 5620.

Seri ini didesain nan stylish cocok untuk pebisnis yang ingin menggeluti usaha kopi susu.

Tersedia dalam dua pilihan warna, silver dan grey. Seri ini juga sudah dilengkapi dengan sistem auto tamping untuk menghasilkan racikan kopi yang cenderung konsisten. 

Kisaran Harga: Rp 3.500.000

4. Sigmatic Coffee Maker – 100 SS

Tak kalah unggul dari Krups, merek mesin kopi terbaik yang keempat adalah Sigmatic seri 100 SS.

Seri ini bisa digunakan untuk membuat segala jenis kopi, mulai dari espresso hingga latte.

Dilengkapi fitur pompa bertekanan 15 bar, Sigmatic seri 100 SS mampu menghasilkan sepuluh gelas kopi dalam waktu 10 menit dengan aroma, rasa dan kualitas yang tidak berubah sama sekali.

Enggak hanya itu, merk kenamaan ini juga sudah melengkapi produknya dengan proteksi panas berlebih, sehingga jauh lebih aman.

Tangki air yang bisa dilepaskan, tentu saja membuat pengguna bisa membersihkan alat ini secara mudah.

Kisaran Harga: Rp 3.500.000

5. Jen Espresso Coffee Maker

Pecinta kopi espresso pasti sudah hafal dengan merek mesin kopi terbaik yang satu ini. Apalagi kalau bukan Jen Espresso Coffee Maker.

Berkapasitas tangki 1,7 liter, alat ini bisa menyajikan 10 gelas kopi dalam satu kali buat.

Menggunakan model semi otomatis 3 in 1 (espresso, cappuccino, latte).

Jen Espressco Coffee Maker ini juga telah dilengkapi dengan LCD display, timer otomatis, sekaligus teknologi heating sistem yang menggunakan pompa Italian bertekanan 15 bar.

Kisaran Harga: Rp 2.900.000

6. Nescafe – Dolce Gusto Genio 2 (Red)

Selain memproduksi minuman kopi, brand ini juga telah mengeluarkan beberapa produk coffee maker terbaik, salah satunya Dolce Gusto Genio 2 Red Edition.

Seri ini berdesain sangat klasik namun tetap terlihat elegan. Bodinya yang ramping dapat ditempatkan di sudut manapun pada dapur rumahmu.

Dengan daya serap energi hanya 1500W, mesin kopi ini telah dilengkapi eco mode system yang pastinya hemat energi.

Sistem thermo block yang juga disematkan pada Dolce Gusto Genio 2 Red Edition, membuatnya mampu menyajikan minuman kopi dalam kondisi dingin ataupun panas hanya dalam kurun waktu 30 detik saja.

Kisaran Harga: Rp 2.800.000

7. Bialleti Dama Espresso Maker 6 Cups

Beralih dari produk-produk yang pricey, berikutnya merek mesin kopi terbaik dengan harga under 1 juta adalah Bialleti Dama.

Merk kenamaan asal Italia ini punya bentuk yang sangat estetis, dan berbeda dari merk-merk mesin kopi yang sebelumnya sudah di bahas.

Jangan tanya soal cita rasa yang dihasilkannya!

Karena kualitas produk unggulan dari Bialleti Dama ini, mampu menyajikan secangkir kopi dengan aroma dan tekstur yang tentu saja menggugah selera.

Berbahan pot aluminium, espresso maker yang bisa digunakan untuk menghasilkan 6 cangkir kopi espresso dalam sekali buat ini, memiliki 8 sisi dengan penyebaran panas yang maksimal.

Sehingga, kopi bisa diseduh dengan cepat, kira-kira hanya dalam hitungan menit saja.

Kisaran Harga: Rp 700.000

8. Electrolux – ECM 3505

Selain menjual produk-produk perawatan rumah dan dapur seperti oven, kulkas, dan mesin cuci. Merk ini juga memiliki setidaknya dua produk pembuat kopi, yang mana salah satunya adalah ECM 3505.

Seri ini yang paling banyak direview oleh berbagai blog maupun marketplace ternama di Indonesia.

Bukan cuma harganya yang murah, Electrolux ECM 3505 juga unggul dari tampilan hingga fitur yang dimilikinya.

Desainnya yang ramping sekaligus elegan sangat cocok untuk mempercantik dapur bergaya modern.

Berkapasitas lumayan besar yakni 1.5 liter, penikmat kopi pemula bisa menyajikan kopi beraroma otentik ini hingga lebih dari 6 cangkir sekaligus dalam sekali buat. 

Kisaran Harga: Rp 525.000

9. Edoolffe – MD 235

Dengan mennggunakan mesin kopi ini, kamu bisa menyajikan dua shot espresso secara bersamaan.

Bodinya juga sangat ringkas sehingga mudah meletakkannya di berbagai sudut dapurmu.

Berbahan plastik ABS, Edoolffe yang hadir dengan tampilan warna merah mencolok ini masih sangat aman untuk dipakai, karena bahan tersebut anti banting dan tahan panas.

Kisaran Harga: Rp 450.000

10. Cosmos Coffee Maker – CCM 308

Merek mesin kopi terbaik yang berikutnya adalah Cosmos Coffee Maker – CCM 308.

Meski kapasitasnya hanya 0.65 liter, tapi siapa sangka jika produk ini mampu menghasilkan 6 cangkir kopi dalam sekali buat.

Dilengkapi dengan penghangat otomatis, kopi yang dibuat pun bakal tetap terjaga kehangatannya.

Menggunakan mesin bermaterial food grade, alat tersebut dipastikan aman untuk digunakan.

Kisaran Harga: Rp 363.000

11. Black & Decker – DCM 600 B1

Black & Decker merupakan salah satu merek mesin kopi terbaik yang harganya masih sangat ramah di kantong.

Memiliki kapasitas yang cukup besar, kamu bisa menyajikan delapan gelas kopi sekaligus hanya dalam satu kali pembuatan.

Produk ini juga mudah dibersihkan, serta dilengkapi dengan indikator tingkat air dan filter penyaring permanen. 

Kisaran Harga: Rp 361.000

(Baca Juga: 10 Merk Es Kopi Literan di Bawah Rp100 Ribu)

12. La Marzocco

Merek mesin kopi terbaik yang terakhir dengan harga terjangkau dan berkualitas adalah La Marzocco. Mesin pembuat kopi ini seringnya dipakai oleh berbagai bisnis coffes shop.

Selain ekonomis, alat ini juga punya desain yang super simple dan mudah untuk dibersihkan.

Tidak hanya tersedia dalam ukuran besar, La Marzocco juga melengkapi produknya dengan versi mini yang bisa digunakan untuk di rumah saja.

Keduanya pun sama-sama dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan.

Mulai dari temper pemadat kopi, pitcher untuk takaran steam susu, hingga tempat untuk meletakkan cangkir kopi yang sangat luas.

Kisaran Harga: Rp 230.000

Yuk, Mulai Bisnis Kopi dengan Pinjaman dari CekAja!

Jadi pembuat kopi yang handal tentunya merupakan kebanggaan tersendiri bagi penikmat minuman ini. Bagaimana dengan kamu?

Jika kamu juga doyan ngopi dan selalu langganan menggunakan salah satu dari merek mesin kopi terbaik di atas, mungkin inilah waktunya memulai bisnis kopi susu.

Tak perlu khawatir akan modalnya. Karena hal itu serahkan saja pada CekAja.com.

Portal finansial yang sudah mengantongi izin OJK ini, bakal memudahkan kamu dalam hal mendapatkan pinjaman dana tunai tanpa agunan dari mitra bank terpercaya milik CekAja.

Dengan pengajuan secara online, kamu sudah bisa mendapatkan pinjaman berbunga super rendah, yakni 0.65 persen saja.

Bahkan, di CekAja juga kamu bisa membandingkan dulu produk pinjaman yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Yuk, tunggu apalagi? Miliki sekarang juga KTA dari CekAja, dan raih kesempatan untuk memulai bisnis kedai kopi kekinian versimu sendiri.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri