Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

10 Oleh Oleh Khas Semarang Dari Yang Tradisional Sampai Kekinian

by Maria Nofianti on 3 Februari, 2020

Berkunjung ke suatu kota tanpa membeli oleh oleh rasanya pasti ada yang kurang. Mau berkunjung dalam rangka liburan atau urusan pekerjaan oleh oleh memang sayang untuk dilewatkan.

10 Oleh Oleh Khas Semarang Dari Yang Tradisional Sampai Kekinian

Kamu bisa membeli oleh oleh untuk buah tangan keluarga di rumah atau teman-teman di kantor. Oleh oleh ini dalam budaya kita memang sangat memiliki nilai.

Ya, karena ada juga budaya di beberapa negara yang menganggap oleh oleh ini tak penting, bahkan memberatkan. Namun tidak dengan Indonesia. Jadi wajar jika datang ke suatu kota, kita akan menanyakan “Apa sih oleh oleh khas di sini?”. Dan membeli oleh oleh jika memang ada uang lebih tentu sangat menyenangkan.

Karena inilah cara kita menunjukkan kepedulian kita pada kerabat dan juga teman, bahwa kita ingat dengan mereka loh saat kita berada jauh dari mereka.

( Baca juga : Jumlah Harta Terbaru 3 Menteri Muda Jokowi dari Nadiem hingga Erick )

Misalnya saja jika kamu sedang berkunjung ke ibu kota Provinsi Jawa Tengah yaitu Semarang sudah pasti kamu harus membeli oleh oleh khas Semarang, yang jika pun ada yang jual di luar kota Semarang, nilai kekhasannya berbeda.

Semarang sudah dikenal sebagai tempat kuliner di Indonesia dengan makanan yang sangat beragam. Ini dikarenakan di Semarang bukan hanya orang asli Jawa saja penduduknya namun juga ada keturunan China, Arab dan lainnya. Pengaruh budaya Eropa juga ikut melebur di kota ini dan menjadikan Semarang kota multicultural.

Di Semarang kamu akan dimanjakan dengan banyaknya ragam oleh oleh khas Semarang. Mulai dari cemilan enak, hidangan istimewa hingga yang kekinian. Sebenarnya oleh oleh khas Semarang juga bukan hanya tentang kuliner saja loh. Mau tahu apa saja yang bisa kamu bawa sebagai oleh oleh keluarga di rumah? Yuk simak ulasan oleh oleh terbaik khas Semarang yang bisa menjadi pilihan kamu.

1. Lumpia

Lumpia - 10 Oleh Oleh Khas Semarang Dari Yang Tradisional Sampai Kekinian

Lumpia Semarang adalah salah satu ikon dari oleh oleh khas Semarang yang wajib kamu coba dan bawa pulang ke rumah. Ini adalah cemilan berbentuk mirip rolade yang isinya ada rebung, telur, ayam atau udang.

Cemilan yang digoreng kriuk ini disajikan dengan saus dan daun bawang. Kamu akan melihat pedagang lumpia dimana saja. Menikmati cemilan khas di kota asal memang menghadirkan sensasi yang berbeda. Di setiap gigitan kamu pasti menginginkannya lagi dan lagi.

Bagaimana jika kamu ingin membawa pulang ke kotamu? Jangan khawatir karena lumpia ini ada yang menjual mentahnya saja dan pengemasan yang di vakum akan membuat cemilan ini tahan lama meski mengalami perjalanan yang jauh. Harga lumpia ini antara Rp 9000 – Rp 15000 tergantung penjualnya dan di mana kamu membelinya.

Penjual lumpia oleh oleh khas Semarang yang paling terkenal adalah di daerah Pecinan Semarang yaitu Lumpia Gang Lombok.

Selain itu kamu juga bisa kunjungi toko Lumpia Mataram, toko Loenpia Express dan Loenpia Mbak Lien. Omong-omong, Lumpia ini adalah salah satu makanan yang berasal dari akulturasi budaya Tionghoa dan Jawa.

2. Bandeng Presto

Bandeng Presto - 10 Oleh Oleh Khas Semarang Dari Yang Tradisional Sampai Kekinian

Satu lagi kuliner yang terkenal sebagai oleh oleh khas Semarang adalah Bandeng Presto. Seperti namanya ini adalah ikan bandeng yang dimasak dengan panci presto (panci bertekanan tinggi). Semarang yang berlokasi di pinggir laut memang cocok untuk budidaya ikan bandeng.

Bahkan menjadi salah satu penghasil ikan bandeng terbesar di Indonesia. Ikan bandeng ini memiliki duri yang kecil-kecil sehingga ketika dimasak dengan presto maka durinya akan menjadi lunak. Makanan khas ini sangat banyak peminatnya terbukti jika di setiap toko oleh oleh khas Semarang pasti selalu ada Bandeng Presto.

Rasanya yang enak dan gurih ini menjadi incaran banyak wisatawan yang berkunjung. Bandeng yang paling terkenal di Semarang adalah Bandeng Presto Juwana. Kamu bisa menemukan Bandeng Presto Juwana ini di Jalan Pandanaran 57 Semarang dan Jalan Pamularsih 70 Semarang.

Di toko ini kamu juga bisa menemukan aneka olahan dari ikan bandeng seperti otak-otak bandeng atau bandeng asap. Biasanya harga untuk bandeng presto ini Rp 64.000/kg dan isinya 5-6 ikan bandeng kecil. Sedangkan ikan bandeng yang berukuran sedang Rp 67.500/kg isinya 4 ekor. Dan untuk ikan bandeng besar isi 3 ekor seharga Rp 71.000/kg.

3. Wingko Babat

Wingko Babat - 10 Oleh Oleh Khas Semarang Dari Yang Tradisional Sampai Kekinian

Siapa yang tidak tahu wingko babat? Kue manis khas Semarang ini juga menjadi ikon oleh oleh khas Semarang yang terkenal. Kue berbahan dasar kelapa parut dan tepung beras ketan ini dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang sampai matang dan berwarna kecoklatan. Rasanya yang manis banyak disukai anak-anak hingga orang tua.

Sekarang ini rasa dari wingko babat ini bukan hanya rasa kelapa yang original. Kamu bisa menemukan wingko babat berbagai macam rasa di toko oleh oleh khas Semarang di jl Pandanaran.

Rasa yang ditawarkan ada rasa nangka, durian, coklat, aren, pisang dan coklat chip. Harganya untuk wingko babat rasa original Rp 46.000 dan untuk varian rasa durian Rp 62.000.

Wingko Babat yang bungkusnya gambar kereta api juga sangat populer sebagai oleh oleh khas Semarang. Pada awalnya wingko ini dijual di dekat Stasiun Tawang dan itulah kenapa wingko babat ini diberi nama Wingko Babat Cap Kereta Api. Jangan lupa cicipi cemilan manis nan imut yang membuatmu ingin mencobanya lagi dan lagi.

4. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel - 10 Oleh Oleh Khas Semarang Dari Yang Tradisional Sampai Kekinian

Ini adalah roti tradisional khas Semarang dan sampai sekarang masih ada. Roti ini berbahan dasar tepung tapioca, air nira, gula, kayu manis dan santan. Untuk atasnya ditaburi dengan wijen.

Roti ini disebut roti ganjel rel karena bentuknya yang padat dan sangat mirip dengan bantalan kayu yang digunakan untuk rel kereta api yang kotak dan besar. Teksturnya juga sedikit alot namun itulah yang menjadi khasnya roti ini. Pada hari-hari biasa mungkin kamu akan sulit menemukan roti ini namun di pusat oleh oleh khas Semarang kamu bisa membelinya dengan harga Rp 20.000 per kotaknya.

5. Mochi Wijen

Mochi Wijen - 10 Oleh Oleh Khas Semarang Dari Yang Tradisional Sampai Kekinian

Kue kenyal ini menjadi salah satu oleh oleh khas Semarang yang harus kamu coba dan bawa pulang. Kue ini berasal dari adonan tepung ketan yang berisi cincangan kacang dan gula. Yang membuatnya menarik adalah kue ini bertabur dengan wijen di seluruh permukaannya. Biasanya kue mochi hanya bertabur tepung atau gula yang putih.

Kue mochi yang terkenal berada di jalan Kentangan Barat 101 yaitu Moaci Gemini. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp 44.000 satu kotak yang berisi 25 biji kue. Isiannya juga semakin bervariasi mulai dari durian hingga yang kekinian seperti oreo dan matcha.

6. Tahu Bakso

Tahu Bakso - 10 Oleh Oleh Khas Semarang Dari Yang Tradisional Sampai Kekinian

Ketika kamu berada di Semarang dan ingin makan tahu maka wajib mencoba tahu bakso khas Semarang. Tahu ini adalah tahu yang berisi adonan bakso di tengahnya.

Tahu ini bisa disajikan digoreng dulu atau langsung dimakan karena sebenarnya tahu bakso ini juga sudah matang saat dikukus untuk mematangkan adonan baksonya.

Tahu bakso yang paling terkenal adalah Tahu Bakso Bu Pudji di daerah Ungaran atau ada di cabangnya di Jalan Pandanaran. Jika kamu ingin membawa pulang tahu bakso nikmat ini juga bisa karena mereka menyediakan kemasan yang divakum karena ketahanan tahu ini juga tidak lama. Segera cicipi tahu bakso ini ya!

7. Semarang Wife Cake

Semarang Wife Cake - 10 Oleh Oleh Khas Semarang Dari Yang Tradisional Sampai Kekinian

Dari makanan atau cemilan khas Semarang yang tradisional kita beralih ke kue oleh oleh khas Semarang yang kekinian yaitu Semarang Wife Cake. Dengan banyaknya tren “kue artis” Semarang juga tak mau ketinggalan.

Ini adalah toko kue milik artis Chelsea Olivia. Berada di Jalan Kapten Piere Tendean toko ini selalu ramai pengunjung. Roti ini bentuknya seperti panekuk yang berlapis-lapis dengan banyak krim.

Ada banyak varian yang ditawarkan Semarang Wife Cake yaitu choco melt, chocolate, cheese, green tea sampai lemon. Rasa yang paling favorit adalah rasa lemon. Jadi jika kamu di Semarang dan ingin kue kekinian kamu bisa coba kue lezat ini.

8. Semarang Wingkorolls

Semarang Wingkorolls - 10 Oleh Oleh Khas Semarang Dari Yang Tradisional Sampai Kekinian

Selanjutnya ada Semarang Wingkorolls yang menjadi oleh oleh khas Semarang yang enak. Kue ini juga punya artis loh. Artis yang membuka toko kue kekinian di Semarang ini adalah Dewi Sandra. Ini adalah perpaduan dari adonan wingko babat yang dicampur dengan roti lapis legit yang nikmat.

Bayangkan saja rasanya yang spektakuler. Kue kekinian ini punya banyak varian seperti cornflakes, peanut nougat, cheese dan hazelnut crispy. Penasaran rasanya? Kamu bisa datang ke tokonya di Jalan Kawi no 3 Semarang.

9. Batik Semarang

Batik Semarang - 10 Oleh Oleh Khas Semarang Dari Yang Tradisional Sampai Kekinian

Tak hanya kuliner yang menjadi oleh oleh khas Semarang, batik Semarang juga menjadi sasaran banyak pengunjung kota Semarang sebagai buah tangan.

Semarang juga tak kalah dengan Solo maupun Jogja kalau urusan batik. Batik Semarang identik dengan warnanya yang lebih cerah dan berani dibanding batik Solo atau Jogja.

Motifnya juga berbeda. Kebanyakan motif batik Semarang adalah ikon khas Semarang seperti Tugu Muda, Gereja Blenduk dan Lawang Sewu. Nah buat kamu yang suka batik pasti kagum sama batik khas Semarang ini.

10. Kaos Khas Semarang

Kaos Khas Semarang - 10 Oleh Oleh Khas Semarang Dari Yang Tradisional Sampai Kekinian

Seperti kebanyakan kota-kota lain, Semarang juga memiliki kaos khas Semarang yang bisa kamu pilih sebagai oleh oleh khas Semarang. Kaos ini memiliki nama Kaos Costa Brava van Java. Kaos khas Semarang adalah produk asli buatan anak muda Semarang dengan desain yang fresh dan kekinian.

Ada banyak pilihan gambar yang ‘Semarang banget’ seperti Simpang Lima atau Tugu Muda. Yuk daripada penasaran datang saja ke Jalan Tlogosari III No 32A Tembalang Semarang.

Nah itu dia 10 oleh oleh khas Semarang yang bisa menjadi pilihan kamu untuk dibawa pulang. Lengkap mulai dari makanan hingga cendera mata yang awet dan bisa tahan lama, serta mengingatkanmu bahwa kamu pernah ke Semarang.

Jadi kamu tidak bingung lagi mau membawa buah tangan apa untuk keluarga atau  usai berkunjung ke kota Semarang.

Jika oleh oleh itu untuk orang yang lebih istimewa dan hanya beberapa, kamu bisa memberikannya batik atau souvenir lain, tapi jika untuk orang banyak, bisa sekali dibelikan makanan yang bisa dinikmati ramai ramai. Semoga artikel ini bisa membantu kamu ya!

Jangan lupa, segera ajukan KTA mu disini!

Tentang Penulis