Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

12 menit waktu bacaan

Pantai Terbaik di Indonesia yang Cocok untuk Healing Time

by Kyla Damasha on 4 November, 2019

Sesuka apapun kamu dengan aktivitas atau rutinitas yang tengah kamu lakukan, liburan tetap menjadi salah satu agenda wajib yang harus dilakukan. Tidak hanya untuk bersenang-senang saja, liburan juga dikenal sangat ampuh untuk mengembalikan pikiran dan mental mu menjadi lebih fresh, termasuk menghilangkan beban hidup yang dirasa berat.

Tidak ada salahnya lho kamu sesekali mengambil cuti dari kantor hanya untuk pergi liburan. Banyak sekali aktivitas-aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk healing time ini, salah satunya seperti mengunjungi pantai terbaik di Indonesia. Mungkin sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Indonesia memiliki beratus-ratus pantai indah nan menakjubkan yang bisa kamu kunjungi karena statusnya yang sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.

Menyandang julukan sebagai pantai terbaik di Indonesia, deretan pantai-pantai ini jelas memiliki alasan atau latar belakang dibaliknya. Selain itu, tidak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia saja, deretan pantai terbaik di Indonesia yang akan kita bahas kali ini juga bahkan sudah dikenal hingga ke mancanegara lho. Kita sebagai warga negara Indonesia patut berbangga.

Nah, sebelum kita membahas mengenai beberapa rekomendasi pantai terbaik di Indonesia, kita akan memulai artikel ini mengenai pentingnya liburan dan healing time terhadap diri setiap orang. Jadi, masih merasa tidak memiliki waktu untuk liburan?

Seberapa Penting Healing Time Terhadap Diri Kita?

Healing time sangatlah penting untuk dilakukan setiap orang, setidaknya setahun sekali. Tanpa kita sadari, ternyata liburan sangat mempengaruhi pikiran dan mental kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari lho. Tidak hanya itu saja, liburan juga bisa dapat mempengaruhi produktivitas dan kebahagiaan seseorang.

Bagi kamu yang masih anggap sepele pentingnya healing time terhadap tubuh, yuk baca informasi yang akan kita bahas kali ini dengan sebaik-baiknya.

1. Memberi Tenaga dan Semangat Kerja baru

Ketika menjalankan liburan, secara tidak sadar kamu akan melupakan seluruh rutinitas dan aktivitas sehari-hari yang memusingkan. Dengan melakukan berbagai kegiatan baru, berada di lokasi yang baru, hingga mengunjungi berbagai tempat-tempat menaik, seperti dengan pergi ke pantai terbaik di Indonesia, hal tersebut justru akan memberikanmu tenaga serta semangat kerja baru, sepulangnya kamu dari liburan.

Liburan akan memberikanmu ketenangan dan rileksasi. Biarkan tubuh dan pikiranmu istirahat sejenak dan nikmati liburan secara maksimal.

2. Awet Muda

Pernahkah kamu terpikirkan bahwa ternyata liburan justru bisa membuatmu lebih awet muda? Jika kamu tidak pernah memikirkannya, maka inilah saat yang tepat untuk mulai mengetahui mengenai hal ini. Menurut penelitian yang dilakukan oleh The Global Commission on Aging and Transamerica Center yang terletak di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa liburan atau healing time dapat membuat setiap orang menjadi lebih awet muda.

Salah satu hal yang menjadi pendukung dari ungkapan ini ialah karena pada dasarnya liburan akan membuat kita menjadi lebih rileks dan bahagia, dan tentu saja kedua hal itu tanpa disadari memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap masalah penuaan dini pada kulit kamu.

3. Menurunkan Risiko Depresi

Sesuka apapun kamu dengan aktivitas dan rutinitas yang dijalankan, pasti ada kalanya aktivitas tersebut justru membuatmu lelah, baik itu secara fisik maupun mental. Rasa lelah berkepanjangan tentu kedepannya akan mengarah kepada stress, yang tidak menutup kemungkinan juga akan berujung kepada datangnya depresi.

Perlu diketahui bahwa penelitian yang dilakukan di Wisconsin menemukan sebuah fakta bahwa depresi memiliki risiko lebih tinggi terhadap orang yang kurang melakukan liburan. Kemudian penelitian ini juga didukung oleh Universitas Pittsburg yang menghasilkan penemuan bahwa melakukan kegiatan rekreasi, seperti berkunjung ke jajaran pantai terbaik di Indonesia, secara signifikan dapat meningkatkan emosi positif seseorang.

4. Menjaga Bentuk Tubuh Ideal

Bagi yang senang melakukan liburan dengan melibatkan berbagai aktivitas fisik, seperti naik gunung, surfing, hiking, dan sebagainya, momen liburan dapat menjadi saat yang tepat untuk membuat tubuh menjadi lebih bugar. Jika dilakukan secara rutin, tidak menutup kemungkinan liburan semacam ini akan menjaga tubuh agar tetap ideal, karena melakukan olahraga yang menyenangkan.

5. Membuat Panjang Umur

Ternyata healing time tidak hanya berfungsi untuk membuatmu tetap awet muda, tetapi juga untuk memperpanjang umur. Seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya bahwa melakukan liburan secara rutin dapat mengurangi tingkat streesmu, yang dimana juga berhubungan erat dengan menurunkan risiko serangan jantung. Dengan kata lain, liburan juga akan meningkatkan harapan hidup menjadi lebih panjang.

(Baca Juga: Hotel Murah Tepi Pantai di Kota Bengkulu, Cocok untuk Quality Time Keluarga)

Rekomendasi Pantai Terbaik di Indonesia yang Cocok untuk Destinasi Healing Time

Jadi, sekarang kamu tahu kan bahwa menyempatkan diri untuk healing time itu sangatlah penting. Nah, jika kamu bingung untuk menentukan tempat berlibur yang tepat, tidak ada salahnya untuk coba mengunjungi beberapa pantai terbaik di Indonesia yang dijamin bisa menjernihkan pikiran dan mentalmu ini. Ingin tahu apa sajakah itu?

1. Pink Beach (Nusa Tenggara Timur)

Siapa yang tidak tahu pink beach? Bukan hanya terkenal di kalangan masyarakat Indonesia saja, Pink Beach bahkan juga dikenal hampir diseluruh mancanegara. Menjadi salah satu di jajaran pantai terindah di dunia, tak heran pantai satu ini juga memasuki jajaran sebagai pantai terbaik di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, Pink Beach merupakan sebuah pantai di Nusa Tenggara Timur yang memiliki keunikan yang memukau, yakni pasirnya yang berwarna merah muda. Pantai terbaik di Indonesia ini terletak di kawasan Taman Nasional Komodo yang juga merupakan salah satu dari 7 pantai berpasir merah muda yang ada di dunia. Betapa menakjubkannya Indonesia itu.

Selain kondisi pantai yang unik nan indah, kehidupan bawah laut di Pink Beach juga tak perlu diragukan. Salah satu pantai terbaik di Indonesia ini menyimpan sejuta keindahan dan kekayaan yang layak untuk diselami. Menjadi istana bagi beraneka ragam jenis ikan, ratusan jenis batu karang, serta berbagai jenis biota lainnya lainnya, Pink Beach jelas juga merupakan destinasi yang tepat untuk melakukan aktivitas air, seperti snorkeling dan diving.

Tips

Perlu diketahui bahwa di area sekitar Pink Beach tidak ada warung atau tempat perbelanjaan apapun, sehingga kamu perlu membawa berbagai perlengkapan yang dibutuhkan dari sebelum berangkat, termasuk makanan dan minuman. Tetapi, untuk perlengkapan diving dan snorkeling kamu bisa memperolehnya di Labuan Bajo.

Selain itu, dikarenakan lokasi pantai terbaik di Indonesia ini berada di kawasan Taman Nasional Komodo, maka tidak menutup kemungkinan kamu bisa bertemu dengan komodo ketika tengah beraktivitas di pantai. Dan apabila hal tersebut terjadi, ada baiknya kamu segera pergi menjauh darinya, karena Komodo dikenal sebagai salah satu binatang yang berbahaya.

Maka dari itu, ada baiknya jika kamu berlibur ke salah satu pantai terbaik di Indonesia ini dengan dikawal oleh polisi hutan atau guide yang berpengalaman.

Akomodasi

Mengingat bahwa Pink Beach merupakan pantai terbaik di Indonesia yang tidak berpenghuni dan berada di kawasan yang cukup terpencil, maka seluruh kebutuhan penginapan dan akomodasi bisa kamu peroleh di Labuan Bajo. Jika kamu justru ingin mencoba nginap di Kampung Komodo, maka kamu bisa menanyakannya kepada penduduk setempat atau guide yang mendampingimu.

Selain itu, tersedia pula home stay di rumah penduduk yang bisa kamu gunakan untuk menginap, meskipun tentu fasilitas yang didapat akan lebih sederhana dengan ketersediaan makanan yang juga sederhana. Tetapi, cara satu ini setidaknya bisa lebih meminimalisir budget mu selama perjalanan.

Tetapi jika kamu ingin menginap di hotel dengan fasilitas yang lebih mumpuni, terdapat beberapa hotel di Labuan Bajo yang bisa kamu pilih, seperti Hotel Bintang Floser, Komodo Resort & Diving Club, dan La Prima Hotel.

Kegiatan

Dikarenakan tidak berpenghui, pantai terbaik di Indonesia ini masih memiliki kelestarian alam yang sangat terjaga. Terdapat bukit memanjang dari ujung pantai ke ujung lainnya yang menambah keindahan dari Pink Beach serta suasana yang indah nan tenang membuat healing time mu menjadi lebih menyenangkan.

Tidak hanya itu saja, air laut berwarna hujau toska yang jerni serta terumbu karang yang terdapat di dalamnya dijamin akan langsung menghilangkan rasa stress dan menimbulkan relaksasi di tubuh dan pikiranmu. Snorkeling dan diving merupakan kegiatan yang wajib dilakukan ketika mengunjungi salah satu pantai terbaik di Indonesia ini. Selain itu kamu juga bisa berjemur di tepi pantai yang lembut nan cantik sembari mengambil foto untuk dokumentasi. Pemandangan matahari tenggelam di pantai juga menjadi satu agenda wajib yang tak boleh terlewat.

(Baca Juga: Cobain 6 Wisata Kuliner Enak Berharga Murah di Pantai Losari Makassar)

2. Pantai Gili Meno (Lombok)

Jika kamu ingin mencoba healing time dengan mengunjungi Bali, maka cobalah untuk berlibur ke Lombok. Disana terdapat tiga pula kecil yang terletak di sebelah barat pulau Lombok yang diberi nama Gili. Masing-masing Gili ini memiliki keindahan yang tak terhingga. Mulai dari jernihnya air laut, terumbu karang yang masih terjaga, hingga udara bebas polusi yang saat ini sudah mulai sulit ditemukan di kota-kota besar, khususnya di Indonesia.

Sangat cocok bagi kamu yang ingin healing time dengan menjauh dari hiruk-pikuk perkotaan, Gilir Meno yang menjadi salah satu pantai terbaik di Indonesia ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan. Mengapa harus Gili Meno padahal ada Gili Trawangan yang lebih dikenal? Meskipun kedua pantai tersebut memiliki keindahan yang sama, namun Gili Meno cenderung memiliki suasana yang jauh lebih sepi dan tenang, dibandingkan Gili Trawangan yang sudah mulai dipenuhi oleh wisatawan.

Kamu bisa memperoleh relaksasi hanya dengan berjalan kaki mengelilingi pinggiran pantai sembari melihat deburan ombak dan udara bersih. Dikarenakan dataran yang tidak terlalu luas, kamu bahkan hanya memerlukan waktu 90 menit saja menggunakan jalan setapak untuk mengelilingi pinggiran pantai.

Tidak hanya itu saja, berlibur di salah satu pantai terbaik di Indonesia ini juga akan memberikanmu kesan tersendiri. Masih kurangnya wisatawan membuat kamu bisa merasakan sensai berlibur ke pulau pribadi ketika berkunjung kesini.

Tips

Seperti yang telah disinggung diawal bahwa Pantai Gili Meno tidak sepopular Gili Trawangan, sehingga masih minimnya wisatawan yang datang berkunjung. Meskipun berkunjung ke salah satu pantai terbaik di Indonesia ini dijamin akan memberikanmu ketenangan dan relaksasi yang dibutuhkan, tetapi disisi lain juga terdapat kekurangannya, yaitu masih minimnya fasilitas yang disediakan.

Di seputar pantai kamu tidak akan menemukan toko ataupun mesin ATM, maka dari itu bawalah uang tunai secukupnya serta perlengkapan pribadi selengkap-lengkapnya, mulai dari pakaian, obat-obatan pribadi, hingga makanan dan minuman.

Akomodasi

Terdapat dua akses utama yang bisa membawamu ke salah satu pantai terbaik di Indonesia ini, seperti dari Pelabuhan Bangsal atau dari Teluk Kodek. Jika kamu berada di area Senggigi atau Mataram, kamu bisa naik angkutan umum, ojek, atau taksi menuju Pelabuhan Bangsal.

Selain itu, mencari penginapan di Pantai Gili Meno tidaklah terlalu sulit. Terdapat banyak penginapan murah dan nyaman yang bisa kamu jadikan pilihan, seperti Pondok Anjani dengan budget sekitar Rp. 100 ribuan per malam, Rawa Cottages dengan Rp. 150 ribuan per malam, ataupun Meno Colatta yang diberi tarif Rp. 250 ribuan per malam.

Aktivitas

Meskipun memiliki fasilitas yang minim, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan apapun di pantai terbaik di Indonesia ini. Terdapat begitu banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan selama healing time di Pantai Gili Meno. Tidak hanya kamu bisa berjalan menelusuri pantai sembari menikmati pasir putihnya yang lembut, kamu juga bisa berenang, snorkeling, dan diving.

Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan begitu banyak biota laut yang indah, berenang diantara terumbu karang, dan penyu. Bukan hanya menikmati pantainya, kamu juga bisa berkunjung ke pengkaran penyu hijau dan melihat beberapa spesies burung langka, baik yang ada di Indonesia maupun di mancanegara, seperti elang beo, flamingo, pelikan, jalak Bali dan masih banyak lagi hanya dengan membayar Rp. 50 ribu per orangnya.

(Baca Juga: Pantai Terbaik untuk Menikmati Senja di Tanah Celebes)

3. Pantai Sawarna (Banten)

Pantai Sawarna merupakan salah satu pantai terbaik di Indonesia yang terletak di Banten. Memiliki satu goa dan tujuh pantai dengan paronama yang berbeda membuat Pantai Sawarna sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata liburan. Keindahan alam disertai dengan air laut yang jernih juga membuat pantai ini menjai ikon dari Banten itu Sendiri.

Pasir putih yang cantik, laut biru yang menawan, dan aliran ombak yang menenangkan membuat siapapun enggan pulang. Bahkan, para peselancar dari berbagai belahan dunia tak ragu untuk untuk jauh-jauh datang ke Banten dan mencicipi deruhan ombak dari Pantai Sawarna.

Tips

Salah satu pantai terbaik di Indonesia ini terletak cukup jauh dari pusat perkotaan, sehingga apabila kamu ingin mengunjungi Pantai Sawarna, dianjurkan untuk membawa uang tunai secukupnya untuk memenuhi seluruh kebutuhan dan rencana kegiatan. Selain itu, seluruh transaksi yang dilakukan ketika berkunjung ke Pantai Sawarna, mulai dari makan, penginapan, hingga transportasi hanya menerima uang tunai saja.

Kemudian, jika kamu pergi ke Ancol lebih sering memilih hari kerja karena cenderung tidak banyak pengunjung, maka untuk mengunjungi Pantai Sawarna sebaiknya disarankan justru pada hari libur, agar kamu memiliki teman. Di hari biasa, kondisi Pantai Sawarna akan cenderung lebih sepi, bahkan tidak menutup kemungkinan kamu hanya akan berlibur sendiri. Meskipun tenang, hal tersebut terkadang malah akan membuatmu sedikit merasa ngeri karena kondisinya yang sepi dan sunyi.

Agar lebih hemat, kamu juga disarankan untuk membawa peralatan masak sendirim setidaknya rice cooker untuk menanak nasi. Biasanya ada beberapa hotel yang menyewakan alat bakar-bakara untuk pengunjungnya, sehingga kamu hanya perlu membeli iklan segar saja yang kemudian dipanggang.

Akomodasi

Jika kamu baru pertama kali mengunjungi Pantai Sawarna, maka disarankan untuk tidak memesan hotel dari internet, karena suasana penginapan belum tentu akan sesuai dengan selera mu. Di salah satu pantai terbaik di Indonesia ini kamu bisa memilih berbagai penginapan dari berbagai kelas, mulai dari yang terletak dekat pantai dan yang terletak sedikit jauh dari pantai.

Jika kamu membawa banyak barang untuk keperluan liburan dan membawa kendaraan pribadi, maka ada baiknya untuk memilih penginapan yang terletak jauh dari pantai. Karena apabila kamu memilih penginapan yang dekat dengan pantai, kamu harus melewati jembatan gantung terlebih dahulu yang tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda empat. Terdapat begitu banyak penginapan yang tersedia di Pantai Sawarna, seperti Villa Little Hula Hula Sawarna, Sinar Matahari Resort Sawarna, Pulman Lampion Cottage, dan masih banyak lagi.

Aktivitas

Mulai dari berenang, berselancar, snorkeling, hingga surfing bisa kamu lakukan di Pantai Sawarna. Tidak hanya itu saja, kamu bahkan juga bisa menyaksikan rumah bagi para kawanan burung dan monyet ataupun bereksplorasi di Desa Sawarna sembari belajar cara membuat kerajinan tradisional.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda