Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

9 Pekerjaan Online Paling Dicari Perusahaan di Masa Depan

by lhmdi on 13 Oktober, 2017

Kebutuhan akan informasi lowongan pekerjaan semakin meningkat di setiap tahunnya. Mulai dari fresh graduates hingga profesional yang sudah berpengalaman selalu mencari cara mendapatkan pekerjaan terbaik.

Di satu sisi, tumbuhnya teknologi melebarkan kesempatan. Sebab banyak perusahaan tawarkan jenis  “pekerjaan online” ke pencari kerja dalam membantu bisnis mereka untuk berjalan.

Istilah kerja online ini sangat erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi dan informasi. Makanya, tidak jarang kita mendengar nama atau istilah baru dalam ruang lingkup pekerjaan untuk masa kini dan masa depan.

Terkait dengan pekerjaan di masa depan yang sangat erat kaitannya dengan perkembangan teknologi, baru-baru ini World Economic Forum mengumumkan sebuah laporan berjudul “The Future of Jobs” yang membahas mengenai pekerjaan yang paling dibutuhkan di masa depan.

Pekerjaan ini nantinya sangat berkaitan dengan aktifitas di dunia maya atau dunia online dan akan terus berkembang di masa depan. Baik untuk pekerjaan sampingan atau karir pekerjaan tetap, kebutuhan tenaga kerja jarak jauh ini semakin banyak dicari.

Lalu, apa saja pekerjaan online yang paling dibutuhkan di masa depan? Berikut adalah daftarnya:

1. Data analis

Data adalah hal penting dalam perusahaan. Melalui data, perusahaan dapat mengambil keputusan-keputusan penting dalam menjalankan bisnisnya. Oleh karena itu, beberapa perusahaan pun mulai banyak menggunakan profesional untuk data analis. Salah satunya dengan cara menggunakan jasa tenaga kerja jarak jauh melalui online.

Salah satu tugas dari seorang data analis adalah menafsirkan dan memberikan gambaran dari data-data yang diterimanya melalui internet kemudian diterjemahkan menjadi sebuah strategi untuk mengambil sebuah keputusan penting saat menjalankan bisnis sebuah perusahaan.

2. Pengembang piranti lunak dan aplikasi

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan dunia online, profesi pengembang piranti lunak atau aplikasi menjadi hal yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan yang ingin mengembangkan situs perusahaan atau membuat aplikasi untuk meraih banyak konsumen, akan membutuhkan profesi pengembang atau developer ini.

Secara umum, sebuah perusahaan akan mencari seseorang yang sudah mengerti atau berpengalaman dalam mengembangkan sebuah piranti lunak atau software hingga aplikasi.

Selain itu seorang pengembang juga diwajibkan memiliki kreatifitas tinggi karena piranti lunak atau aplikasi yang dikembangkan tidak hanya bergantung pada program komputer saja, namun pada kualitas yang dihasilkan.

3. Software engineer

Masih dari pengembangan ilmu komputer, pekerjaan online yang paling banyak dicari di masa depan adalah software engineer.

Pekerja dalam bidang ini tidak hanya berperan menuliskan bahasa pemrograman, namun juga menganalisa, merekayasa hingga penerapannya untuk piranti lunak yang sudah dirancang.

Jadi, jika pengembang piranti lunak atau aplikasi hanya berfokus pada pemrograman, maka seorang software engineer nantinya akan berperan membuat gambaran desain, tampilan, hingga fungsi dari bahasa pemrograman yang dirancangnya.

4. Digital marketing

Hampir di setiap perusahaan pastinya memiliki satu jenis pekerjaan yang bernama marketing atau ahli pemasaran. Tugasnya tentu saja adalah menjual apa yang dikerjakan oleh sebuah perusahaan kepada masyarakat.

Namun dalam “kerja online” profesi marketing tidak hanya mencari mitra baru yang akan menggunakan produk dari sebuah perusahaan. Dengan berkembangnya teknologi, dunia pemasaran atau marketing tidak luput dari adaptasi digital. Karena itu, digital marketing adalah sebuah profesi yang saat ini banyak dicari oleh perusahaan.

Secara umum seorang pekerja dalam bidang ini bertugas membuat perancangan, hingga menganalisis pemasaran produk secara online. Mereka harus mampu memanfaatkan struktur teknologi yang dibangun Google, Facebook, hingga Instagram, dan memungkinkan produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan bisa muncul keberadaannya secara online.

Sebuah penelitian bertajuk Emerging Careers 2016 yang diselenggarakan oleh University of California di San Diego, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa di masa depan akan banyak perusahaan yang membutuhkan digital marketing khususnya untuk mobile advertising atau periklanan melalui perangkat mobile.

5. Konsultan pendidikan online

Melalui layanan online siapa pun bisa berkomunikasi. Hal yang sama terjadi juga di dunia pendidikan. Di masa depan nantinya pendidikan online akan semakin berkembang. Oleh karena itu profesi di bidang konsultan pendidikan akan semakai ramai dicari oleh sekolah hingga universitas.

Layanan konsultan pendidikan online pun mulai diterapkan di Indonesia melalui perusahaan perintis atau startup. Salah satu contoh yang cukup populer adalah RuangGuru .com yang menerapkan layanan konsultasi dan konten pendidikan berbasis teknologi online.

Sementara itu di Amerika, Eropa, hingga India beberapa universitas atau institusi pendidikan resmi pun sudah menggunakan layanan konsultan pendidikan sebagai proses belajar-mengajar mereka. Bahkan, mereka pun menyediakan jurusan khusus untuk konsultan pendidikan bernama Master of Distance Education.

6. Analis sistem komputer

Selain pengembang aplikasi dan software engineer, terdapat satu profesi lain yang terkait teknologi komputer yang akan di cari banyak perusahaan di masa depan. Profesi tersebut adalah analis sistem komputer atau computer system analyst.

Salah satu tugas penting dari tenaga kerja ini adalah merencanakan dan memastikan kebutuhan teknologi apa yang nantinya tepat untuk kebutuhan bisnis sebuah perusahaan.

Selain itu, seorang analis sistem komputer juga wajib untuk selalu mendapatkan informasi terbaru tentang perkembangan teknologi untuk saat ini dan masa depan nanti. Biasanya, para pekerjanya akan terbentuk dalam sebuah tim.

7. Desainer virtual reality

Di Indonesia teknologi virtual reality mungkin masih dinikmati segelintir orang saja dan lebih dinikmati untuk penggemar permainan komputer atau game. Namun di negara-negara sepeti Amerika, Eropa dan Jepang, virtual reality adalah cara dalam mengenalkan produk.

Di masa depan, diperkirakan profesi seorang desainer virtual reality akan menjadi incaran banyak perusahaan. Seorang profesional di bidang ini nantinya akan bertugas mengerjakan desain dan menerapkan seni mereka melalui sebuah visualisasi gambar dengan dunia nyata, sehingga menjadikan pengalaman baru dalam mencoba sebuah produk.

Di beberapa negara bagian Amerika dan Eropa, teknologi virtual reality sendiri sudah diterapkan dalam kebutuhan untuk belanja dan traveling.

Widget TRV Insurance

8. Konsultan keuangan

Profesi konsultan keuangan mulai muncul ketika di sebuah negara mulai didominasi masyarakat kelas menengah.

Di Amerika dan negara-negara Eopa yang sudah maju, profesi ini sudah hadir sejak puluhan tahun lalu. Khusus di Indonesia, profesi ini mulai ramai pada tahun 2008 ketika masyarakat kelas menengah semakin banyak jumlahnya.

Profesi perencana keuangan bertugas membantu individu atau keluarga untuk menyiapkan rencana keuangan untuk jangka panjang, menengah dan pendek.

Selain itu, seorang perencana keuangan nantinya akan membuat prioritas serta menyusun strategi keuangan untuk individu atau keluarga yang disesuaikan dengan tujuan dari kliennya.

Di Indonesia profesi ini semakin banyak bermunculan. Namun, di masa depan ketika teknologi akan semakin tinggi, konsultan keuangan akan semakin banyak dicari. Hanya dengan menggunakan media teknologi nantinya seseorang akan terhubung dengan konsultan dan mulai berdiskusi tentang perencanaan keuangan.

9. Data scientist

Saat ini semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi untuk mencari seseorang dengan profesi data scientist.

Pada masa kini data scientist memiliki tugas sebagai pengembang semua data yang masuk ke dalam sebuah perusahaan. Data yang sangat besar ini bisa berarti sangat acak, misalnya apakah terstruktur atau tidak.

Selanjutnya semua data ini nantinya akan dianalisa, dan kemudian seseorang yang berprofesi sebagai data scientist akan menganalisa dan diberikan kesempatan untuk bereksperimen terhadap semua data yang diterimanya.

Rata-rata perusahaan nantinya akan meminta hasil analisa dan visualisasinya serta mengomunikasikan hasil tersebut kepada pengambil keputusan di sebuah perusahaan dan dapat diaplikasikan untuk pengembangan strategi bisnis sebuah perusahaan. Di masa depan, diperkirakan akan semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi membutuhkan tenaga profesional di bidang ini.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami