Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

9 Peluang Bisnis Usaha Sampingan yang Berikan Banyak Uang di Tahun 2016

by JTO on 29 April, 2015

Apa Saja Ide Usaha Sampingan di Tahun 2016?

Memiliki penghasilan tambahan itu menyenangkan. Apalagi sekarang banyak peluang usaha sampingan berupa pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit. Mau tahu apa saja pekerjaan sampingan yang bisa memberikan banyak uang tersebut?

Telah banyak buktinya, seseorang bisa menjadi sukses dari pekerjaan sampingan yang dijalaninya. Walaupun, awal seseorang menemukan ide bisnis sampingan dan melakukan pekerjaan sampingan ini karena alasan iseng-iseng, sekedar hobi, atau memang ingin menambah sedikit pundi-pundi penghasilan.

Karena dianggap lebih memiliki prospek dan penghasilan yang menjanjikan, tidak sedikit juga seseorang yang meninggalkan pekerjaan tetapnya dan akhirnya total melakukan pekerjaan sampingannya. Berikut adalah beberapa ide peluang bisnis 2016 berupa jenis pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan dan bisa memberikan banyak uang.

Broker Properti

Meningkatnya harga properti hingga 10-20 persen per tahun, menjadi salah satu faktor yang membuat pekerjaan ini banyak diminati untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang besar. Permintaan properti juga selalu lebih tinggi ketimbang unit yang tersedia. Artinya, jika memilih untuk berkarir di bidang ini, pekerjaan akan selalu datang.

Anda bisa mendaftar di sebuah perusahaan broker properti atau menjadi broker properti mandiri. Saran kami, bila mau penghasilan lebih besar jadilah broker mandiri. Penghasilan seorang broker itu tidak terbatas dan memiliki waktu yang bebas. Komisi yang didapat oleh seorang broker properti adalah 2,5% per properti yang dijual. Bayangkan, jika seorang broker menjual 1 unit rumah senilai Rp1 miliar, maka komisi yang didapatkan adalah Rp25juta!

(Baca juga: 6 Ide Usaha Sampingan Tanpa Modal)

Agen Asuransi

Seorang agen asuransi bertugas mencari orang atau perusahaan yang mau menabung atau membeli produk asuransi dari sebuah perusahaan asuransi. Imbalan yang akan didapatkan berupa komisi dan bonus.

Tiap perusahaan asuransi menetapkan aturan dan tarif yang berbeda untuk komisi yang diberikan. Namun, persentase komisi sekitar 5 – 30 persen. Rata-rata, untuk agen yang produktif alias rajin menjual produk asuransi, bisa mendapat komisi sekitar Rp2 juta. Sedangkan, agen yang sangat luar biasa bisa mendapat komisi di atas Rp20 juta. Lumayan bukan?

(Baca juga: 5 Usaha Rumahan Kreatif Minim Modal yang Bisa Dilakukan Mahasiswa)

Web Designer

Menjadi seorang web desainer dengan portofolio yang luar biasa bisa memberikan uang yang tidak sedikit. Terutama jika telah membangun jaringan pemasaran dengan target pembuatan portal website sebagai peluang usaha sampingan kecil menengah di rumah.

Memakai data dari Kementerian Koperasi dan Usah Kecil Menengah, saat ini di Indonesia terdapat sekitar 57,9 juta peluang bisnis sampingan kecil menengah. Jika hanya 1% dari jumlah tersebut menjadi klien Anda? Rata-rata, harga standar pembuatan web saat ini sekitar Rp1 juta sampai Rp16 juta, namun bayaran yang diterima tergantung tingkat kesulitannya.

Blogger

Dari seorang blogger kemudian menjadi kaya. Pertanyaan itu tidak bukan khayalan semata, karena memang sudah banyak yang membuktikannya. Sebut saja seperti Markus Frind, pemilik portal perjodohan PlentyOfFish.com yang saat ini berpenghasilan US$300,000 per bulan. Saat ini portal yang didirikan Markus diklaim sebagai portal perjodohan terbesar di internet.

(Baca juga: Mengintip 4 Peluang Usaha Terbaru Beromzet Ratusan Juta Rupiah)

Ada juga Mashable.com, blog yang dibuat oleh Pete Cashmore, seorang web technology consultant dari Skotlandia. Blog yang miliki tag line “The Social Media Guide” ini membidik niche media sosial. Berdiri sejak 2005, Mashable saat ini ditaksit menghasilkan uang US$180,000 (atau setara Rp.1.847.700.000!) per bulan. Jadi usaha sampingan dari blog memang nyata adanya.. Anda tertarik mencobanya?

Tutor

Pekerjaan ini bisa dilakukan secara langsung atau online. Tutor online masih sedikit jumlahnya dan sulit dilakukan, namun kelebihannya bisa dilakukan lebih fleksibel karena bisa bekerja dari rumah. Apa yang bisa harus dimulai untuk pekerjaan ini? Cobalah untuk menjadi guru privat, yang biasanya akan bekerja untuk siswa yang mengalami kesulitan dalam bidang studi tertentu, misalnya bahasa atau matematika.

Dengan jam kerja yang cukup fleksibel, misal di malam hari atau akhir pekan selama 1.5 – 2 jam, bayaran yang akan dihasilkan cukup lumayan. Misal, satu murid saja minimal bisa membayar Anda Rp500 ribu – Rp2 juta per bulan. Jika bisa menangani lebih dari 5 murid, sudah bisa dihitung penghasilan yang akan didapatkan.

Pengajar Seni

Pekerjaan lainnya yang memang terbukti bisa diandalkan sebagai usaha sampingan adalah menjadi seorang pengajar seni, baik itu seni tari atau musik, wajb menguasai berbagai teknik dan gaya yang berbeda-beda. Anda bisa menawarkan jasa ini pada sebuah studio tari terdekat, sekolah, dan lainnya.

Seperti tutor, butuh kesabaran dalam menghadapi murid-murid yang ingin belajar. Berapa yang bisa dihasilkan jika menggeluti pekerjaan sampingan ini? Saat ini, yang kami ketahui seorang pengajar tari untuk sekolah saja memiliki tarif Rp300.000 – Rp500.000 perbulan. Hanya 1 kali mengajar tiap minggu, pengajar ini bisa menangani lebih dari 7–10 sekolah.

Pemandu Wisata

Bukan saja bisa mendapatkan penghasilan tambahan, dengan menjadi tour guide Anda bisa sekalian jalan-jalan gratis. Hadirnya pemandu wisata sangat dibutuhkan oleh seseorang yang ingin menjelajahi tempat tempat asing atau yang baru pertama kali mereka kunjungi.

Tidak hanya dari biaya jasa yang diberikan, terkadang Anda juga bisa mendapatkan komisi dari tempat menginap atau hotel di mana Anda membawa tamu yang dibawa. Tantangan untuk pekerjaan ini adalah dibutuhkannya pengetahuan luas terhadap tempat-tempat tertentu. Hingga, pelanggan Anda merasa terpuaskan dengan penjelasan dan jasa yang diberikan.

Konsultan Bisnis

Daripada menyewa perusahaan konsultan besar, beberapa perusahaan saat ini ada memilih mempekerjakan seorang individu dalam perencanaan strategis, perbaikan proses, membuat presentasi dan lainnya. Bahkan, teknologi saat ini membuat segalanya lebih sederhana dan terjangkau yang bisa menghubungkan seorang konsultan dan perusahaan yang membutuhkan bantuan.

Investor Pasar Modal

Nama besar miliarder Warren Buffet menjadi bukti menjadi investor saham sangat menjanjikan. Di balik penghasilan menjanjikan yang bisa diberikan, bila Anda berinvestasi pada produk saham, ada risiko yang harus diperhitungkan.

Anda wajib memiliki kemampuan membaca pasar dan pengetahuan dasar berinvestasi di pasar modal agar keuntungan bisa 1000%. Anda juga perlu modal yang bisa ditempatkan untuk investasi untuk mengawalinya. Bila masih awam, cobalah meminta bantuan perusahaan sekuritas yang tepercaya untuk berinvestasi.

Masih banyak usaha sampingan potensial lainnya yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bandingkan ratusan produk kredit sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami