Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Penerbangan di Bali Terganggu, Yuk Lindungi Perjalanan Anda!

by Gito on 29 Juni, 2018

Gunung Agung kembali menunjukkan keperkasaannya. Gunung yang berada di Bali itu mengalami erupsi. Perjalanan udara pun secara otomatis mengalami gangguan. Bagaimana cara mengantisipasi hal semacam itu?

asuransi perjalanan

Berdasarkan pemberitaan di berbagai media, pada Kamis, 28 Juli 2018, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bahwa kembali terjadi erupsi di wilayah Rembang, Karang Asem tempat di mana Gunung Agung berada.

Alhasil, Bandara Gusti Ngurah Rai kembali ditutup dan sebanyak 226 penerbangan baik dari Bali atau menuju Bali mengalami gangguan. Bandara internasional yang berada di Pulau Dewata itu ditutup sejak pukul 03:00 WITA dini hari hingga nanti malam pukul 19:00 WITA.

Terbayang bukan banyaknya wisatawan yang terkena dampak kejadian tersebut? Apalagi Bali merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Maka tak aneh jika hampir 50% dari total kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, memilih Bali sebagai tujuan liburannya.

Lihat saja data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun lalu, total kunjungan wisatawan asing ke Indonesia mencapai 14,03 juta. Nah, dari jumlah tersebut, sebanyak 5,69 juta orang berkunjung ke Bali.

Siapkan Asuransi Perjalanan

Nah, untuk mengantisipasi terjadinya hal buruk selama perjalanan, maka Anda perlu memiliki perlindungan berupa asuransi. Hal itu perlu dilakukan agar perjalanan menjadi lebih nyaman dan juga tenang.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum menganggap hal itu sebagai salah satu pelengkap dalam berwisata. Padahal di beberapa negara sudah mewajibkan warganya untuk memiliki asuransi perjalanan pada saat berwisata.

Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memiliki asuransi perjalanan. (Baca juga: 5 Alasan Penting Punya Asuransi Kesehatan Selagi Muda)

Menanggung ketika terjadi delay pesawat

Ketika pesawat delay alias tertunda jadwal penerbangannya, Anda bisa mengalami berbagai kerugian baik dari segi waktu maupun finansial. Misalnya saja, Anda sudah memiliki janji untuk urusan bisnis di kota lain, padahal pesawat tertunda. Anda berpotensi kehilangan transaksi bisnis dalam jumlah yang lumayan.

Untungnya, jika Anda telah terdaftar asuransi perjalanan, kejadian semacam itu akan ditanggung oleh asuransi. Terdapat minimal masa tunggu keterlambatan jika Anda ingin mendapatkan ganti rugi dari asuransi, biasanya antara 6-12 jam.

Dan apabila Anda ingin menjadwalkan ulang penerbangan, asuransi bahkan bisa menanggung keperluan terkait hal tersebut seperti biaya akomodasi. Karena, jika Anda mengalami penundaan penerbangan dan memutuskan mengganti jadwalnya, Anda tentu memerlukan biaya untuk kembali menginap di hotel.

Perlindungan rumah yang ditinggalkan

Saat meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama termasuk untuk berlibur, Anda mungkin merasa waswas. Tak hanya Anda yang sedang dalam perjalanan yang dihantui oleh berbagai risiko, rumah yang ditinggalkan juga bisa terkena risiko buruk seperti kebakaran.

Anda tak menyangka bukan jika ternyata asuransi perjalanan tak hanya melindungi diri Anda sendiri, tetapi juga rumah Anda? Anda bisa saja aman-aman selama perjalanan dan pulang kembali dengan kondisi tak kurang suatu apa pun. Namun, bagaimana dengan rumah Anda? Itulah pentingnya membeli asuransi perjalanan sebelum bepergian.

Bagasi hilang, jangan khawatir

Asuransi perjalanan juga menanggung barang bawaan Anda. Jika bagasi mengalami kerusakan atau hilang, Anda akan mendapatkan ganti rugi yang setimpal.

Bayangkan betapa repot dan ruginya jika bagasi Anda hilang. Ganti rugi dari pihak asuransi akan meringankan beban Anda.

Pemulangan jenazah

Mendengar kata jenazah memang mengerikan, tetapi risiko kematian tidak bisa ditebak bukan? Apabila seorang nasabah asuransi perjalanan meninggal dunia, maka perusahaan asuransi akan menanggung biaya pemulangan jenazah.

Biaya pengiriman jenazah yang tidak sedikit tentu bisa menjadi beban bagi keluarga apabila nasabah tidak terdaftar asuransi perjalanan. (Baca juga: INFOGRAFIS: Cek Estimasi Modal hingga Omzet Bisnis Laundry)

Kehilangan paspor atau dokumen lainnya

Meski sudah berhati-hati, paspor atau dokumen perjalanan lainnya bisa saja hilang akibat berbagai hal seperti perampokan. Lagi-lagi, Anda bisa bernafas lega apabila sudah terdaftar asuransi perjalanan, karena biaya untuk pengurusan dokumen akan ditanggung.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Jurnalis, penyuka musik britpop, sangat suka dengan dendeng kering.