Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Anti Rugi, Penuhi Syarat Ini Saat Beli Hewan Kurban

by Rafly Aditia on 5 Agustus, 2017

investasi reksadana _ investasi - CekAja.com

Perayaan Idul Adha atau Lebaran Haji di tahun 2017 jatuh pada Jumat 1 September. Sudah tahu syarat beli hewan qurban? Berikut tipnya.

Tentunya, ketika berbicara tentang Idul Adha maka terlintas di pikiran tentang hewan kurban. Kedua hal ini memang tidak dapat dipisahkan. Pada saat perayaan Idul Adha, umat muslim di seluruh dunia melakukan prosesi sembelih atau potong hewan kurban. Khususnya di Indonesia, ada tiga jenis hewan yang kerap kali dikurbankan saat Idul Adha yaitu Sapi, Domba, dan Kambing.

Ingin beli hewan kurban, sebaiknya harus paham betul syarat hewan kurban agar mendapatkan yang terbaik dan sesuai dengan aturan dalam Agama Islam. Berikut ini ada beberapa syarat dan tips dalam membeli hewan kurban jika tidak mau rugi dan ingin mendapatkan yang terbaik:

Tidak sakit atau cacat, pastikan bahwa hewan kurban yang dipilih tidak sakit atau cacat. Ini merupakan syarat mutlak dalam pemilihan hewan kurban, sehingga anda harus memperhatikan betul ketika memilih hewan kurban. Biasanya hewan kurban yang sakit memiliki nafsu makan yang kurang dan terlihat loyo, sehingga lebih baik pilih sapi, domba, atau kambing yang lincah. Selain itu, jangan memilih hewan kurban yang memiliki cairan seperti darah atau lendir di mata, hidung, telinga, mulut, ataupun anus.

Pilihlah hewan kurban yang berbadan gemuk, memiliki bentuk fisik yang bagus, dan dagingnya banyak. Selain itu, hindari juga membeli hewan kurban yang tanduknya patah, kehilangan gigi, serta mengidap penyakit gila.

Umur hewan, Ada sedikit informasi yang perlu diketahui seputar umur hewan. Idealnya, hewan kurban jenis sapi yang baik berumur 2 tahun, sementara domba adalah 6 bulan sampai 1 tahun, sementara untuk kambing adalah 1 tahun.

Untuk itu sebaiknya pilihlah hewan kurban yang memiliki usia seperti yang telah disebutkan, sementara untuk mencari tahu dan memastikan usia hewan kurban adalah dengan cara melihat gigi seri hewan pilihan yang sudah berganti dari gigi susu menjadi gigi tetap.

Untuk sapi, satu pasang gigi seri berarti merupakan umur sapi tersebut adalah 2 tahun. Lalu, untuk domba dan kambing satu pasang gigi susu yang berganti menjadi gigi seri berarti usia hewan tersebut adalah satu tahun.

Minta sertifikasi atau label kesehatan, terkahir adalah meminta sertifikasi atau label kesehatan hewan kurban yang diterbitkan oleh dinas kesehatan setempat. Apabila penjual tidak bisa memberikan hal tersebut, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk mencari tempat lain penjualan hewan kurban lain yang lebih aman.

Beli kurban urunan? Apabila anda dan keluarga atau teman memilih untuk membeli kurban dengan urunan atau patungan, hal tersebut tidak ada salahnya. Namun perlu diketahui, bahwa ada batas maksimal jumlah peserta urunan saat membeli hewan kurban.

Seperti misalnya jika anda membeli sapi maka maksimal hanya 7 orang saja yang dapat ikut urunan termasuk diri anda, sementara untuk syarat untuk kambing atau domba adalah tidak boleh dilakukan pembelian secara urunan, sehingga satu kambing atau domba hanya untuk satu orang saja yang diperbolehkan.

Ini dia tipsnya beli hewan kurban murah! Sementara jika anda ingin membeli hewan kurban jauh lebih murah dibanding dengan harga pasar, ada beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

  1. Beli dari jauh-jauh hari. Sudah pasti, semakin mendekati waktu Idul Adha atau Lebaran Haji maka harga hewan kurban di pasaran akan melonjak. Setidaknya kenaikan lebih dari 30% dbanding harga normal, maka dari itu sebaiknya beli hewan kurban beberapa bulan sebelum Idul Adha jauh lebih baik. Apabila memungkinkan, justru anda bisa membeli hewan kurban sekitar 6 bulan sampai 1 tahun sebelumnya.
  2. Cari hewan kurban di daerah lebih murah. Biasanya harga hewan kurban di daerah akan jauh lebih murah dibandingkan di kota, tentunya hal ini juga bukan hal yang aneh lagi. Membeli hewan kurban di daerah bisa memberikan anda keuntungan lebih terutama jika membelinya dalam jumlah yang banyak.
  3. Kenapa tidak ternak saja? Memang sih untuk yang satu ini memang cukup rumit, namun apabila memang punya modal dan kesempatan untuk ternak hewan kurban justru bisa lebih baik. Bahkan bukan harga murah lagi yang didapatkan, justru anda bisa mendapatkan keuntungan lewat hewan kurban dengan cara menjualnya!

Jika sudah tahu bagaimana syarat-syarat dan tips untuk memilih hewan kurban yang baik agar tidak rugi? Perlu diingat, membeli hewan qurban bukanlah sebuah kewajiban bagi umat Muslim.

Namun, apabila memang mampu maka berkurban sangat dianjurkan. Perlu diingat juga, bahwa dalam berkurban tidak boleh ada hubungan hak dengan orang lain seperti hewan gadai atau hewan warisan sebelum warisannya dibagi.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.