10 Penulis Terkenal di Indonesia yang Bukunya Sering Best Seller

6 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Banyak memiliki orang-orang hebat di segala bidang, Indonesia juga banyak memiliki penulis berbakat dan terkenal, yang karyanya sangat menginspirasi. Penulis terkenal di Indonesia tersebut juga sangat multitalenta, karena bisa menghasilkan karya tulis dari berbagai jenis tulisan, seperti novel, puisi, quotes, skenario film dan lain-lain.

10 Penulis Terkenal di Indonesia yang Bukunya Sering Best Seller

Tidak hanya satu karya, penulis terkenal di Indonesia ini, sudah menghasilkan banyak karya tulis, yang tentunya sangat digemari masyarakat. Bahkan, meski hanya menciptakan sebuah tulisan satu kalimat, mereka berhasil menyampaikan pesan yang mendalam dan bermakna.

Selain Menginspirasi, Karya Para Penulis Terkenal di Indonesia juga Memotivasi

Maka tak heran, jika para penulis terkenal di Indonesia ini, memiliki banyak fans. Para fans biasanya, sering memburu karya tulis berupa buku atau novel yang selalu best seller. Tidak hanya itu, para fans juga sering menggunakan beberapa kalimat, yang bisa dikutip (quotes) sebagai captions atau hanya sekadar untuk memotivasi hidup.

Beberapa Karya Tulis Berupa Novel Sering Diangkat ke Film

Bahkan, beberapa karya tulis dari penulis terkenal di Indonesia ini, sudah ada yang diangkat menjadi sebuah film. Meski isi ceritanya tak sama persis atau tidak selengkap di novel, namun film tersebut tetap bisa membuat para penontonnya terenyuh.

Kerja sama antara penulis, sutradara dan para pemain, tentunya juga sangat berperan dalam keberhasilan film yang diangkat dari sebuah novel ini. Kalau kamu, sudah nonton berapa judul film, yang ceritanya diangkat dari novel?

Tapi, kamu pernah penasaran enggak sih, kira-kira siapa saja penulis terkenal tersebut, yang karya-karyanya bisa sampai membuat kita terenyuh? Yuk, simak rangkumannya berikut ini.

(Baca Juga: Buku Pramoedya Ananta Toer Paling Laris dan Paling Eksis Selain Bumi Manusia)

10 Penulis Terkenal di Indonesia

1. Andrea Hirata

Andrea Hirata - 10 Penulis Terkenal di Indonesia yang Bukunya Sering Best Seller

Penulis terkenal di Indonesia yang pertama adalah Andrea Hirata. Penulis asal Bangka Belitung, yang lahir pada 24 Oktober 1976 ini, mulai dikenal berkat karya pertamanya yang berjudul Laskar Pelangi.

Bercerita tentang perjalanan menarik dirinya ketika kecil di Belitung, membuat novel tersebut diangkat ke film layar lebar, dengan judul yang sama. Saking fenomenalnya novel tersebut, hingga dibuat versi film, novel Laskar Pelangi sudah dicetak ke berbagai bahasa.

Tidak berhenti di Laskar Pelangi, ceritanya pun berlanjut, dan ditulis di novel selanjutnya yakni Sang Pemimpi. Beberapa karya lainnya juga tak kalah tenar, seperti novel Padang Bulan, Cinta di dalam Gelas, Sebelas Patriot, Edensor, Maryamah Karpov, dan Ayah.

2. Pidi Baiq

Pidi Baiq - 10 Penulis Terkenal di Indonesia yang Bukunya Sering Best Seller

Banyak menghasilkan karya tulis tentang percintaan, Pidi Baiq juga masuk sebagai penulis terkenal di Indonesia, yang karyanya juga berhasil difilmkan. Buat kamu yang kenal dengan tokoh Dilan dan Milea, pasti sudah tau siapa penulis dibalik cerita cinta Dilan dan Milea.

Ya, Pidi Baiq merupakan penulis yang lahir pada 8 Agustus 1972. Ia juga sering dipanggil dengan sebutan ‘Ayah’, oleh para rekan-rekannya. Selain itu, Pidi Baiq juga pernah berprofesi sebagai dosen, ilustrator, komikus, dan musisi.

Selain novel Dilan dan Milea, Pidi Baiq juga memiliki karya novel lainnya seperti Drunken Molen, Drunken Mama, Drunken Marmut, Drunken Monster, At-Twitter, dan Al-Asbun. Nah, kamu sendiri sudah punya yang mana?

3. Tere Liye

Tere Liye - 10 Penulis Terkenal di Indonesia yang Bukunya Sering Best Seller

Tak kalah tenar, penulis terkenal di Indonesia yang berikutnya ini adalah Tere Liye. Penulis yang memiliki nama lengkap Darwis Tere Liye ini, mulai menulis sejak 2005. Tak mau kalah, beberapa karya novel Tere Liye juga pernah diangkat ke layar lebar dan layar kaca.

Sebut saja seperti Hafalan Shalat Delisa, Moga Bunda Disayang Allah, dan yang terbaru adalah Rembulan Tenggelam di Wajahmu. Jika kamu pergi ke toko buku, mungkin kamu akan melihat deretan buku best seller, yang mayoritas ditulis oleh Tere Liye.

Novel-novel karya Tere Liye yang sering best seller di antaranya adalah Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin, Negeri Para Bedebah, Kau-Aku- dan Sepucuk Angpau Merah, Negeri di Ujung Tanduk, Ayahku (Bukan) Pembohong, Tentang Kamu, serta serial Bumi, Bulan, Matahari, Komet, Ceros dan Batozar.

Buat kamu yang hobi membaca, pasti kamu sudah punya salah satu novel dari Tere Liye bukan?

4. Dewi Lestari

Dewi Lestari - 10 Penulis Terkenal di Indonesia yang Bukunya Sering Best Seller

Dewi Lestari atau yang akrab disapa ‘Dee’ ini merupakan seorang penyanyi, sekaligus penulis terkenal di Indonesia loh. Lewat karyanya berupa novel berjudul Perahu Kertas, Novel series Supernova, hingga Filosofi Kopi, Dewi Lestari mulai dikenal masyarakat.

Terlebih, karyanya tersebut juga pernah diangkat ke layar lebar, dan mendapatkan banyak penonton. Bahkan, untuk karya novel yang berjudul Supernova, berhasil laku sebanyak 12.000 eksemplar.

5. Asma Nadia

Asma Nadia - 10 Penulis Terkenal di Indonesia yang Bukunya Sering Best Seller

Penulis terkenal di Indonesia yang selanjutnya adalah Asma Nadia. Novel karyanya selalu menjadi best seller, wanita berusia 45 tahun ini juga berhasil mengangkat novelnya ke sebuah film.

Sebut saja seperti film Assalamualaikum Beijing dan Surga yang Tak Dirindukan. Dua film tersebut juga menjadi film layar lebar yang berhasil membuat penonton berlinang air mata, karena jalan ceritanya.

Asma Nadia juga telah menciptakan lebih dari 20 judul novel, bahkan ia juga pernah menjadi salah satu dari 35 penulis yang diambil dari 31 negara, yang diundang ke acara Iowa International Writing Program, di Amerika Serikat.

6. Raditya Dika

Raditya Dika - 10 Penulis Terkenal di Indonesia yang Bukunya Sering Best Seller

Nah, kalau penulis yang satu ini, lebih dikenal sebagai komedian sekaligus selebriti. Pasalnya, selain menjadi penulis terkenal di Indonesia, Raditya Dika juga sering terlibat sebagai cast film yang diangkat dari novelnya sendiri.

Maka tak heran jika, beberapa novelnya memiliki genre komedi. Bahkan, semua novel ciptaannya selalu best seller dan selalu diangkat menjadi film layar lebar.

Sebut saja seperti judul novel dan film Marmut Merah Jambu, Brontosaurus, Cinta Dalam Kardus, Kambing Jantan, hingga Koala Kumal. Fans Raditya Dika, pasti sudah pernah nonton semua filmnya bukan?

7. Ayu Utami

Ayu Utami - 10 Penulis Terkenal di Indonesia yang Bukunya Sering Best Seller

Wanita cantik, yang masih awet mudah yakni Ayu Utami, juga masuk di deretan penulis terkenal di Indonesia. Penulis lulusan Fakultas Sastra UI ini, sering menulis novel karya fiksi.

Bukan hanya menjadi penulis, Ayu Utami juga berprofesi sebagai seorang aktivis jurnalis dan sastrawan Indonesia yang cukup terkenal. Judul novel ciptaannya, di antaranya adalah Saman, Larung, Pengakuan Eks parasit Lajang, dan masih banyak lagi.

8. Ika Natassa

Ika Natassa - 10 Penulis Terkenal di Indonesia yang Bukunya Sering Best Seller

Penulis wanita terkenal di Indonesia berikutnya adalah Ika Natassa. Nama Ika Natassa langsung melejit ketika novel ciptaannya berjudul Critical Eleven berhasil diangkat ke film layar lebar.

Wanita berusia 40 tahun ini juga, menciptakan banyak karya novel lainnya, yang tak kalah terkenal dan best seller. Sebut saja seperti Antologi Rasa, Twivortiare, Divortiare, dan juga The Architecture of Love.

9. Ahmad Fuadi

Ahmad Fuadi - 10 Penulis Terkenal di Indonesia yang Bukunya Sering Best Seller

Pernah nonton film Negeri 5 Menara? Film tersebut merupakan satu dari sekian karya novel milik penulis terkenal di Indonesia, yakni Ahmad Fuadi. Selain penulis, Ahmad Fuadi juga sukses menjadi wartawan.

Selain Negeri 5 Menara, Ahmad Fuadi juga menulis novel best seller berjudul Rantau 1 Muara, dan Menjadi Guru Inspiratif.

(Baca Juga: Film Terbaik Tentang Persahabatan yang Bisa Mengajarkan Arti Teman Sejati)

10. Eka Kurniawan

Eka Kurniawan - 10 Penulis Terkenal di Indonesia yang Bukunya Sering Best Seller

Satu lagi penulis terkenal di Indonesia sekaligus lulusan Fakultas Filsafat UGM ini adalah Eka Kurniawan. Jenis tulisan Eka pada karya-karya tulisannya, dikenal dengan gaya yang berani dan independen.

Sehingga, setiap karyanya sangat nyentrik dan berciri khas. Berikut beberapa novel karya Eka Kurniawan mulai dari Cantik Itu Luka, Lelaki Harimau, Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas, Corat-coret di Toilet dan O.

Nah, itulah 10 penulis terkenal di Indonesia, yang beberapa karyanya berbentuk buku, sering best seller di toko buku. Namun, buku-buku best seller dari penulis terkenal di Indonesia, biasanya hanya diproduksi terbatas loh.

Sehingga, kamu harus berebut dengan pembeli lain, untuk mendapatkan buku tersebut. Selain membeli di toko buku offline, kamu juga bisa membelinya di toko buku online. Terlebih, kini beberapa toko buku belum sepenuhnya buka secara normal.

Dengan membeli di toko online, kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan, seperti praktis, bisa melihat stok buku atau waktu pre order, hingga proses pembayaran yang mudah. Apalagi juga kamu melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, dijamin lebih menguntungkan lagi.

Dengan menggunakan kartu kredit, kamu tidak hanya mendapatkan kemudahan, tapi juga keuntungan lainnya seperti potongan harga, promosi, cashback, hingga rewards. Asyik bukan, bisa dapat buku dari penulis terkenal, sekaligus keuntungan lainnya?

Makanya, yuk buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, segera ajukan kartu kredit pilihanmu dengan mudah, hanya di CekAja.com!