Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Perusahaan BUMN dengan Gaji Tertinggi yang Diminati Jobseeker

by Kyla Damasha on 30 Oktober, 2019

Banyak jobseeker yang mengincar untuk bekerja di perusahaan BUMN karena tawaran gaji yang cukup menggiurkan. Tidak hanya itu saja, Berbagai tunjangan ataupun benefit yang ditawarkan membuat beberapa perusahaan ini bahkan memasuki jajaran perusahaan BUMN dengan gaji tertinggi di Indonesia.

Dengan gaji tinggi yang disertai dengan beragam benefit, rasanya hal tersebut belum cukup jika disandingkan dengan beberapa perusahaan yang bahkan menawarkan pendidikan gratis untuk para karyawannya. Dan yang terpenting, bekerja di perusahaan BUMN dengan gaji tertinggi ini juga memiliki jenjang karier yang jelas serta masa depan yang terjamin.

Hanya saja, meskipun lowongan perusahaan BUMN dengan gaji tertinggi tersebut hampir dibuka setiap tahun, banyaknya jobseeker yang melamar membuat peluang tersebut menjadi mengecil.

Nah, dari pada kamu galau, yuk kita simak tips mempersiapkan diri untuk seleksi serta deretan perusahaan BUMN gaji tertinggi yang ada di Indonesia. Apa sajakah itu?

Tips Mempersiapkan Diri untuk Seleksi di Perusahaan BUMN Gaji Tertinggi

Biasanya, perusahaan-perusahaan BUMN dengan gaji tertinggi ini akan mengumumkan soal lowongan yang tengah mereka buka melalui situs resmi ataupun situs pencari kerja. Di dalam lowongan tersebut, selain mereka menyertakan divisi-divisi yang tengah dibutuhkan, mereka juga pastinya akan memberikan informasi mengenai cara mendaftar serta dokumen-dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan.

Nah, untuk melamar di perusahaan BUMN gaji tertinggi ini, pastinya kamu tidak hanya perlu mempersiapkan dokumen secara lengkap, tetapi juga mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai proses seleksinya itu sendiri.

Perlu diketahui bahwa peminat yang ingin bekerja di perusahaan BUMN juga tidaklah sedikit, sehingga kamu juga dituntut untuk bisa memberikan yang terbaik serta menunjukan kepada perusahaan bahwa kamu memiliki kualifikasi yang mumpuni pula.

Lalu, apa saja sih kira-kira yang perlu kamu ketahui ketahui mengenai seleksi di perusahaan BUMN gaji tertinggi ini?

1. Mempersiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Tahap pertama untuk melamar di perusahaan BUMN dengan gaji tertinggi yaitu dengan mengumpulkan berbagai dokumen yang dibutuhkan, baik dalam bentuk soft copy ataupun hard copy. Perusahaan BUMN saat ini juga tidak kalah dengan perusahaan swasta dan startup yang memiliki sistem pendaftaran digital, namun ada baiknya apabila kamu juga mempersiapkan dokumen hard copy untuk berjaga-jaga apabila suatu saat diminta untuk memenuhi suatu keperluan.

Biasanya, sistem pendaftaran di perusahaan BUMN gaji tertinggi dilakukan melalui situs resmi mereka yang telah dikelola dengan baik serta selalu up-to-date secara berkala. Perlu diingat apabila satu dokumen saja tidak lengkap, maka bisa saja aplikasi lamaran yang kamu kirimkan tidak akan dilanjutkan oleh perekrut.

(Baca juga: Mengenal Holding BUMN dan Super Holding)

Selain itu, jangan lupa pula untuk cek kembali kualitas hasil scan atau foto yang kamu unggah, karena panitia seleksi tentu tidak akan memiliki banyak waktu untuk memperhatikan satu per satu jika ada yang tidak sesuai.

2. Selalu Menjadi Diri Sendiri

Mungkin jika kamu bertanya kepada sanak saudara tips mereka agar keterima di perusahaan BUMN gaji tertinggi, mereka akan sedikit kebingungan untuk menjawab. Tetapi, menjadi diri sendiri bisa dijadikan sebagai kunci utama. Pasalnya, ketika kamu masuk ke dalam lingkungan perusahaan, karakter diri yang paling jujur akan mudah terlihat oleh tim seleksi atau atasanmu.

Maka dari itu, selama mengikuti proses seleksi, usahakanlah untuk tidak menutupi apapun dan tetap menjadi diri sendiri. Karena semakin kamu menutupi, maka akan semakin sulit pula untuk para tim penyeleksi dalam menilai ataupun yakin dengan kemampuan yang kamu miliki.

3. Sertifikat Tes Bahasa

Sepertinya saat ini kemampuan bahasa Inggris memang sudah sangat penting untuk dimiliki setiap orang, termasuk untuk melamar di perusahaan BUMN gaji tertinggi. Maka dari itu, alangkah baiknya apabila kamu membekali diri dengan sertifikat TOEFL ataupun IELTS.

Baik TOEFL maupun IELTS masing-masing memiliki standar skor yang berbeda. Untuk standar skor TOEFL yaitu antara 450 – 500, namun akan lebih baik apabila kamu berhasil mendapatkan skor lebih dari 500.

Sedangkan untuk IELTS, standar skor yang biasanya menjadi kualifikasi yaitu antara 6 – 7,5. Perlu diingat bahwa mempersiapkan sertifikat bahasa setidaknya membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 mingguan, sehingga kamu juga perlu mempersiapkan seluruh dokumen untuk melamar di perusahaan BUMN tersebut dari jauh-jauh hari.

5 Perusahaan BUMN dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Selain mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan, langkah selanjutnya yaitu melamar di perusahaan BUMN gaji tertinggi yang sesuai dengan passion yang kamu miliki. Perlu diketahui bahwa perusahaan BUMN sangatlah banyak. Bisa saja dari sekian banyak yang sudah kamu cari tahu informasinya, ternyata masih ada yang belum kamu dengar sebelumnya.

Tidak hanya perusahaannya, divisi atau department-nya juga beraneka ragam dengan fungsinya masing-masing. Maka dari itu, apabila kamu memiliki satu atau dua pilihan perusahaan yang kamu inginkan, jangan hanya terpaku oleh perusahaan tersebut.

Ada baiknya apabila kamu juga memiliki cadangan untuk berjaga-jaga apabila kamu tidak berhasil diterima di perusahaan BUMN yang menjadi pilihan pertamamu.

Hanya sekadara gambaran saja, kira-kira perusahaan BUMN apa saja sih yang memberikan gaji tertinggi untuk karyawannya? Kali ini kita akan merangkum 5 perusahaan BUMN dengan gaji tertinggi di Indonesia. Adakah yang menjadi incaranmu?

1. PT Pertamina (Persero)

Menjadi salah satu perusahaan minyak dan gas bumi terbesar di Indonesia membuat Pertamina juga menjadi salah satu perusahaan BUMN dengan gaji tertinggi di Indonesia. Tidak hanya memberikan gaji tertinggi, mereka juga sangat memperhatikan kesejahteraaan karyawannya. Bagaimana tidak? Untuk fresh graduate lulusan S1 saja, kamu sudah bisa mengantongi penghasilan sebesar Rp8 juta per bulan, itupun belum termasuk penghasilan tambahan yang disertai dengan berbagai tunjangan yang apabila ditotal, kamu bisa membawa pulang hingga Rp12 juta per bulan.

2. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)

Perusahaan BUMN dengan gaji tertinggi selanjutnya diduduki oleh PLN yang memiliki lambang petir ini. Sebagai fresh graduate untuk S1, kamu bisa mendapatkan penghasilan hingga mencapai Rp6 juta – Rp7 juta sebulannya. Tentunya saja jumlah tersebut belum termasuk tunjangan lainnya seperti asuransi, kesehatan, rumah, dan lain-lain.

3. PT Pelabuhan Indonesia (Persero)

Pelindo merupakan salah satu perusahaan BUMN dengan gaji tertinggi yang bergerak di bidang pelabuhan di Indonesia. Gaji yang akan diterima oleh para lulusan S1 fresh graduate-nya berkisar Rp7 juta an dengan 24 kali gaji setiap tahunnya. Sedangkan para karyawan baru wajib melakukan masa percobaan selama 1 tahun sebelum diangkat menjadi karyawan tetap.

4. PT Kereta Api Indonesia (Persero)

Kemudian, perusahaan BUMN dengan gaji tertinggi selanjutnya ada KAI yang bergerak di bidang moda transportasi kereta api. Tidak tanggung-tanggun, perusahaan satu ini bahkan berani mengganjar lulusan SMA sebagai seorang kondektur dengan gaji sebesar Rp6,5 juta per bulan.

(Baca juga: Cek 4 Cara Mengakali Situs Rekrut Bersama BUMN yang Sering nge-Hang dan Error)

Belum lagi ditambah dengan berbagai tunjangan dan fasilitas, seperti rumah, kesehatan, bahkan tunjangan rekreasi. Asyik banget kan!

5. PT Pegadaian (Persero)

Perusahaan BUMN dengan gaji tertinggi terakhir yang akan kita bahas yaitu Pegadaian yang dikenal dengan fasilitas investasi emasnya. Pegawai baru dengan lulusan D3 akan bisa memperoleh penghasilan sebesar Rp4 juta. Sedangkan gaji awal untuk para lulusan baru S1 yaitu sebesar Rp5 juta hingga Rp6 juta per bulannya.

Setelah 1 tahun bekerja, gaji pegawai akan meningkat menjadi antara Rp6 juta hingga Rp8 juta per bulannya.

Perlu diingat bahwa bekerja di perusahaan BUMN dengan gaji tertinggi sepertinya banyak dijadikan impian oleh sebagian besar fresh graduate. Banyak sekali faktor-faktor yang membuat para fresh graduate lebih memilih untuk bekerja di perusahaan BUMN. Selain karena gaji awal yang begitu menggiurkan, bekerja di perusahaan BUMN juga memiliki jenjang karier yang jelas dan terjamin.

Tetapi, tentu dengan begitu banyaknya orang yang ingin bekerja di BUMN membuat kompetisi seleksi karyawan baru pun menjadi lebih ketat, dan dikarenakan hal inilah kamu juga perlu mempersiapkan berbagai hal secara matang dan terencana.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda