Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Rekomendasi Wisata Kuliner di Banda Aceh dengan Harga Murah, Mangat Taht!

by Kyla Damasha on 21 Oktober, 2019

Berwisata kuliner memang menjadi salah satu aktivitas paling menyenangkan bagi sebagian besar orang. Tidak hanya untuk memanjakan perut semata, wisata kuliner juga sekaligus menjadi wadah untuk menambah wawasan dan mengetahui aneka ragam makanan khas di suatu wilayah.

Ketika mengunjungi suatu tempat untuk berlibur, pastinya tidak akan sah apabila kita tidak menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner khas yang terdapat di wilayah tersebut. Indonesia memiliki ribuan destinasi wisata yang indah nan memukau, salah satunya Banda Aceh.

Nah, bagi kamu yang akan tengah merencanakan liburan, ketahui dulu yuk beberapa rekomendasi wisata kuliner enak di Banda Aceh dengan harga murah yang patut dicoba karena Mangat That alias Enak Sekali dalam bahasa setempat.

Kuliner Banda Aceh yang Wajib Dicoba Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Siapa sih yang tidak tahu dengan jenis kuliner satu ini? Restoran yang menjual mie Aceh bahkan sudah bisa kamu temukan dengan mudahnya di pinggiran jalanan kota-kota besar seperti Jakarta.

Tetapi, tentu kunjunganmu akan dianggap belum lengkap apabila tidak mencoba langsung mie Aceh yang dibuat oleh orang Aceh itu sendiri. Maka dari itu, mencicipi mi Aceh ketika berkunjung ke Banda Aceh patut dijadikan sebagai agenda wajib.

Dapat dikatakan sebagai gulai khas Aceh, Kuwak Pliek U disajikan dengan menggunakan daun dan buah mlinjo, kacang panjang, kacang tanah, daun singkong, daun pepaya, dan daun kecombrang. Terkadang juga bisa ditambah dengan chu atau sejenis siput sungai.

Dahulu kala, jenis kuliner satu ini hanya dapat dinikmati oleh anggota kerajaan saja, namun saat ini sudah bisa dikonsumsi oleh masyarakat secara bebas. Jika kamu berkunjung ke acara besar yang diadakan oleh orang Aceh, dapat dipastikan kamu bisa menemukan Kuwak Pliek U sebagai salah satu hidangan yang disajikan.

Jika Kuwak Pliek U merupakan gulai khas Aceh, maka Kuah Beulangong dapat diartikan sebagai kari khas Aceh. Beulangong itu sendiri adalah sebutan warga Aceh untuk belangga besar yang digunakan untuk memasak hidangan ini.

Memiliki aroma yang begitu sedap dengan menggunakan bumbu dan rempah-rempah yang beragam, Beulangong tidak menggunakan santan di dalam kuah melainkan menggunakan kelapa yang diparut dan dioseng bersamaan dengan bumbu-bumbu lainnya.

(Baca juga: Ini 8 Tempat Kuliner di Bandung yang Murah Meriah, Kuy Kepoin!)

Biasanya, Beulangong akan disajikan dengan potongan daging ayam, sapi, atau kambing berikut dengan es timun segar yang bisa kamu pesan di rumah makan guna menetralisir kadar kolesterol. Wah, kelihatan enak banget ya!

  • Ayam Tangkap

Sesuai dengan namanya, Ayam Tangkap merupakan salah satu jenis kuliner yang menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya. Ayam tersebut kemudian dibumbui dengan beraneka ragam rempah, seperti temurui, bawang merah, bawang putih, dan cabai hijau.

Daun temurui yang digunakan sebagai salah satu rempah biasanya disajikan dalam jumlah banyak sehingga terlihat seperti ayam yang tertangkap, dan inilah yang menjadi latar belakang mengapa hidangan ini dinamakan Ayam Tangkap.

Setelah selesai, Ayam Tangkap biasanya disajikan dengan bumbu kecap dan nasih hangat dengan ukuran satu ayam utuh. Harga per ekornya bisa dibanderol Rp60.000. Namun, dikarenakan ukurannya yang besar, ayam tersebut setidaknya dapat dinikmati untuk 4 sampai 5 orang lho.

Rekomendasi Wisata Kuliner Enak dan Murah di Banda Aceh

Selain mengetahui makanan khas yang patut dicoba, mengetahui rekomendasi wisata kuliner murah nan enak yang ada di Banda Aceh juga diperlukan.

Hal tersebut agar kamu tidak bingung ketika ingin mulai berwisata kuliner. Nah, bagi kamu yang tengah mencari rekomendasi wisata kuliner enak di Banda Aceh dengan harga murah, siapa tahu pembahasan kali ini bisa memberikanmu beberapa pilihan. Yuk disimak!

1. Rumah Makan Hasan

Jika kamu ingin coba mencicipi aneka ragam makanan khas Aceh, Rumah Makan Hasan patut dicoba. Wisata kuliner enak di Banda Aceh dengan harga murah ini memiliki banyak sekali makanan khas yang disajikan di rumah makan ini, seperti ayam tangkap dan sie kameng. Selain itu, kamu juga bisa memesan kuwak pliek u yang sangat lezat.

Untuk saat ini, Rumah Makan Hasan memiliki 3 cabang yang terletak di beberapa lokasi di Banda Aceh, yaitu di Jalan Laksamana Malahayati, Lamnyong, dan Banda Aceh.

Menu Andalan : Kari Kambing & Ayam Tangkap

Kisaran Harga : Rp15.000 – Rp25.000

Alamat              : Landom, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh 23122

2. Mie Razali

Yang ingin mencicipi mie Aceh enak dengan harga murah, maka datanglah ke Mie Razali. Telah buka sejak tahun 1967, warung mie aceh ini menjadi salah satu wisata kuliner enak di Banda Aceh dengan harga murah yang patut dikunjungi.

Bahkan, konon katanya Presiden Joko Widodo juga sempat menyempatkan diri untuk berkunjung ke warung ini demi menikmati lezatnya sajian Mie Aceh yang menjadi menu andalan.

(Baca juga: Daftar Kuliner Murah di Palembang, Harga Kaki Lima Kualitas Bintang Lima)

Mie Aceh di warung ini disajikan dengan tiga macam cara yang bisa dipilih oleh para pengunjung, yaitu mie rebus, mie goreng, dan mie goreng basah, yang tentunya juga dilengkapi dengan berbagai varian isi, seperti ayam, daging, udang, cumi, kepiting, dan jamur.

Menu Andalan : Mie Aceh Kepiting

Kisaran Harga : Rp. 10.000 – Rp. 45.000

Alamat              : Jl. Panglima Polem, No. 83-85, Banda Aceh

3. Canai Mamak Kualalumpur

Menjadi salah satu kedai makanan yang nyaris tidak pernah sepi, Canai Mamak Kualalumpur juga wajib untuk dikunjungi dan menjadi salah satu rekomendasi wisata kuliner enak di Banda Aceh dengan harga murah.

Rumah makan ini didirikan langsung oleh warga asli Aceh yang terinspirasi ketika tengah bekerja di Kuala Lumpur, Malaysia. Ditambah lagi banyaknya masyarakat Sumatera, termasuk Aceh, yang menjadi penikmat Roti Canai yang merupakan salah satu kuliner khas dari Malaysia.

Rumah makan ini menyajikan aneka ragam jenis roti canai yang bisa dipilih oleh pengunjung, mulai dari roti canai manis seperti coklat dan keju, hingga roti canai asin seperti kari. Selain berbagai jenis roti canai, Canaik Mamak Kualalumpur juga menyajikan makanan berat lainnya seperti nasi lemak, nasi briyani, dan teh tarik.

Sayangnya, rumah makan satu ini memang memiliki menu yang sebagian besar merupakan makanan khas Malaysia dan bukan Aceh. Namun jika kamu ingin mencicipi suatu cita rasa yang berbeda, tidak ada salahnya untuk menjadikan Canai Mamak Kualalumpur sebagai alternatif yang bisa dikunjungi.

Menu Andalan : Canai Kari Ayam

Kisaran Harga  : Rp. 10.000 – Rp. 25.000

Alamat               : Jl. Teuku Umar No. 51 Setui, Banda Aceh

4. Ayam Lepas

Sesuai dengan namanya, restoran satu ini memang menyajikan hidangan ayam sebagai menu utamanya. Meskipun banyak rumah makan yang juga turut menyediakan ayam, namun berbeda di rumah makan satu ini. Disini kamu akan merasakan kuliner ayam goreng yang dapat dipastikan tidak akan kamu jumpai di tempat lain.

Menyantap ayam goreng disini, kamu akan merasakan sensasi pedas yang begitu menggigit namun juga sekaligus menggoyah lidah. Sekali mencicipi, dijamin akan membuatmu ketagihan. Untuk Rumah Makan Ayam Lepas itu sendiri, saat ini sudah memiliki 4 cabang yang tersebar di beberapa daerah di Banda Aceh, seperti di Lamnyong, Peuniti, Batoh, dan Simpang 5.

Menu Andalan : Ayam Goreng

Kisaran Harga : Rp. 15.000 – Rp. 25.000

Alamat              : Jl. Simpang Lima, Banda Aceh

Segera tetapkan tanggal liburan dan pesan pesawat serta hotel kamu buat liburan di Banda Aceh segera. Jangan lewatkan kesempatan menjelajah kuliner di daerah yang sangat terkenal akan kopinya tersebut. Jangan lupa sebelum berangkat, lindungi diri dan keluarga tercinta dengan asuransi perjalanan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda