Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Saat Beli Mobil Baru, Tanyakan 4 Hal Ini Pada Sales Agar Kamu Tidak Menyesal

by Ariesta on 24 April, 2017

mobil baru atau bekas _ kredit mobil - CekAja.com

Selain membeli rumah, membeli mobil juga dianggap sebagai keputusan besar lantaran harganya yang mahal.

Karenanya, banyak orang membutuhkan pertimbangan yang matang sebelum memutuskan mobil mana yang akan dibawa pulang. Sebelum membeli mobil bekas, beberapa hal yang harus kamu tanyakan antara lain berapa usia mobil tersebut, apa alasan pemilik sebelumnya menjual, dan bagaimana kondisi mobil. Tidak berbeda, kamu juga harus jeli dalam membeli mobil baru.

Meskipun kondisi mobil baru hampir selalu sempurna, pastikan kamu menjawab pertanyaan ini agar tidak menyesal.

Bagaimana efisiensi bahan bakar?

Kamu yang membeli mobil baru dengan tujuan berhemat jangka panjang harus menghitung dengan cermat konsumsi bahan bakar. Efisiensi bahan bakar merupakan jarak yang ditempuh per liter bahan bakar. Mobil dengan kemampuan konsumsi 6 liter/100 km atau lebih dari 16,5 km /1 liter terbilang hemat energi.

Bagaimana garansi yang diberikan?

Garansi menjamin mobilmu ketika terjadi kerusakan yang menjadi tanggung jawab produsen. Sebelum membeli mobil, coba tanya dealer berapa lama mereka menjamin kerusakan dan sejauh apa yang ditanggung.

Untuk mobil baru, garansi yang diberikan biasanya 3 tahun atau 100.000 km yang mana lebih dulu. Untuk aki, garansinya biasanya berkisar 2 tahun. Artikanya jika aki mobil belum rusak dalam waktu tersebut, kamu bisa mengganti di service resmi.

Apakah mobil tangguh untuk berkendara lama atau di kondisi jalan off road?

Kamu senang berkendara off road? Atau kamu hanya menggunakan mobil untuk pulang pergi kantor atau antar jemput orang? Perkara memilih mobil yang tepat bukan hanya soal harga, tapi bagaimana kamu menggunakan mobil tersebut.

Kalau hanya digunakan sehari-hari di dalam kota, pilihlah city car. Tapi jika sering ke luar kota atau berkendara di medan berat, pililhlah mobil yang sesuai.

Bisakah melakukan test drive?

Sebelum membeli rumah, kamu pastinya mengetahui model rumah dan lingkungan sekitar. Sama halnya dengan membeli mobil, sangat disarankan untuk mencobanya terlebih dulu.

Tidak hanya mengetes performa, kamu juga bisa merasakan apakah mobil tersebut cocok denagn postur tubuhmu demi kenyamanan berkendara. Test drive tidak selalu tersedia. Jadi kamu harus minta dealer untuk untuk membuat jadwal.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami