Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Serba-serbi Tarik Tunai Kartu Kredit yang Harus Kamu Ketahui

by Rafly Aditia on 17 Mei, 2016

Promo Kartu Kredit April 2018

Kartu kredit merupakan kartu sakti. Mulai dari belanja, makan di restoran, sampai tarik tunai pun bisa dilakukan dengan plastik ajaib ini. Karena itulah banyak orang menganggap kartu kredit menjadi sesuatu yang sangat penting dan harus dimiliki.

Khusus untuk tarik tunai menggunakan kartu kredit, ada beberapa hal yang perlu kamu pahami terlebih dahulu. Sebab, jika salah menggunakan fasilitas yang satu ini, kamu justru bisa mengalami kerugian secara finansial. Untuk itu, ketahuilah beberapa hal mengenai tarik tunai atau gesek tunai kartu kredit berikut ini:

Biaya langsung dikenakan di muka

Kalau kamu menarik uang tunai dengan kartu kredit senilai Rp 2 juta di ATM, maka akan mendapatkan uang Rp 2 juta dengan tagihan biaya penarikan di akhir bulan. Sementara, kalau kamu menggunakan fitur tarik tunai atau gesek tunai (Gestun) untuk menarik uang Rp 2 juta, maka langsung dipotong 3% di muka. Jadi, uang yang diterima total adalah Rp 1,94 juta.

Bunganya cukup besar

Saat memutuskan melakukan tarik tunai dengan kartu kredit, pastikan kamu mengetahui konsekuensinya yaitu bunga yang cukup besar. Beda halnya kalau melakukan tarik tunai dengan kartu debit di ATM yang tanpa pengenaan bunga.

Berdasarkan peraturan yang ditetapkan Bank Indonesia melalui Surat Edaran Batas Maksimum Suku Bunga Kartu Kredit 27 November 2012, dijelaskan bahwa bunga maksimal tarik tunai sebesar 2,95% per bulan atau setara dengan 34,5% per tahunnya.

(Baca juga: Belanja Hemat di Indomaret dengan Kartu Kredit Bukopin)

Ada batas penarikan

Jika kamu melakukan tarik tunai dengan kartu debit, maka tidak ada batas nominal penarikan. Kamu bisa menghabiskan seluruh uang yang ada di ATM, walau ada beberapa bank yang menetapkan limit maksimal penarikan uang per hari. Tetapi jika menggunakan kartu kredit, tarik tunai tidak bisa sebesar limit kartu kredit yang diberikan bank.

Rentan pencucian uang

Beberapa kasus membuktikan bahwa tarik tunai kartu kredit sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Pihak berwajib juga menyebut fitur tarik tunai kartu kredit sering dimanfaatkan sebagai aktivitas pencucian uang atau money laundering.

Menggunakan fitur tarik tunai dengan kartu kredit bisa saja membawa manfaat kalau memang dilakukan dengan bijak. Bagi kamu yang belum memiliki kartu kredit, tidak perlu repot-repot mendatangi bank. Karena, kamu bisa ajukan kepemilikan kartu kredit dengan cepat dan mudah di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami