Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Ide Souvenir Pernikahan Hemat Bujet Buat Tamu Undangan

by lhmdi on 16 October, 2017

pernikahan sederhana selebriti _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Bukan sekadar benda yang diberikan dan dibawa pulang, souvenir pernikahan miliki tujuan agar setiap tamu punya kesan saat datang ke acara perkawinan.

Memilih souvenir atau cinderamata yang unik namun tetap berkesan bagi tamu undangan memang tidak mudah. Bahkan terkadang bentuk yang disediakan di sebuah acara pernikahan terlampau sama dan biasa, seperti bentuk kipas lipat dan gantungan kunci.

Pertanyaannya, apakah menyiapkan cinderamata pernikahan yang berkualitas dan berbeda harus mengeluarkan biaya mahal? Nyatanya tidak.

Syaratnya hanya satu, kreativitas. Sebab banyak ide yang bisa dilakukan untuk mendapatkan souvenir harga murah, memiliki bentuk unik, dan berkesan. Setidaknya, hal ini bisa menghemat alokasi bujet persiapan pernikahan yang akan dilangsungkan.

Nah, bagi yang sedang menyiapkan pesta pernikahan dan mencari ide-ide atau kreasi baru dari souvenir pernikahan, CekAja akan berbagi tentang apa saja pilihan souvenir yang bisa kita rencanakan. Berikut beberapa pilihannya:

1. Souvenir dari perlengkapan rumah tangga

Salah satu perlengkapan rumah tangga adalah pilihan pertama yang bisa kita jadikan sebagai souvenir pernikahan. Lalu, alat rumah tangga apa yang bisa dijadikan sebagai souvenir untuk pernikahan? Wadah garam, gula, atau merica yang bentuknya kecil bisa dijadikan pilihan.

Bentuk dari wadah ini pun bervariasi, ada yang berbentuk burung, lambang cinta hingga menyerupai cupcake, sehingga akan memberikan kesan unik dan romantis pada pesta pernikahan.

Harganya juga cukup murah. Sepasang wadah untuk kebutuhan rumah tangga ini harganya berkisar di angka Rp4.000 hingga Rp5.000. Tidak hanya sekedar sebagai hiasan saja, nantinya souvenir ini bermanfaat bagi tamu undangan yang datang ke pesta pernikahan.

2. Souvenir berbentuk tanaman

Benda untuk pernikahan berikutnya yang berkesan berasal dari tanaman mini. Saat ini sudah banyal toko online yang menyediakan tanaman mini sebagai souvenir untuk pernikahan.

Namun, jika ingin membuat kreasi tanaman sendiri, kita bisa membeli satu gelas kecil yang harganya berkisar di angka Rp1.000, lalu tambahkan tanaman hias mini yang harganya berkisar di angka Rp4.000.

Agar tampil lebih cantik dan berkesan kita bisa menambahkan beberapa tulisan yang berisikan kata-kata cinta atau mutiara.

3. Sajian teh ala Raisa dan Hamish

Beberapa waktu yang lalu, pernikahan pasangan selebritis Raisa dan Hamish Daud benar-benar menyita perhatian masyarakat. Salah satu yang menarik dalam acara pernikahan mereka adalah bentuk souvenir pernikahan berupa tiga teh spesial dengan rasa yang berbeda-beda dan dikemas dengan cantik.

Konsep cinderamata acara pernikahan Raisa dan Hamish ini bisa jadi inspirasi. Namun dengan sedikit modifikasi dan tampilan yang berbeda

Misalnya, sebagai pengganti wadah untuk teh, kita bisa menggunakan tabung reaksi yang biasa diungkan untuk larutan kimia di laboratorium. Selanjutnya, tabung tersebut diisi dengan variasi teh dan gula secara berlapis dengan menggunakan sebuah corong.

Untuk mempercantik tampilan tabung reaksi tadi, tambahan berbagai macam pernak-pernik seperti gambar tempel yang berisi keterangan tentang cara meramu teh atau pesan-pesan romantis tentang cinta.

4. Gantungan kunci bergambar pasangan pengantin

Gantungan kunci bisa dibilang salah satu cinderamata paling umum yang sering kita jumpai di sebuah acara pernikahan. Namun, agar terkesan unik dan eksklusif, kita bisa membuat gantungan kunci dengan desain sendiri. Salah satunya adalah dengan membuat karakter bersama pasangan yang dibuat menarik.

Karakter-karakter ini bisa bercerita tentang kisah cinta bersama pasangan, sehingga membuat satu gantungan kunci memiliki cerita yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Selain itu, gantungan kunci berbentuk puzzle yang dengan mengukir tanggal dan kata-kata indah juga dipastikan akan membuat cinderamata untuk pernikahan menjadi lebih menarik.

(Baca juga: Biaya Pernikahan Outdoor)

5. Souvenir pernikahan bernuansa pantai

Membuat barang unik dari benda-benda yang berada di sekitar pantai bisa menjadi pilihan berikutnya. Sederhananya, kita bisa menyiapkan satu botol atau tabung kecil yang kemudian diisi dengan pasir-pasir yang berasal dari pantai.

Agar lebih menarik kita bisa menambahkan batu-batu kecil atau cangkang kerang yang tidak dipakai lagi. Kemudian di bagian luar dari botol kita bisa menambahkan beberapa tulisan-tulisan tentang suasana romantisme sepasang pengantin, cerita-cerita senja dan suasana untuk menggambarkan indahnya sebuah pernikahan.

6.Ukiran kata-kata romantis di alat tulis

Bagi sebagian orang dewasa, alat tulis seperti pensil mungkin tidak banyak membantu mereka dalam aktivitas. Namun, pensil ternyata bisa bermanfaat sebagai salah satu membuat cinderamata unik pernikahan.

Di sini kita bisa menggunakan pensil-pensil dari kayu tanpa merek dan kemudian dipercantik dengan ukiran berupa kalimat-kalimat romantis atau pesan bahagia dari sebuah pernikahan. Sebagai tambahan, kita bisa mengemas dua bagian pensil ikat menjadi satu dan berikan label nama kita bersama pasangan.

Widget TRV Insurance

7. Botol dengan isi permen berwarna-warni

Selain tanaman mini, yang dapat dijadikan sebagai cinderamata pernikahan, kita bisa juga mengisi botol tersebut dengan permen warna-warni.

Bermodalkan botol jar mini yang harganya berkisar Rp3.000, kita bisa mengisinya dengan permen dan kemudian mempercantik atau memberikan label berupa pita pada botol tersebut dengan kalimat-kalimat bahagia penuh cinta hingga ucapan terima kasih untuk tamu undangan.

8. Musik dan lagu-lagu cinta

Masa-masa kejayaan Compact Disc atau CD di masa modern saat ini sudah tidak sepopuler sepuluh tahun yang lalu. Namun, untuk sebuah cinderamata pernikahan berbentuk cakram padat dapat dijadikan sebagai sebuah pilihan.

Kita bisa mengubah sebuah cakram padat menjadi lebih cantik dengan lapisan sticker yang menarik dan bergaya vintage. Sebagai tambahan, kita bisa menambahkan lagu-lagu cinta favorit dari pasangan yang menikah dan kemudian dijadikan sebagai cinderamata untuk pernikahan.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami