Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Survei: Kegiatan Dunia Usaha Meningkat, Yuk Berbisnis!

by Achmad Fauzi on 13 Juli, 2018

Kabar bahagia bagi Anda yang ingin memulai berbisnis. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk memulai dunia usaha. Berdasarkan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha SKDU yang dilakukan Bank Indonesia (BI), kegiatan dunia usaha meningkat pada kuartal II 2018.

bisnis UKM - CekAja.com

Peningkatan kegiatan dunia usaha tersebut dengan presentase 20,89 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB). Peningkatan SKDU pada kuartal sangat drastis dibandingkan dengan kuartal I yang sebesar 8,23 persen. Ini menunjukkan bahwa geliat dunia usaha sangat baik pada tahun ini. Dan ini memberikan kesempatan Anda untuk memulai berbisnis.

“Jadi kita hanya melihat arah dan ini konsumen bahwa arah pertumbuhan ekonomi kuartal II itu. Bank Indonesia memperkirakan (pertumbuhan ekonomi) akan lebih baik dibandingkan triwulan pertama,” ujar Kepala Departemen Statistik BI Yati Kurniati di Kompleks Perkantoran BI.

Usaha Industri Pengolahan, Hotel, dan Restoran Menjanjikan

Hasil survei BI memang menyatakan bahwa geliat dunia usaha masih dapat bersaing. Namun begitu, pastinya Anda bertanya-tanya bidang apa yang tepat untuk digarap.

Nah, dalam hasil survei juga menunjukkan beberapa dunia usaha yang menjanjikan bagi Anda diantaranya, industri pengolahan, perdagangan, hotel, dan restoran, jasa keuangan, real estate, dan jasa perusahaan.

Hasil survei ini menjelaskan, kesemua jenis usaha itu performanya membaik karena adanya bulan suci Ramadan. Karena pada Ramadan, kebutuhan sehari-hari masyarakat meningkat. Sehingga, industri pengolahan makanan dan perdagangan makanan, minuman dan pakaian meningkat pada kuartal II 2018. Dengan adanya hasil ini, maka dapat memberikan inspirasi jenis usaha apa yang akan Anda geluti.

(Baca juga: Berbagai Mobil Mewah Para Bintang Sepak Bola, Cek di Sini!)

Mulai Membuka Usaha

Setelah Anda melihat hasil dari survei dunia usaha tersebut, pastinya Anda akan tertarik untuk memulai untuk membuka usaha bukan? Namun sebelum itu, Anda harus tahu terlebih dahulu langkah-langkah yang terbaik dalam membuka usaha. Hal ini agar Anda tidak salah jalan saat membuka usaha. Nah, berikut tip yang bisa Anda terapkan sebelum membuka usaha.

Jalankan usaha sesuai dengan passion

Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis usaha apa yang akan digeluti. Usahakan jenis usaha itu sesuai dengan passion atau hal yang Anda sukai. Jika sesuai passion, Anda akan menjalankan usaha sepenuh hati yang nantinya. Karena, Anda tahu bagaimana cara menjalankannya. Sehingga, nantinya akan membuahkan hasil yang maksimal.

Buatlah anggaran usaha yang ingin dijalankan

Setelah Anda memilih usaha apa yang ingin dijalankan, maka Anda harus membuat anggaran usaha terlebih dahulu. Mulai dari rencana kebutuhan usaha hingga rencana pemasarannya. Dengan begitu, Anda akan mengetahui modal yang harus dikeluarkan. Sehingga, Anda bisa mempersiapkan modal untuk membuka usaha.

Siapkan Modal

Modal adalah satu hal yang penting dalam memulai usaha. Tanpa modal, Anda akan merasa berat menjalankan usaha. Modal berfungsi untuk membiayai operasional kegiatan usaha Anda. Maka dari itu, persiapkanlah modal sesuai dengan rencana yang telah Anda buat. Anda bisa gunakan tabungan Anda sebagai modal awal untuk membuat usaha.

Namun, jika Anda belum memiliki dana untuk modal membuka usaha, maka tak perlu khawatir. Karena banyak fasilitas perbankan yang memberikan pinjaman untuk modal. Salah satunya, Kredit Tanpa Agunan (KTA). Dengan KTA, Anda dapat memperoleh pinjaman modal tanpa harus mengeluarkan jaminan.

Anda bisa mengajukan KTA secara online di CekAja.com. E-commerce finansial nomor satu di Indonesia ini menyediakan produk KTA dari berbagai bank.

(Baca juga: Ternyata dengan Gaji Kecil Bisa Mengajukan KTA, Cek Yuk!)

Selain itu, terdapat fitur kalkulator yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan cicilan ringan dan bunga yang rendah. Nah, yuk mulai dari sekarang ajukan KTA di CekAja.com!

Tentang Penulis

Achmad Fauzi

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami