Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tak Perlu Ke Malang, di Palmerah Juga Ada Kampung Tematik!

by Gito on 3 September, 2019

Kamu pasti pernah mendengar tentang kampung warna – warni. Wilayah perumahan yang berada di Jodipan, Malang Jawa Timur itu sengaja disulap menjadi berwarna untuk menghilangkan aksen kumuh yang dulu hinggap di desa tersebut.

Untuk kamu yang suka travelling pastinya tidak asing dengan kampung tersebut. Berada di tepi sungai Brantas, kampung yang juga dikenal sebagai kampung Tridi itu disambangi lebih dari 400 wisawatan per harinya.

Kampung yang disengaja” itu bahkan masuk dalam Anugerah Wisata Jatim 2018. Dikatakan disengaja lantaran konsep awalnya adalah kegiatan corporate social responsibility (CSR) milik perusahaan cat yang dibantu oleh mahasiswa.

Kamu sudah pernah pergi kesana? Ada banyak spot foto yang bisa dijadikan latar untuk ber foto bersama keluarga ataupun selfie. Hanya kocek yang harus kamu rogoh menjadi cukup dalam, lantaran wilayahnya yang berada daerah Jawa Timur.

Tetapi tenang, di Jakarta tepatnya di daerah Palmerah, Jakarta Barat, sudah hadir kampung tematik. Memang tidak berwarna seperti di Malang, tetapi konsep edukatifnya hampir mirip dan juga yang pasti berbeda dengan kampung-kampung lainnya.

(Baca juga: Jajal Serunya Wisata Kampung Adat di Jawa Barat, Apa Saja?)
Kampung Literatur

Konsep kampung ini adalah menyediakan bahan bacaan bagi warganya. Selain itu setiap warganya juga bisa mendapatkan pelatihan ketrampilan untuk ibu-ibu.

Keberadaan kampung ini tidak dapat dilepaskan dari adanya Universitas Bina Nusantara (Binus) yang hadir tidak jauh dari kampung tersebut. Melalui konsep kampung tematik, warga juga diajak untuk hidup bersih dan juga sehat.

Jadi secara kualitas wilayahnya ikut berkembang menjadi lebih baik, warganya juga menjadi semakin sehat dan sadar akan kesehatan dan kebersihan.

Kampung Terang

Indonesia dengan keragaman budaya dan juga etnisnya merupakan modal yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Saking beragamnya, pemikiran dari setiap suku dan juga garis keturunannya pasti berbeda satu sama lain.

Hal tersebut terefleksi dari munculnya kampung terang yang berada dibelakang Rumah Sakit Dharmais. Meskipun kehadirannya diinisiasi dan dilaksanakan oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), namun kelangsungannya tetap di hidupkan oleh warganya sendiri.

Terletak di Kelurahan Kota Bambu Selatan, Palmerah Jakarta Barat, begitu memasuki kampung terang kamu akan langsung melihat deretan payung menggantung diatas kepala kamu. Mengingatkan kita akan lampion – lampion yang menerangi jalan sempit di film-film.

Kampung Warna – Warni Palmerah

Wilayah Palmerah merupakan salah satu wilayah perkantoran yang berada di Jakarta Barat. Untuk menghilangkan kesan kumuh yang ada di perkampungan dekat perkantoran itu maka muncul inisiatif untuk melakukan “sentuhan kreatif”.

Seperti di Malang, di Palmerah juga ada Kampung Warna-Warni. Tepatnya di Kelurahan Jatipulo, kampung ini akan menjadi terlihat sangat menarik saat malam hari.

Maklum, ada banyak sekali hiasan lampu warna-warni di daerah itu. Bahkan sudah ada juga spot-spot instagramable yang bisa dijadikan sarana eksistensi diri.

Kampung Mural

Bagi remaja, ekspresi dan juga jatidiri merupakan dua hal yang selalu menggelayut. Adanya kampung mural ini dimaksudkan agar para remaja bisa secara positif menyalurkan ekspresifnya. Keberadaan kampung ini melibatkan sejumlah kelompok supporter Persija, The Jak.

Disamping itu, adanya kampung ini juga sekaligus untuk meredam terjadinya bentrokan antar remaja yang mungkin bisa terjadi. Memang tidaklah mutlak 100 persen bisa menghilangkan tawuran, tetapi setidaknya hadirnya kampung ini bisa membuat para remaja plong dengan melukis tembok.

Nah bagaimana, tidak perlu merogoh kocek dalam kan. Tetapi kalau kamu membutuhkan dana tunai untuk keperluan mendadak, ajukan KTA di CekAja.com!

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami