Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Tempat untuk Beli Logam Mulia Antam

by Surtan Siahaan on 24 Oktober, 2017

Logam mulia Antam kian mudah dibeli. Kini tak perlu lagi mendatangi kantor pusat PT Aneka Tambang. Bila tertarik, berikut ini 4 alternatif cara dan tempat beli logam mulia antam.

Emas adalah instrumen investasi yang masih menjanjikan. Namun, membeli benda yang bernilai tinggi ini tidak boleh sembarangan. Belilah emas batangan untuk investasi di tempat tepercaya seperti di Kantor Pusat PT Aneka Tambang. Alasannya, kadar kemurnian dan legalitasnya dipastikan terjamin.

Kita pun tak repot jika berniat melakukan pembelian atau penjualan, karena emas PT Aneka Tambang telah diakui oleh banyak pihak. Biasanya, pembeli akan mendatangi butik emas yang terletak  di dalam kantor yang lokasinya terletak di Gedung Antam Jalan Letjen TB Simatupang Nomor 1, Lingkar Selatan, Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Namun, bila letaknya dirasa cukup jauh, kita bisa mendatangi 4 alternatif lokasi pembelian yang akan disebutkan di bawah ini. Simak tempatnya, dan pilih yang terdekat. Apa saja?

Unit bisnis di kawasan industri Pulo Gadung

Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia PT Aneka Tambang terletak di Jalan Pemuda-Jalan Raya Bekasi KM 18 Pulogadung, Jakarta. Posisi gedungnya persis di depan pintu masuk kawasan industri Pulo Gadung.

Untuk membeli emas batangan di sini ada prosedur yang harus dilewati. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Setelah mendatangi unit bisnis, segera lapor petugas dan meminta formulir pembelian. Isi hingga lengkap. Ingat untuk membawa KTP atau SIM karena identitas ini akan ditinggal pada petugas keamanan saat kita bertransaksi.
  2. Ambil nomor antrian di meja resepsionis
  3. Setelah nomor antrean kita dipanggil, datangi meja penjualan. Petugas akan memberikan faktur pembelian untuk diserahkan pada kasir beserta uang sesuai bobot yang diinginkan.
  4. Setelah mendapatkan bukti pembayaran, serahkan bukti tersebut ke ruang penyerahan emas. Tunggu hingga nama kita dipanggil oleh petugas
  5. Masuk ke ruang penyerahan dan ambil emas batangan yang kita beli. Jangan lupa untuk mengecek seluruh kelengkapan surat-surat yang diberikan PT Aneka Tambang.

Cara beli emas Antam di Kantor Pos

Sejak 6 Februari 2017, masyarakat dimungkinkan untuk membeli emas batangan PT Antam di Kantor Pos seluruh Indonesia. Jadi, bagi masyarakat yang tinggal di daerah bisa membeli emas Antam tanpa harus datang ke kantor cabang PT Antam.

Caranya pun sangat mudah. Pertama, tentu saja kita harus mendatangi kantor pos terdekat. Jelaskan niat kita untuk membeli emas Antam. Selanjutnya kita akan diberi formulir pembelian oleh customer service.

Isi formulir pemesanan dengan lengkap dan kembalikan pada customer service. Nanti, petugas akan memberitahu kita berapa harga emas yang harus dibayar.

Setelah membayar dan mendapatkan bukti pembayaran, kita bisa kembali fisik emas batang yang kita beli dalam waktu kurang dari Sembilan hari.

Cara beli emas Antam secara online

Bagi peminat yang tidak punya waktu untuk mendatangi kantor Antam atau kantor Pos, bisa membeli emas batangan secara online.

Kita bisa membelinya melalui situs PT Antam. Caranya sangat mudah, cukup kirim email mengenai spesifikasi emas batangan yang ingin dibeli beserta scan KTP dan alamat lengkap rumah kita.

Nantinya, Antam akan mengirimkan biaya yang harus ditransfer termasuk asuransi dan ongkos kirim. Namun, kita juga bisa membeli emas Antam melalui situs PT Pegadaian.

Caranya juga sama mudahnya. Berikut 4 langkah sederhana membeli emas Antam di website Pegadaian.

  1. Kunjungi situs Pegadaian dan lakukan registrasi
  2. Pilih emas dan berat yang ingin dibeli
  3. Lakukan pembayaran secara transfer
  4. Setelah membayar dan mendapatkan bukti transfer, tukarkan dengan emas batangan di cabang Pegadaian terdekat.
Biaya biaya pembelian emas

Jika membeli emas batangan baik di kantor PT Aneka Tambang maupun di luar PT Antam, kita diharuskan untuk membayar sejumlah biaya. Mulai dari pajak, ongkos kirim, hingga asuransi. Berikut ini daftar biaya yang dibayar oleh pembeli:

Biaya PPh 22

Sejak 2 Oktober 2017, pembeli emas Antam akan dikenai pungutan pajak. Jumlahnya berbeda-beda berdasarkan kepemilikan NPWP. Jika pemilik NPWP diharuskan membayar pajak sebesar 0,45%, maka orang yang tidak memiliki NPWP diharuskan membayar pajak sebesar 0,9%.

Biaya administrasi

Bagi pembeli emas Antam melalui program tabungan emas PT Pegadaian, diwajibkan untuk membayar biaya administrasi. Biaya administrasi dimulai dari Rp 50 ribu untuk semua jenis emas.

Biaya ongkir

Bila ingin membeli emas Antam melalui PT Pos, kita diwajibkan untuk membayar ongkos kirim.

Biaya asuransi

Pembelian emas secara online melalui kantor pos juga mewajibkan masyarakat untuk membayar premi asuransi. Biaya ini diwajibkan untuk meminimalisir risiko.

Nah, itulah sekelumit informasi mengenai lokasi pembelian emas Antam, prosedur pembelian hingga biaya-biaya yang wajib dibayar. Bagi masyarakat yang berminat untuk investasi emas, tunggu apa lagi lakukan pembelian sekarang untuk imbal hasil yang lebih baik di masa depan. Sebab harga emas cenderung akan naik setiap tahunnya.

Tentang Penulis