Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tempat Wisata Asyik di Jakarta Saat Mager Keluar Kota

by Miftahul Khoer on 6 Desember, 2019

Jakarta terkenal dengan hiruk pikuk duniawinya karena merupakan kota utama di Indonesia sebagai pusat bisnis dan pemerintahan. Kesan macet pun tak bisa lepas dari kota ini, sehingga ada wacana untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan.

ibu kota baru

Namun, terlepas dari itu semua Jakarta tetap mempunyai daya tarik bagi wisatawan dengan berbagai destinasi wisata yang ada. Sehingga bisa menjadi opsi untuk kamu kunjungi saat berlibur apabila malas untuk berlibur ke luar kota ataupun luar negeri.

Berikut beberapa rekomendasi objek wisata yang bisa kamu kunjungi di Jakarta:

1. Alive Museum dan Alive Star Ancol

Alive Museum dan Alive Star Ancol - Tempat Wisata Asyik di Jakarta Saat Mager Keluar Kota

Museum ini terletak di kawasan Taman Impian Jaya Ancol dan merupakan jaringan museum visual unik dari Korea. Di museum Alive Star memiliki koleksi patung lilin tokoh-tokoh terkenal seperti layaknya di museum Madam Tussaud yang ada di Bangkok, Hong kong, China, Jepang, dan juga di Singapura seperti penyanyi K-Pop dan juga artis-artis Hollywood.

Alive Museum menyimpan koleksi ilusi visual gambar-gambar 3D kreatif yang instagramable untuk menambah koleksi foto-foto kamu. Ada berbagai zona dalam museum ini seperti zona Alice in Wonderland, zona Amazing Road, zona Horor.

Untuk dapat menikmati koleksi di dua tempat tersebut kamu perlu mengeluarkan biaya tiket masing-masing Rp100.000 per orang dan buka setiap hari sejak pukul 10.00 hingga 19.00 WIB.

2. Allianz Ecopark

Allianz Ecopark - Tempat Wisata Asyik di Jakarta Saat Mager Keluar Kota

Allianz Ecopark adalah kawasan hasil alih fungsi Padang Golf Ancol menjadi sarana rekreasi terbaru di Jakarta yang menawarkan nilai-nilai edutainment dan petualangan dengan konsep green lifestyle di atas lahan seluas hampir 34 hektar.

Kawasan ini juga menjadi ruang terbuka hijau bagi pengunjung Taman Impian Ancol untuk bereksplorasi tentang pengetahuan botani dan aktivitas luar ruang.

(Baca juga: Boleh Ditiru Jakarta, Ini Daftar Kota Surga Bagi Pesepeda)

Ecopark ini terbagi ke dalam beberapa zona fungsi dan fasilitas berbeda antara lain Eco Care, Eco Nature, Eco Art, dan juga Eco Energy yang pada keseluruhan zona terdapat berbagai jenis tanaman pesisir dengan fungsi untuk melestarikan lingkungan hidup sehingga membuat kawasan ini teduh.

Untuk masuk ke Kawasan ini tidak  dipungut biaya, namun kamu tetap harus masuk tiket Kawasan Ancol sebesar Rp25.000. Adapun, untuk menikmati zona dan fasilitas bermain yang ada, kamu perlu membayar tiket dengan harga bervariasi setiap zonanya. Kawasan ini beroperasi setiap hari sejak pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

3. Faunaland Ancol

Faunaland Ancol - Tempat Wisata Asyik di Jakarta Saat Mager Keluar Kota

Faunaland adalah kebun binatang terbaru di Jakarta yang berlokasi di Ancol dengan luas area 5 hektare yang terdiri dari daratan dan juga perairan.

Kebun binatang ini mengusung konsep Papua yang merupakan perpaduan antara benua Asia dan Australia sehingga menghadirkan ragam satwa unik dan langka dari berbagai wilayah Indonesia, khususnya wilayah Timur Indonesia dan juga berbagai satwa dari penjuru dunia, serta flora serta seni budaya yang menarik.

Tempat wisata ini beroperasi setiap hari sejak pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB pada hari biasa dan pukul 08.00-17.00 pada hari libur dan akhir pekan. Untuk harga tiket masuknya sebesar Rp90.000 pada weekday dan Rp100.000 di weekend.

4. Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk - Tempat Wisata Asyik di Jakarta Saat Mager Keluar Kota

Taman wisata alam ini berlokasi di sekitar Pantai Indah Kapuk dan merupakan area hutan bakau yang dikelilingi perairan. Kamu bisa menggunakan perahu beserta pemandu untuk menyusuri kawasan ini lewat perairan.

Kamu bisa menikmati pemandangan hutan bakau dan fauna sekitar seperti biawak yang banyak berkeliaran dengan bebas. Kamu juga bisa menyusuri jembatan sambil menikmati kesejukan hutan bakau yang menawan.

Fasilitas di kawasan ini cukup lengkap seperti restoran, penginapan dengan gaya tradisional, dan tempat untuk menghabiskan waktu. Kamu juga bisa ikut menanam bakau dengan membeli bibit yang ditawarkan di sana.

(Baca juga: Daftar Kota Terbersih di Dunia, Jakarta Harus Belajar)

Kamu bisa berkunjung ke sana mulai dari jam 07.00 WIB hingga 18.00 WIB dan kamu cukup membayar Rp25.000 pada hari biasa dan Rp30.000 pada hari libur untuk masuk ke taman mangrove ini. Tapi, kamu akan dikenakan biaya tambahan apabila mebawa kamera DSLR untuk kepentingan dokumentasi pribadi sebesar Rp300.000 dan Rp1.500.000 untuk keperluan khusus.

Ternyata berwisata di Jakarta tidak kalah menarik dengan di luar kota ataupun luar negeri sehingga bisa menjadi opsi kamu untuk menghabiskan waktu luang.

Beberapa pengelola objek wisata baru di atas bahkan semakin mempermudah pembelian tiket untuk masuk ke tempat rekreasi yang mereka kelola dengan menggandeng marketplace besar di Indonesia. Agar biaya weekend gateway kamu lebih murah, jangan ragu untuk memanfaatkan berbagai diskon menarik yang bisa didapatkan pemegang kartu kredit PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ya.

Pilih dan ajukan kartu kredit BRI sesuai kebutuhan kamu lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.