Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Tips dan Jenis Tabungan Bebas Biaya Admin Bank

by lhmdi on 13 Maret, 2016

tips menabung - CekAja.com

Tanpa disadari menabung atau membuat layanan lainnya seperti penggunaan kartu ATM, kartu kredit hingga saat mengajukan kredit biasanya akan disertakan biaya admin bank.

Sebagai contoh sederhana, tabungan misalnya pastinya akan memberikan biaya admin yang beragam dan disesuaikan dengan beragam syarat ketentuan dari pihak bank. Nah! Dari sekian banyak jenis produk tabungan, masyarakat atau nasabah biasanya akan mencari bank yang memberikan layanan gratis biaya admin.

Kali ini, CekAja.com akan berbagi tentang produk bank serta tabungan yang memberikan kemudahan dalam biaya admin, bahkan terhitung gratis! Apa saja ya jenis produknya?

  1. Tabunganku

Tabunganku merupakan sebuah program yang dijalankan pemerintah bersama pihak bank untuk menarik minat masyarakat menabung di bank. Bank Indonesia atau BI sebagai pengayom bank-bank yang ada Indonesia memberikan kesempatan kepada nasabah untuk membuka rekening tabungan di bank yang sudah bekerjasama dengan layanan bebas biaya admin. Beberapa bank yang bekerjasama diantaranya adlaah BCA, BRI Bank Mandiri, hingga BNI.

  1. Permata Tabungan Bebas

Berikutnya adalah layanan dari tabungan bank Permata yang diberi nama “Tabungan Bebas” Tabungan ini memberikan layanan bebas biaya admin bank jika seorang nasabah mampu menjaga nominal saldonya diangka Rp. 5.000.000 setiap bulannya. Tentunya hal ini sangat baik bagi kamu yang rajin menabung, ditambah lagi, biaya admin yang diberikan pun tidak ada alias gratis!

Untuk membuka rekening di tabungan bebas kamu harus menyiapkan setoran awal sebesar Rp 250.000, terlebih dahulu.

  1. Danamon LEBIH

Bank Danamon pun tidak ketinggalan memberikan layanan bebas biaya admin bank melaui tabungannya. Salah satunya adalah dengan produk yang diberi nama Danamon Lebih. Jika seorang nasabah memilih produk ini maka Danamon tidak tidak akan membebankan biaya administrasi bulanan sepeser pun!

Nilai plusnya, tabungan ini memberikan keuntungan berupa asuransi jiwa senilai Rp100.000.000 untuk enam bulan pertama, dan bahkan kamu bisa mendapatkan Cashback untuk pembelanjaan produk-produk tertentu lhoh.

  1. CIMB Niaga AirAsia Savers

Terakhir adlaah CIMB yang bekerjasama dengan layanan maskapai penerbangan Air Asia membuka layanan tabungan yang diberi nama CIMB Niaga AirAsia Savers. Produk tabungan ini juga memberikan bebas biaya admin secara bulanan.

Agar kamu bisa menggunakan layanan ini maka kamu harus membuka rekening terlebih dahulu dengan saldo awal sebesar Rp 100.000. Keuntungannya CIMB Niaga memberikan layanan berupa saldo minimum sebesar Rp 50.000 serta fasilitas langsung berupa kartu ATM, internet banking hingga mobile banking. Lantas, bank dengan biaya bulanan termurah, biasanya mengurangi biaya admin bank. Contohnya biaya administrasi bank bri, dan potongan bulanan bank bni, serta potongan bank bca dan potongan bulanan bank mandiri.

Tips Bebas Biaya Admin Bank

Selain daftar bank yang memberikan layanan bebas biaya admin setiap bulannya, CekAja.com juga akan memberikan beberapa tips yang dapat dimaksimalkan agar kamu terbebas biaya admin di setiap transaksinya.Berikut beberapa diantaranya:

  1. Menghindari transfer antara bank bisa bisa menjadi solusi awal agar kamu tidak terkena biaya admin. Rata-rata bank biasanya akan menarik biaya tertentu jika kamu menggunakan layanan transfer antara bank.

Jika ingin mentransfer kepada teman, saudara atau keluarga, usahakan sebisa mungkin menggunakan layanan bank yang sama, agar terhindar dari beban biaya admin.

  1. Terlalu sering mencari informasi jumlah saldo tabungan di mesin ATM dengan memilih layanan “informasi saldo” juga bisa menambah beban biaya admin yang diberikan kepada tabunganmu. Beberapa bank seperti BCA misalnya akan membebankan biaya khusus jika nasabah ingin mengetahui informasi saldo yang tersisa di tabungannya.
  1. Tarik tunai di bank yang sesuai dengan kartu ATM juga bisa menjadi pilihan. Beberapa bank saat ini sudah membuat jaringan ATM bersama, Prima atau Alto untuk memudahkan nasabah bisa menarik uang di mesin ATM mana pun. Namun, cara ini biasanya akan membuat kamu terbebani dengan biaya admin bank yang dikenakan secara langsung. Oleh karena itu, hindari tarik tunai di mesin ATM yang berbeda dari tabungan kamu sendiri ya!

 

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.