Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Irit Gunakan Mobil Pribadi untuk Traveling

by Rafly Aditia on 1 Maret, 2016

traveling hemat _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Mulai dari cara mengisi BBM, cara mengemudi, jumlah orang yang akan ikut jalan-jalan, sampai alat keamanan yang mesti dibawa, semuanya bisa membuat kamu lebih irit saat melakukan traveling dengan mobil pribadi. Banyak lagi daftar lengkap lainnya.

Bila tidak bisa mengaturnya, pergi jalan-jalan dengan menggunakan mobil pribadi memang sering dianggap menghabiskan uang. Namun sebenarnya hal tersebut bisa dibantahkan asal kamu melakukan beberapa trik dan tips yang dapat membuat biaya traveling menggunakan mobil pribadi menjadi lebih irit. Mau tahu apa saja tips agar pergi traveling menggunakan mobil menjadi lebih irit? Berikut 5 tips yang harus kamu lakukan pada saat pergi traveling dengan mobil pribadi biar lebih irit;

Isi bensin penuh saat malam hari

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengirit pengeluaran pada saat traveling dengan menggunakan mobil pribadi adalah mengisi bensin secara penuh pada malam hari. Mengapa harus penuh dan malam hari? Simpel saja, karena akan membuat pembakaran menjadi lebih lancar dan irit.

Kalau kamu mengisi bensin pada malam hari kadar gas akan menjadi lebih kecil sehingga cairan bensin yang ada dalam tangki mobil kamu menjadi lebih banyak, dan pembakaran akan menjadi lebih lancar namun irit dibandingkan mengisi bensin pada saat siang hari dimana kadar gas bensin lebih banyak daripada cairan.

Pergi sama teman

Jalan-jalan bersama teman akan menciptakan kesan tersendiri dan pastinya lebih menyenangkan dibandingkan pergi sendiri. Bukan hanya itu, pergi bersama teman juga akan membuat pengeluaran lebih irit dibandingkan kamu harus pergi sendiri.

Misalnya uang bensin mobil saat sendiri menghabiskan 350 ribu rupiah untuk satu kali isi bensin secara penuh, apabila pergi bersama 4 teman saja maka kamu dan teman masing-masing cukup mengeluarkan uang sebesar 70 ribu rupiah saja. Lebih irit 280 ribu rupiah dibanding pergi sendiri. Itu baru soal bensin, belum soal makan dan akomodasi lainnya loh. (Baca juga: Tidak Perlu Jauh-jauh ke Eropa, Kamu Bisa Melihat Salju di Beberapa Kota Ini)

Beberapa jam sekali gantian mengemudi

Ada baiknya pada saat pergi jalan-jalan sama teman untuk mencari teman lain yang bisa mengemudi. Hal ini akan sangat membantu, karena apabila perjalanan yang dilakukan cukup jauh dan memakan waktu yang lama selama beberapa jam kamu bisa bergantian mengemudi.

Apa hubungannya dengan irit? Kalau kamu mengemudi sendiri selama beberapa jam atau beberapa hari maka kamu akan sering berhenti untuk setidaknya makan dan membeli camilan, pasti uang yang dikeluarkan menjadi lebih banyak sementara kalau bergantian mengemudi kamu tidak perlu sering-sering memberhentikan kendaraan.

Belum lagi kalau mengemudi sendiri terlalu lama maka resiko kecelakaan menjadi lebih besar. Kalau sudah kejadian hal yang satu ini setiap hal akan mengalami kerugian termasuk finansial, kecuali kamu sudah memiliki asuransi yang mengcover apabila terjadi kecelakaan pada diri kamu dan mobil kamu.

Widget TRV Insurance

Bawa camilan secukupnya saja

Salah satu biaya yang cukup memberatkan keuangan pada saat pergi traveling adalah biaya membeli makanan atau camilan. Ya, maka dari itu bawalah camilan secukupnya saja. Tidak usah berlebihan karena pada saat traveling kamu nantinya akan lebih sering menghabiskan waktu untuk bersenang-senang menikmati keindahan tempat wisata. (Baca juga: Kenali Berbagai Jenis Investasi Agar Keuanganmu Cerah di Masa Depan)

Jangan lupa bawa dongkrak dan kawan-kawan

Ada hal penting yang tidak boleh dilupakan, yaitu membawa dongkrak dan kawan-kawannya. Kenapa demikian? Jadi, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan kamu bisa menanganinya sendiri, tidak perlu untuk menyewa jasa derek mobil dan sebagainya kalau memang belum benar-benar dibutuhkan. Ini pastinya akan membuat pengeluaran menjadi lebih irit bukan?

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami