Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Tips Memanfaatkan Kartu Kredit Agar Tidak Boros

by Rafly Aditia on 27 September, 2016

kartu kredit ditolak _ kartu kredit - CekAja.com

Punya kartu kredit memang bisa menguntungkan secara finansial. Tetapi, kalau tidak bijak dalam menggunakannya, kartu kredit bisa jadi mimpi buruk yang membuat situasi keuangan berantakan.

Maka dari itu, kartu kredit haruslah digunakan dengan bijak dan benar. Berikut ini 6 tips memanfaatkan kartu kredit yang benar:

Daftar kartu kredit yang berikan gratis iuran tahunan

Biasanya, bank kerap kali memberikan promo kartu kredit berupa gratis iuran mulai dari bebas iuran satu tahun, tiga tahun, atau bahkan sampai seumur hidup. Coba cari kartu kredit yang memberikan keuntungan ini dan manfaatkan dengan maksimal.

(Baca juga: 7 Kesulitan Finansial yang Sering dialami Kelas Menengah yang Susah Kaya)

Sesuaikan dengan kebutuhan

Setiap kartu kredit memiliki fitur khusus yang berbeda-beda. Maka dari itu, miliki kartu kredit yang paling menunjang kebutuhanmu. Misalnya, kamu senang jalan-jalan, maka pilih kartu kredit yang sering memberikan promo traveling. Sementara kalau kamu suka pergi makan di restoran, cari kartu kredit yang menawarkan diskon makan di restoran.

Bandingkan produknya

Demi mendapatkan pilihan yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhanmu, maka kamu wajib melakukan perbandingan kartu kredit. Tanpa perlu repot dan pusing, kamu bisa membandingkan setiap kartu kredit dan memilih yang lebih sesuai serta cocok dengan serta kebutuhan melalui Cekaja.com.

Segera tutup kartu kredit tak terpakai

Memiliki lebih dari dua kartu kredit bisa dibilang kurang bijak. Apalagi kalau sampai ada beberapa kartu kredit yang hanya diam di dompet dan tak terpakai. Dibanding kamu harus mengeluarkan iuran tahunan yang jumlahnya tidak sedikit, lebih baik segera tutup kartu kredit tersebut.

Hindari pembayaran minimal

Hindari pembayaran cicilan minimal agar pengguna kartu kredit tidak boros. Sebab, akan ada bunga yang dikenakan bila kamu melakukan pembayaran seperti ini. Jadi, mulai sekarang lakukan pelunasan cicilan setiap tagihan kartu kredit datang.

(Baca juga: Awas, 4 Kata Ini bisa Bikin Wawancara Kerjamu Berantakan)

Pakai tenor pendek

Apabila ingin membeli sesuatu dengan kartu kredit, sebaiknya kamu pilih tenor pendek. Memang nominal cicilan per bulan yang harus dibayar jadi lebih besar, tapi apabila diakumulasikan jumlah yang harus kamu bayarkan jauh lebih kecil dibanding tenor jangka panjang.

Mau kartu kredit yang berikan diskon belanja bahkan cashback hingga 25%? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami