Tips Membeli Kebutuhan Menjelang Puasa, Hemat Saat Corona

3 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Masih merebaknya virus corona di bulan Ramadhan membuatmu harus bijak mengatur alokasi dana belanja. Simak beberapa tips membeli kebutuhan menjelang puasa berikut ini agar kondisi keuanganmu tetap stabil.

Tips Membeli Kebutuhan Menjelang Puasa

Alasan Kamu Wajib Hemat Selama Pandemi Corona

Walau beberapa pekerjaan kantor bisa dikerjakan di rumah dan gaji tetap mengalir ke dompetmu, kamu tetap wajib berhemat selama pandemi corona berlangsung.

Bukan rahasia lagi kalau merebaknya corona membuat perekonomian negara dan warganya menjadi tersendat. Banyak pekerja yang dirumahkan.

Hal ini terjadi karena penerapan physical distancing, yang menyebabkan lesunya daya beli masyarakat. Sehingga perusahaan pun terus merugi dan terpaksa memotong jumlah karyawan.

Tidak ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir, sebab semua kemungkinan masih bisa terjadi. Begitu juga dengan status pekerjaan dan kondisi keuanganmu. Jadi, lebih baik jika kamu bijak dalam mengatur pengeluaran.

Tips Membeli Kebutuhan Menjelang Puasa

1. Buat Daftar Belanja

tips membeli kebutuhan menjelang puasa yang pertama adalah dengan membuat daftar belanja. Hal ini berguna agar kamu tahu kebutuhanmu di rumah, sehingga mencegah membeli barang yang tidak terlalu diperlukan.

Daftar belanja juga membantu mu terhindar dari panic buying alias membeli barang dalam stok sangat banyak karena khawatir stok akan kosong di kemudian hari. Sebab kamu hanya akan membeli barang sesuai jumlah yang dibutuhkan sesuai daftar tersebut.

Dengan mencatat kebutuhan di rumah, kamu juga akan lebih hemat waktu saat berbelanja di swalayan atau toko. Sehingga kamu enggak perlu berlama-lama di luar rumah.

2. Beli Barang yang Sangat Dibutuhkan Dulu

Saat mencatat daftar belanja, pastikan kamu hanya beli kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan. Seperti bahan makanan, kebutuhan kebersihan, air minum, dan lain sebagainya.

Membeli dalam jumlah yang wajar juga perlu diterapkan, sebab bukan hanya kamu yang membutuhkan barang tersebut.

Kebutuhan tersier atau barang dan jasa yang sifatnya tidak darurat sebaiknya dicoret dari daftar belanja.

3. Tunda Belanja Baju Baru

Di tahun-tahun sebelumnya, masa menjelang puasa maupun menjelang lebaran, orang-orang pasti sibuk berbelanja baju baru. Tapi, tahun ini sebaiknya kamu tidak terlalu memusingkan kebutuhan tersebut. Tetap utamakan kebutuhan makanan secukupnya.

(Baca Juga: Tips Bebas Corona di Transportasi Umum)

4. Utus Satu-Dua Orang yang Pergi Berbelanja

Sesuai dengan anjuran pemerintah yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kamu disarankan untuk hanya bepergian di saat kebutuhan mendesak, dan pergi dengan tidak lebih dari lima orang.

Maka dari itu, utus satu atau dua orang saja untuk pergi berbelanja. Ini adalah salah satu tips membeli kebutuhan menjelang puasa yang wajib diterapkan.

Namun jika kamu memilih berbelanja sendiri, pastikan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain dan jagalah kebersihan diri. Jangan lupa pakai masker juga!

5. Belanja di Pedagang Kecil Lebih Bermanfaat

Jika memungkinkan, kamu juga bisa membeli barang belanjaan secara online atau membeli di toko maupun pedagang kecil.

Sebab seperti yang kita ketahui, pendapatan mereka kian menurun saat pandemi corona ini. Tak ada salahnya jika kamu sekalian membantu mereka di bulan yang penuh berkah.

Untuk jasa pengiriman, kamu juga bisa menggunakan jasa ojek online. Selain memenuhi kebutuhan sendiri, kamu juga membantu mereka mendapatkan pendapatan di masa sulit ini.

6. Manfaatkan Diskon dan Promo

Pandemi corona membuat sektor perdagangan sepi pembeli. Oleh karenanya sebagian toko online dan e-commerce menyediakan diskon dan promo. Ini lah tips membeli kebutuhan menjelang puasa lainnya.

Dengan tujuan menghemat, enggak ada salahnya untuk selalu mengecek kesediaan diskon dan promo menarik tersebut.

Misalnya, promo dari e-wallet tertentu seperti GoPay, OVO, Dana. Atau produk-produk diskon dari flash sale Shopee, Tokopedia, ataupun promo menarik dari pembayaran dengan kartu debit dan kartu kredit bank-bank tertentu.

7. Ingat Untuk Selalu Hemat

Menerapkan ke-enam tips membeli kebutuhan menjelang puasa di atas harus selaras dengan pemikiran untuk berhemat. Walau tersedia diskon dan promo, kamu jangan terbuai dengannya hingga kalap belanja.

Jika perusahaan masih memberikan gaji dan tunjangan penuh, gunakan dengan bijak. Jangan dihambur-hamburkan, apalagi jika kamu selama ini tidak memiliki dana darurat.

Bayar berbagai kebutuhan puasa kini lebih mudah dengan kartu kredit. Berbagai kartu kredit dengan bunga yang kompetitif bisa kamu bandingkan dan ajukan melalui CekAja.com. Yuk, mulai cek sekarang!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah