Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

5 Tips Memilih Maskapai Penerbangan yang Aman dan Nyaman

by Miftahul Khoer on 30 Oktober, 2018

Insiden pesawat jatuh di Indonesia bukanlah kabar baru. Dalam 10 tahun terakhir, banyak peristiwa pesawat jatuh baik disebabkan human error, kerusakan mesin hingga faktor alam. Terbaru, pesawat jatuh dialami oleh maskapai penerbangan Lion Air pada Senin kemarin.

Ini 5 Tips Memilih Maskapai Penerbangan yang aman dan nyaman

Memang, sebuah bencana tidak ada yang bisa memprediksi. Namun, Anda selaku penumpang pesawat bisa mengupayakan semaksimal mungkin untuk menghindari kecelakaan dengan memilih maskapai yang baik. Berikut tips memilih maskapai penerbangan yang aman dan nyaman yang bisa Anda lakukan sebelum terbang.

Pilih maskapai penerbangan yang bereputasi baik

Cukup mudah memilih maskapai penerbangan yang paling baik dari yang baik di Indonesia atau maskapai luar sekalipun. Anda bisa melakukan pencarian di berbagai sumber yang bisa didapat di internet.

Maskapai yang memiliki reputasi tinggi bisa dilihat dari manajemen perusahaan hingga kualitas dan performa maskapai. Semakin baik manajemen perusahaan, maka semakin baik pula tanggung jawabnya terhadap penumpang.

Termasuk, bagaimana cara manajemen perusahaan merekrut para pegawai profesional untuk bisa melayani para pelanggannya. Sebuah sumber menyebutkan kecelakaan pesawat sebagian besar disebabkan oleh kesalahan pilot.

Banner Kartu Kredit Oktober 2018

Pilot dan awak kabin profesional

Bagaimana mengetahui cara kerja pilot dan awak kabin yang profesional? Mudah saja. Anda bisa mengakses informasi yang banyak beredar terkait penghargaan maskapai terbaik yang setiap tahunnya dilakukan oleh sebuah lembaga yang fokus pada dunia transportasi dan penerbangan.

Nah, terdapat maskapai di Indonesia yang sering terpilih sebagai maskapai terbaik dari sisi layanan awak kabinnya. Penilaian ini bisa menjadi referensi Anda untuk memilih mana maskapai aman dan nyaman yang bisa digunakan sebagai alat transportasi Anda.

Indikator pilot dan awak kabin yang profesional bisa diihat dari jam terbang mereka. Bisa juga dilihat dari cara para awak kabin melayani penumpang. Semakin tegas awak kabin mengingatkan tentang keamanan dan keselamatan penumpang, semakin baik kinerja mereka.

Maka, maskapai yang memiliki pilot dan kru inilah yang bisa Anda pilih jika suatu saat Anda hendak bepergian menggunakan pesawat.

(Baca juga: Jangan Bercanda Soal Bom di Pesawat Jika Tak Ingin Masuk Penjara)
Riwayat keamanan penerbangan

Setiap maskapai punya rekam jejak penerbangan masing-masing. Tentu Anda bisa mencari tahu maskapai mana saja yang tingkat keamanannya paling baik.

Dari sekian banyak maskapai di Indonesia atau maskapai luar negeri sekalipun, Anda bisa cek maskapai mana yang pernah mengalami delay, gagal terbang, gagal mendarat hingga pesawat terjatuh.

Anda bisa memilih masakapai yang tidak pernah sama sekali mengalami kecelakaan atau minimal paling minim tingkat kecelakaannya. Riwayat ini bisa menjadi rujukan bagi Anda yang ingin memilih maskapai yang aman dan nyaman.

(Baca juga: Cara Beli Tiket Pesawat Murah yang Sudah Terbukti Penelitian)
Harga

Harga tak mungkin berbohong. Istilah ini bisa Anda percayai atau tidak. Tapi setidaknya ketika Anda akan memilih maskapai penerbangan yang aman dan nyaman, istilah tadi bisa jadi rujukan.

Memang saat ini banyak maskapai yang menawarkan harga tiket terjangkau yang memungkinkan banyak orang bisa menggunakan pesawat. Namun, keamanan dan kenyamanan pesawat adalah yang utama.

Artinya, sebuah maskapai tidak mungkin memberikan harga mahal jika pelayanannya tidak baik dari maskapai lain yang harganya murah. Maka dari itu, pilihlah maskapai yang harga tiketnya sedikit lebih mahal tapi tingkat keamanan dan kenyamanannya terjamin.

Testimoni penumpang lain

Tips terakhir yang paling mudah saat memilih maskapai penerbangan yang aman dan nyaman adalah mengetahui testimoni penumpang lain.

Misalnya, Anda bisa bertanya kepada saudara, kerabat, teman atau pihak lainnya tentang maskapai apa yang paling baik yang pernah mereka gunakan.

Biasanya, setiap penumpang yang pernah menggunakan maskapai pasti punya pengalaman. Mereka bisa merasakan bagaimana fasilitas pesawat, pelayanan kru pesawat hingga cara pilot menerbangkan pesawat.

Testimoni-testimoni tersebut bisa menjadi rujukan bagi Anda dalam memilih maskapai mana yang cocok, aman dan nyaman untuk Anda saat bepergian nanti.

Intinya, pilihlah maskapai yang benar-benar bekerja profesional melayani dan fokus terhadap keamanan dan kenyamanan seluruh penumpang serta kru pesawat. Nah, cukup mudah bukan tipsnya?

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.