Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

10 Tujuan Wisata Wajib Dikunjungi Tahun 2020 di Indonesia

by Vera Khairifah on 1 Maret, 2020

Tahun baru, semangat baru. Awal tahun 2020 ini waktu yang pas untuk merencanakan agenda liburan tahunan. Masih bingung mau kemana? Beberapa tujuan wisata wajib dikunjungi tahun 2020 ini mungkin bisa menjadi referensi mu.

10 Tujuan Wisata Wajib Dikunjungi Tahun 2020 di Indonesia

Kamu mungkin sudah mengetahui nama-nama tujuan wisata mainstream yang sering dibahas banyak media. Misalnya Kepulauan Seribu, Bunaken, Pulau Komodo, Raja Ampat, dan lain sebagainya. Namun, bagaimana dengan 10 tempat ini?

1. Pantai Gigi Hiu (Lampung)

Pantai Gigi Hiu Lampung - Tujuan Wisata Wajib Dikunjungi Tahun 2020 di Indonesia

Pantai Pegadungan atau Pantai Gigi Hiu adalah pantai yang terletak di Kecamatan Kelumbayan, Tanggamus, Lampung. Batu-batu karang yang timbul dengan bentuk runcing menyerupai gigi akan memanjakan mata. Sulit menemukan pemandangan ini di tempat lain.

Tujuan wisata wajib dikunjungi tahun 2020 ini sangat pas dikunjungi sore hari untuk melihat sunset. Dengan menggunakan perahu warga lokal, kamu juga bisa menyusuri laut sekitar untuk melihat lumba-lumba jika beruntung.

2. Danau Kaolin (Belitung)

Danau Kaolin Belitung - Tujuan Wisata Wajib Dikunjungi Tahun 2020 di Indonesia

Siapa sangka, danau dengan warna biru dan hijau kekuningan ini terbentuk karena bekas dijadikan lokasi tambang. Tak hanya keindahan warna airnya, area sekitar Danau Kaolin juga dikelilingi daratan berwarna putih.

Enggak terlalu sulit untuk mengunjungi tujuan wisata wajib dikunjungi tahun 2020 ini. Sebab kamu hanya perlu berkendara 16 menit saja dari Bandara Belitung H.A.S. Hanandjoeddin.

(Baca Juga: Mengenal Pengertian dan Perbedaan Asuransi Perjalanan Syariah)
3. Goa Gong (Pacitan)

Goa Gong Pacitan - Tujuan Wisata Wajib Dikunjungi Tahun 2020 di Indonesia

Goa Gong disebut-sebut sebagai goa terindah di Asia Tenggara. Goa ini terbentuk dari mineral sekunder formasi stalaktit dan stalakmit atau jenis batu tetes (dripstone). Tak tanggung-tanggung, panjang goa ini sekitar 256 meter.

Terdapat ruangan kubah raksasa dengan lebar 15 meter hingga 40 meter dan tinggi antara 20 meter sampai 30 meter, dan Panjang 100 meter. Untuk menuju ke sini, kamu harus berkendara selama 40 menit dari pusat Kota Pacitan, Jawa Timur.

4. Brown Canyon (Semarang)

Brown Canyon Semarang - Tujuan Wisata Wajib Dikunjungi Tahun 2020 di Indonesia

Tujuan wisata wajib dikunjungi tahun 2020 ini adalah hidden gem di Semarang, Jawa Tengah. Tebing bebatuan dengan bentuk lekukan berbeda-beda membuatnya terlihat eksotis. Untuk menuju ke sini, kamu bisa berkendara dengan mobil selama 40 menit dari pusat Kota Semarang.

5. Umbul Waru (Blitar)

Umbul Waru Blitar - Tujuan Wisata Wajib Dikunjungi Tahun 2020 di Indonesia

Pemandangan pantai dengan pasir yang luas, air laut yang biru, serta air terjun yang langsung jauh ke bibir pantai bisa kamu nikmati di Pantai Umbul Waru. Letaknya berada di Desa Kalibawang, Sidomulyo, Bakung, Blitar, Jawa Timur.

Selain indah, pantai ini juga masih sepi pengunjung. Sehingga cocok untuk kamu yang mau liburan di tempat yang damai.

6. Tebing Koja Kandang Godzilla (Banten)

Tebing Koja Kandang Godzilla Banten - Tujuan Wisata Wajib Dikunjungi Tahun 2020 di Indonesia

Mencari tujuan wisata wajib dikunjungi tahun 2020 enggak usah jauh-jauh dari Ibu Kota. Kamu bisa datang ke daerah Maja, Banten. Area bekas tambang pasir ini memiliki pemandangan tebing kecokelatan yang indah, serta genangan air yang membentuk seperti danau kecil.

Kamu bisa datang ke sini dengan menggunakan Kereta Commuter Line (KRL) jurusan Tanah Abang – Rangkasbitung, lalu turun di Stasiun Maja. Kemudian lanjut dengan taksi online dengan jarak kurang dari 5 kilometer.

7. Pantai Ngetun (Yogyakarta)

Pantai Ngetun Yogyakarta - Tujuan Wisata Wajib Dikunjungi Tahun 2020 di Indonesia

Area Selatan Yogyakarta memang memiliki beberapa pantai indah, salah satunya Pantai Ngetun. Akses menuju tujuan wisata ini agak sulit, karena dikelilingi oleh bukit-bukit dengan tanaman liar yang tumbuh subur.

Tapi begitu kamu sampai, keindahan pasir putih dan birunya air laut akan menghilangkan rasa Lelah. Lokasinya sekitar 73 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

8. Leuwi Hejo (Bogor)

Leuwi Hejo Bogor - Tujuan Wisata Wajib Dikunjungi Tahun 2020 di Indonesia

Satu lagi tujuan wisata wajib dikunjungi tahun 2020 yang dekat dengan Kota Jakarta. Leuwi Hejo adalah air terjun yang berlokasi di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Sesuai namanya, air di sini sangat jernih berwarna kehijauan.

Asyiknya, kamu tak perlu membayar biaya masuk untuk datang ke Leuwi Hejo. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir saja.

9. Pantai Koka (Maumere)

Pantai Koka Maumere - Tujuan Wisata Wajib Dikunjungi Tahun 2020 di Indonesia

Pantai ini berlokasi di antara Jalan Trans Flores, dari Maumere menuju Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tujuan wisata wajib dikunjungi tahun 2020 ini memiliki akses yang mudah, sudah beraspal.

Ketika sampai ke Pantai Koka, kamu harus membayar biaya masuk kendaraan Rp10.000 untuk mobil, dan Rp5.000 untuk motor. Kemudian kembali membayar biaya parkir dengan nominal yang sama.

Pantai Koka terbilang luas, lengkap dengan keindahan bukit-bukit dan bebatuan besar yang indah.

(Baca Juga: Beberapa Pengecualian Asuransi Perjalanan Ini Wajib Diketahui)
10. Pantai Pasir Putih Biduk-Biduk (Berau)

Pantai Pasir Putih Biduk-Biduk Berau - Tujuan Wisata Wajib Dikunjungi Tahun 2020 di Indonesia

Salah satu pantai di kawasan Giring-giring, Berau, Kalimantan Timur, ini memiliki pemandangan pasir putih, air laut yang berwarna biru terang, dan pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi. Siapapun pasti menyukainya!

Datang ke sini lebih mudah dengan penerbangan pesawat menuju Bandara Kalimarau di Tanjung Redeb di Berau. Lalu lanjut dengan perjalanan darat selama hampir 7 jam. Cukup jauh memang, namun sangat worth it dengan pemandangan yang akan kamu lihat.

Jalan-jalan ke tujuan wisata wajib dikunjungi tahun 2020 kini makin mudah dilakukan dengan promo kartu kredit khusus para traveler. Cek info dan cara pengajuan mudah kartu kredit secara online melalui CekAja.com!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast