Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Yuk Mengenal Virtual Asisstant di Dunia Perbankan

by Sindhi Aderianti on 27 November, 2018

Dunia perbankan dan virtual assistant adalah dua hal yang tak mungkin terpisahkan. Terutama di era serba canggih seperti sekarang. Bank-bank besar di Indonesia sendiri telah memiliki robot AI atau artificial intelligence dalam melayani para nasabahnya. Melalui teknologi bernama chatbot, nasabah akan dibantu dengan menjawab segala pertanyaan hingga complain seputar layanan perbankan.

Kecerdasan Buatan (Artifical Intelligence)

Sebagai informasi, chatbot adalah program komputer yang dapat berkomunikasi dalam format percakapan dan dirancang untuk dapat mensimulasikan percakapan dan interaksi manusia. Ada dua jenis chatbot, fungsi pertama berdasarkan pada seperangkat aturan, dan versi yang lebih canggih lainnya menggunakan learning machine.

Chatbot yang berfungsi berdasarkan aturan hanya dapat memberi respon kepada perintah yang spesifik dan tingkat kecanggihannya disesuaikan dengan programnya.

Apa saja bank yang sudah memakai virtual assistant ini? Uniknya, mereka memberi nama seperti manusia untuk masing-masing asisten virtual yang dimiliki. Berikut ulasan lengkapnya:

(Baca juga: Mengenal Artificial Intelligence di Industri Finansial!)

1. Sabrina (BRI)

Jika dulu nasabah harus mengantre untuk mendapat layanan dari bank, kini chatting bersama Sabrina saja sudah cukup mewakilinya. Mengenai cara kerja penggunaannya, Sabrina tentunya akan menebar keramahan kepada setiap nasabah layaknya customer service.

Selain itu, Sabrina juga akan memberi beragam informasi mengenai promo, kegiatan, dan produk Bank BRI, mengarahkan lokasi Kantor Cabang BRI/ATM/top Brizzi, serta melayani aduan nasabah.

Adapun layanan chatbot yang lazim digunakan saat ini terbagi menjadi 2 kategori dalam Sabrina ini. Pertama chatbot yang menawarkan percakapan layaknya manusia karena diperkaya begitu banyak pola small talk.

Kedua, layanan chatbot yang berperan sebagai media penjualan produk karena lebih menyuguhkan carousel gambar dan button menu yang dapat dipilih oleh nasabah,

(Baca juga: Pertumbuhan Kredit Perbankan Kian Gemilang, Cek Yuk!)

2. VIRA (BCA)

Bank BCA pun tak kalah serius dalam menggarap teknologi terdepan untuk layanan perbankannya.  Ini dibuktikan dengan dirilisnya VIRA, asisten virtual untuk para nasabah bank BCA.

Nasabah bisa menggunakan VIRA melalui 3 aplikasi chatting, yakni Kaskus Chat, Facebook Messenger, dan LINE. Hanya chatting dengan VIRA, nasabah bisa melakukan berbagai macam transaksi perbankan seperti cek saldo rekening, mutasi rekening, kurs paling update, mengetahui info lokasi ATM, promo terbaru, kartu kredit, hingga apply kartu kredit atau KPR.

Untuk menikmati layanan VIRA dari Bank BCA ini, nasabah hanya perlu mendaftarkan nomor ponsel di ATM BCA, lalu akses menu e-banking untuk mendapatkan One Time Password (OTP), dan buat akun resmi BCA melalui salah satu aplikasi chatting tadi.

Banner Kartu Kredit Oktober 2018

3. Cinta (BNI)

Mengikuti perkembangan zaman, BNI turut mengeluarkan virtual assistant yang bernama Cinta. Unik sekali, bukan? Teknologi chatbot yang dilengkapi oleh natural language processing (NLP), membuat Cinta dapat bercakap dengan bahasa kasual sehingga masyarakat merasa seperti sedang chatting dengan manusia.

Untuk saat ini, Cinta hadir di beberapa aplikasi chatting dan media sosial terpopuler, yaitu Facebook messenger, Twitter dan LINE.

Fitur-fiturnya mencakup informasi seputar produk layanan BNI, program promosi BNI, locator (ATM, Cabang BNI dan Agen 46).  Fitur ini akan segera dikembangkan dengan pelayanan perbankan seperti pembukaan rekening, pembayaran/pembelian, akses layanan permodalan bagi usaha kecil dan menengah, serta produk layanan lain seperti asuransi, kartu kredit, dan pinjaman nasabah.

(Baca juga: Fintech Dinilai Tak Akan 'Ganggu' Perbankan, Cek Faktanya!)

4. Mita (Bank Mandiri)

Khusus nasabah Mandiri, virtual assistant bernama Mita juga hadir untuk memudahkan setiap kegiatan perbankan. Dibuatnya layanan ini tak lain karena meningkatnya interaksi melalui contact center seperti email dan media sosial yang tidak terbendung.

Di layanan e-mail dan media sosial sendiri, tercatat jumlah nasabah yang mengajukan permintaan informasi mencapai 51 persen, permintaan bantuan 28 persen dan keluhan 21 persen.

Mita adalah chatbot yang berfungsi sebagai customer service virtual yang dapat melayani nasabah, selama kurang lebih 7 x 24 jam.

Jadi, nasabah cukup mengakses Mita melalui aplikasi chatting telepon seluler, seperti aplikasi LINE, Facebook Messenger, dan Telegram. Lalu semua permintaan tadi pun dapat terjawab lebih cepat dari biasanya.

(Baca juga: Mengenal Bunga Anuitas dalam Kredit Perbankan)

5. Aisyah (Bank Syariah Mandiri)

Aisyah merupakan asisten interaktif yang dapat memberikan informasi produk dan layanan PT Bank Syariah Mandiri  kepada nasabahnya. Dikemas dalam bentuk chatbot, Aisyah diciptakan dengan visi  costumer oriented.

Lewat Aisyah, nasabah Mandiri Syariah dapat berkomunikasi selama 7×24 jam melalui platform media sosia dan messaging apps seperti Telegram, Facebook Messenger dan livechat di website corporate Mandiri Syariah.

Dengan berkembangnya telepon seluler, layanan teknologi setiap bank juga perlu untuk terus ditingkatkan. Seperti hadirnya layanan chatbot yang diusung keempat bank di atas. Terlebih, layanan virtual assistant ini merupakan terobosan digitalisasi perbankan yang dinilai lebih efisien, baik dari sisi bank maupun nasabah. Nasabah dapat menghemat biaya pulsa yang biasanya digunakan untuk menghubungi call center. Untuk bank, beban call center akan sedikit berkurang sehingga pengaduan dari nasabah bisa cepat ditindaklanjuti.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami