Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Jenis Olahraga Ini Paling Banyak Membakar Lemak Tubuh

by Ariesta on 13 Agustus, 2016

Prinsip dasar menurunkan berat badan adalah dengan membakar kalori lebih banyak daripada yang dikonsumsi. Olahraga adalah aktivititas yang paling efektif dalam membakar kalori. Dan jumlah kalori yang terbakar  tergantung dari berat badan, jenis dan intensitas olahraga, serta daya tahan fisik.

Lari, jalan kaki, berenang, dan bersepesa dikenal sebagai olahraga sederhana yang bagus untuk jantung dan bisa membuat tubuh langsing. Tapi berapa sebenarnya kalori yang terbakar? Dengan asumsi kamu berjenis kelamin pria, berusia 27 tahun, memiliki berat badan 60 kg, dan tinggi badan 170 cm, berikut olahraga yang membakar kalori paling banyak dalam waktu 30 menit.

Berlari

Kalori yang terbakar saat berlari dengan kecepatan 10 mph (mil per jam) dengan 1 mil = 1.609 meter, bisa membakar kalori sebanyak 490 kalori. Jika minimal kalori yang terkandung dalam mie goreng instan minimal 410 kalori, ini artinya kamu harus berlari lebih dari setengah jam untuk membakarnya. (Baca juga: Empat Kebiasaan Buruk Saat Berolahraga yang Bisa Bikin Masa Pensiun Rentan Penyakit)

Bersepeda

Bersepada kembali populer dengan makin gencarnya kampanye bike to work yang digalangkan pemerintah. Dengan bersepeda selama 30 menit dari kantor ke rumah dengan kecepatan 14-16 mph, kamu bisa membakar hinggga 299 kalori. Jika  saat makan siang kamu makan 200 gram nasi dengan jumlah kalori 270 kalori, bersepada cukup efektif untuk menjaga berat badan.

Bermain basket

Mie goreng instan ditambah nasi putih memang mengenyangkan. Tapi kombinasi ini dipandang buruk dari sisi gizi. Selain kurang serat, satu porsi mie goreng ditambah sepiring nasi bisa mengandung 450 kalori. Ini artinya bermain basket selama 30 menit saja tidak cukup untuk membakar kalori setelah makan mie goreng instan dan nasi.

Kalau ingin berat badanmu stabil, kamu harus bermain basket minimal 45 menit karena kalori yang terbakar dari bermain basket selama 30 menit hanyalah 279 kalori. Jika permainan basketmu intens, kalori yang terbakar bisa lebih banyak.

Berenang

Saat berenang, seluruh anggota tubuh terlibat sehingga otot yang terlatih lebih banyak. Berenang juga meningkatkan denyut jantung sehingga meningkatkan kesehatan jantung.  Saat berenang, tubuh terasa susah utuk bergerak karena berada dalam air. Karenannya, energi yang dibutuhkan saat berenang sangat tinggi sehingga pembakaran kalori lebih efektif. Olahraga ini juga memiliki risiko cedera yang lebih rendah pada tungkai, sendi, dan otot karena adanya dukungan dari air.

Selama 30 menit berenang, kalori yang terbakar bisa mencapai 266 kalori. Kalau kamu ingin membakar kalori secara menyenangkan alias tanpa berkeringat, berenang adalah olahraga yang cocok untukmu.

Jogging 

Jogging paling pas dilakukan di pagi hari saat udara masih segar. Apalagi dengan adanya car free day yang dibuat pemerintah kota sehingga jogging bisa dilakukan tanpa khawatir menghirup asap kendaraan bermotor. Lantas, seberapa efektif jogging dalam membakar kalori?

Jogging yang dilakukan selama 30 menit mampu membakar 191 kalori. Supaya lebih efektif, lakukan sarapan sebelum jogging, bukan sebaliknya. Kalau setelah jogging kamu melahap lontong sayur hingga dua porsi, tentu olahraga yang dilakukan jadi sia-sia bukan?

Aerobik

Aeorobik sambil diiringi musik upbeat bisa jadi olahraga yang menyenangkan. Sama seperto jogging, olahraga ini juga mampu membakar sebanyak 191 kalori dalam waktu setengah jam. Pantas saja ya aerobik banyak dilakukan ibu-ibu  yang ingin cepat langsing. (Baca juga: Ini Alasannya Kenapa Kamu Harus Berolahraga di Pagi Hari)

Berjalan kaki

Setiap hari kamu pasti berjalan kaki, seperti dari halte bus ke kantor atau dari rumah menuju pangkalan angkot. Aktivitas sederhana ini ternyata efektif membakar kalori lho. Berjalan kaki dengan kecepatan 4 mph (mil per jam) dengan 1 mil = 1.609 meter, bisa membakar 140 kalori. Jumlah kalori ini sama dengan semangkuk popcorn yang kamu santap saat nonton di bioskop.

Sudah jelas bahwa kamu harus banyak bergerak jika ingin menurunkan berat badan. Karena dengan bergerak, saat itulah kalori dalam tubuhmu terbakar. Tapi kalau ingin membentuk anggota tubuh di bagian-bagian tertentu, tentu kamu butuh jenis latihan khusus.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami