Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Jumlah Tabungan yang Mesti Disiapkan Jika Ingin Berhenti Kerja dan Mulai Berbisnis

by Rafly Aditia on 15 Februari, 2016

tips bisnis sukses _ pinjaman usaha - CekAja.com

Terus bekerja sebagai karyawan untuk perusahaan dan memberikan keuntungan yang besar bagi para pemilik modal memang terasa menjengkelkan. Apalagi kalau hal tersebut berlanjut sampai tua.

Pastinya setiap orang memiliki angan-angan untuk berhenti dari pekerjaannya dan mulai membangun bisnis sendiri. Tapi, membangun bisnis bukanlah hal yang mudah, terutama jika berbicara tentang modal usaha.

Untuk memacu kamu agar lebih mantap lagi berhenti bekerja dan memulai bisnis sendiri, CekAja memberikan estimasi modal yang dibutuhkan untuk berbisnis secara total. Bagi yang mau mulai menjadi wirausahawan, yuk simak lebih lanjut.

Estimasi dana

Ini adalah asumsi jika kamu berhenti kerja atau pensiun di umur 55 tahun dengan rencana finansial 15 tahun ke depan setelah pensiun:

  • Jika masih memiliki utang, maka cicilan hingga 2 tahun setelah masa pensiun membutuhkan biaya Rp 2 juta x 60 bulan = Rp 48 juta.

Melalui perhitungan di atas, setidaknya dibutuhkan uang Rp 948 juta untuk mengamankan biaya hidup selama pensiun. Lalu bagaimana dengan bisnis yang mau dibangun dan kembangkan? Simak perhitungan berikut;

  • Seperti yang diungkapkan pendiri Sribu dan Sribulancer, Ryan Gondokusumo, seperti dilansir dari DailySocial,  apabila ingin membangun bisnis startup saat ini, prakiraan modalnya sebesar Rp 20- Rp 50 juta.
  • Apabila ingin membangun bisnis warung makan sederhana, maka prakiraan modal untuk gerobak, tenda, meja, kursi, dan sebagainya sebesar Rp 6 juta.  Lalu modal kerja per bulan mulai dari upah karyawan sebesar Rp 1,5 juta. Bahan makanan per bulan, transportasi, sewa tempat dsb Rp 6.3 juta. Jadi, total yang diperlukan adalah Rp 6 juta modal awal dan modal bulanan sebesar Rp 7, 8 juta.
  • Apabila ingin membangun bisnis laundry kiloan, maka prakiraan modal untuk mesin cuci 1 paket Rp 11,5 juta, setrika uap dua buah Rp 1,5 juta, Meja, hanger, Rp 2 juta, publikasi Rp 1 juta, sewa tempat 1 tahun (Rp 16 juta),  modal kerja Rp 2 juta. Total yang harus dikumpulkan adalah Rp 30 juta. Modal ini di luar biaya karyawan bulanan.

Untuk catatan, perhitungan modal bisnis diatas belum termasuk perhitungan inflasi atau kenaikan harga yang akan terjadi di masa mendatang.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.