Pengajuan Asuransi Jiwa Secara Online

Asuransi jiwa merupakan jaminan yang bertujuan untuk menanggung segala resiko kerugian finansial tak terduga. Risiko tersebut dapat berkaitan dengan usia, harapan hidup, atau keuangan seseorang. Maka dari itu, memiliki asuransi jiwa merupakan sebuah pilihan bijak untuk terus mensejahterakan hidup keluarga Anda. 

Setiap perusahaan asuransi umumnya menawarkan produk asuransi jiwa. CekAja.com menghadirkan banyak produk asuransi jiwa terbaik untuk melindungi Anda dan keluarga di masa depan. Bahkan dengan teknologi yang dimiliki, kami juga memudahkan pengajuan asuransi jiwa hanya dalam sekejap.

Pengertian Asuransi Jiwa 

Asuransi jiwa merupakan sebuah produk perlindungan, yang bisa digunakan untuk membantu membiayai kerugian finansial karena, hilangnya penghasilan anggota keluarga atau seorang kepala keluarga akibat kematian hingga kecelakaan, yang mengakibatkan cacat fisik, sehingga tidak bisa menghasilkan pendapatan dan menafkahi keluarganya. 

Sehingga, asuransi jiwa di sini bisa dimanfaatkan sebagai antisipasi bagi sebuah keluarga, jika suatu saat mereka ditinggalkan kepala keluarga. Pasalnya, kematian anggota keluarga yang biasa menafkahi, membuat mereka membutuhkan dukungan finansial, karena sudah tidak lagi memiliki pendapatan dan mengalami kesulitan ekonomi untuk beberapa tahun ke depan bahkan hingga selamanya.  

Dengan mendaftarkan asuransi jiwa dalam sebuah keluarga, artinya Anda sudah terlindungi dalam banyak hal. Mulai dari menjamin keberlangsungan ekonomi keluarga, pendidikan anak-anak, kesehatan, hingga kehidupan yang layak, bagi anggota keluarga yang ditinggalkan.

Sejarah Asuransi Jiwa di Indonesia 

Bukan perjalanan yang singkat, produk asuransi jiwa bisa dengan mudah ditemukan dan dimanfaatkan banyak keluarga di Indonesia saat ini. Bahkan, asuransi jiwa ternyata sudah ada sejak zaman Kerajaan Romawi, tepatnya pada masa pemerintahan raja Alexander Agung. 

Di Indonesia sendiri asuransi hadir, sejak bangsa Belanda menjajah Indonesia. Namun, asuransi pada era penjajahan, lebih mengarah ke pengamanan aktivitas perdagangan,atau disebut dengan asuransi kerugian. Seperti yang diketahui Indonesia memang dikenal dengan kekayaan alamnya, dan hal tersebut dijadikan alat oleh kolonial Belanda.  

Para kolonial Belanda mengeksploitir komoditas berupa kekayaan alam tersebut, dengan membuat sistem mekanisme jaminan, agar bisnis mereka memiliki perlindungan terhadap risiko panen, hingga pengiriman hasil panen ke negara Belanda.   

Di masa itu, asuransi jiwa juga didirikan dan Nederlansche Indische Levensverzekering en Lijfrente Maatschappij (NILMIJ), menjadi yang pertama, yakni pada tahun 1859. Namun, Indonesia juga tidak mau kalah dengan mendirikan berbagai perusahaan asuransi jiwa karya anak bangsa, seperti: 

- O.L Mij Boemi Poetra (1912) yang sekarang terkenal dengan nama Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera. O.L Mij Boemi Poetra diprakarsai oleh R.W. Dwidjosewojo bersama kedua temannya M. Karto Hadi Soebroto dan M. Adimidjojo. 

- De Bataviasche Onderlinge Levensverzekerings Maatschappij 

- V. Indonesia 

- De Onderlinge Levensverzekerings Maatschappij Djawa 

Sudah tidak lagi dijajah, alias sudah merdeka, banyak perusahaan asuransi Indonesia yang bergabung dengan asuransi asing. Perusahaan asuransi dengan kerja sama asing, atau peristiwa nasionalisasi yang paling terkenal pada masa itu adalah bergabungnya asuransi Belanda NV Assurantie Maatschappij de Nederlanden dan Bloom Vander EE menjadi PT. Asuransi Bendasraya.  

Selain itu perusahaan asuransi De Nederlanden Van (1845) juga dinasionalisasikan menjadi PT. Asuransi Jiwasraya. Setelah itu, PT Asuransi Bendasraya dan PT Umum International Underwriters (PT UIU) digabungkan menjadi satu dan berubah menjadi PT. Asuransi Jasa Indonesia atau dikenal dengan Jasindo.  

Indonesia di era pemerintahan kemerdekaan juga membentuk berbagai perusahaan asuransi baru, di antaranya adalah Perum Asabri, Jamsostek, Perum Taspen, hingga Asuransi Jasa Raharja. 

Nah, setelah masuk di era 80-an, perusahaan-perusahaan asuransi modern pun muncul di Indonesia, Sebut saja seperti asuransi AIA, Allianz, Cigna, AXA, Sinar Mas, dan masih banyak lagi. 

Mengapa Asuransi Jiwa Penting Dimiliki? 

Asuransi jiwa sering kali terdengar menakutkan, lantaran kaitannya selalu tak jauh dari kematian. Jangan takut dulu, keberadaan asuransi jiwa sangat penting terlebih bagi keluarga yang hanya mengandalkan satu orang sebagai sumber pemasukan.  

Jika suatu hari pemberi nafkah tidak mampu lagi bekerja karena masalah kesehatan atau cacat permanen, asuransi jiwa akan menanggung keluarga tersebut sepenuhnya. Dengan begitu, kelangsungan hidup anak dan istri akan tetap aman.  

Selain itu, asuransi jiwa juga bisa menjadi ladang investasi bagi nasabahnya. Hal ini karena saat memiliki asuransi jiwa, kamu akan mendapat jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak. Lama masa tanggungan pada umumnya lebih fleksibel, mulai dari 5 hingga 10 tahun.

Sebagaimana perusahaan asuransi pada umumnya, ada banyak risiko yang siap ditanggung oleh partner asuransi jiwa di CekAja.com. Risiko tersebut antara lain meliputi: 

  • Kematian akibat kecelakaan (accidental death) 
  • Cacat permanen (permanent disability) 
  • Penyakit kritis (critical illness) 
  • Manfaat tambahan berjangka (term additional benefit) 
  • Manfaat tambahan rumah sakit (hospital cash/income benefit) 
  • Manfaat tambahan suami/istri dan anak (spouse and children benefit) 
  • Manfaat tambahan anak (children benefit). 

Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Asuransi Jiwa Berjangka memberikan proteksi kepada pemegang polis dalam kurun waktu tertentu. Sistem pertanggungan yang digunakan memiliki masa berlaku, mulai dari 5 tahun, 10 tahun atau 20  tahun, sesuai dengan penawaran yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Kendati ada masa kontrak yang tak berlaku setelah jatuh tempo, Term Life Insurance tergolong paling terjangkau, dengan kisaran biaya premi Rp 250.000 per bulan. Walaupun murah, tapi pertanggungan yang diperoleh tak perlu diragukan jumlahnya, tetap banyak bahkan bisa mencapai milyaran rupiah. Kekurangannya, premi yang telah dibayarkan bisa hangus jika tidak ada klaim selama polis asuransi masih berlaku.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Asuransi Jiwa Seumur Hidup memberi proteksi kepada pemegang polis seumur hidup. Seumur hidup yang dimaksud ialah 99 tahun atau 100 tahun. Menurut Badan Pusat Statistik, angka harapan hidup penduduk Indonesia rata-rata 70 tahun. Whole Life Insurance akan mengembalikan total premi yang telah dibayarkan dengan bunga sebanyak 4% per tahun. Keuntungannya, premi asuransi tidak akan hangus ketika tidak ada klaim, sehingga dapat diambil secara keseluruhan apabila masa kontrak berakhir. Untuk mendapat semua kelebihan tersebut, ada harga yang harus dibayar lebih, yaitu uang premi yang jauh lebih tinggi daripada asuransi jiwa berjangka.

Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Asuransi Jiwa Dwiguna menawarkan 2 keuntungan, yakni kolaborasi manfaat antara asuransi berjangka dan tabungan untuk pendidikan anak dan dana pensiun. Tak sedikit orang tua yang tertarik Endowment Insurance karena bisa menyiapkan biaya sekolah anak atau menjamin kelangsungan hidupnya, meskipun sudah pensiun nanti. Hal lain yang menguntungkan dari memiliki asuransi ini adalah perihal manfaat hidup pemegang polis. Jika kamu sebagai pihak tertanggung masih hidup saat polis jatuh tempo, maka uang pertanggungan akan tetap diberikan oleh perusahaan asuransi. Masa berlakunya beragam, mulai dari 10 tahun sampai usia tertentu, misalnya 60 tahun.

Untuk memperjelas bagaiman asuransi jiwa terbaik dari CekAja.com melindungi finansial Anda dan keluarga di masa depan, simak ilustrasi sederhana berikut ini.  

Katakanlah seorang pegawai yang berusia 30 tahun, memiliki penghasilan sekitar Rp8 juta per bulan. Ia tidak memiliki hutang, asuransi kesehatan ditanggung oleh kantor, dan hanya ada cicilan KPR yang nilainya 2 juta per bulan selama 10 tahun. Kondisi ini boleh dikatakan sudah mapan dan hanya butuh melindungi keluarga dari risiko tak diduga saja. Maka, ia cukup menambah Asuransi Jiwa Dwiguna dengan masa kontrak 25 tahun serta pertanggungan 500 juta. 

Misalkan ia meninggal dunia 20 tahun kemudian, keluarga akan mendapat tanggungan sebesar 500 juta. Apabila ia masih hidup sampai habis masa kontrak anda selama 25 tahun, keluarga Anda tetap akan mendapat tanggungan sebesar 500 juta.

CekAja.com telah bekerja sama dengan empat perusahaan asuransi jiwa ternama di Indonesia yang siap memberi pelayanan dan perlindungan terbaik untuk Anda. Adapun partner kami antara lain Ciputra Life, PFI Mega Life, Axa Financial, serta Cigna.  

Setiap perusahaan asuransi menawarkan ragam manfaat yang berbeda. Agar lebih mempermudah Anda dalam memilih asuransi jiwa, berikut masing-masing benefit tersebut: 

Asuransi Jiwa Ciputra 

Dengan memiliki asuransi jiwa Ciputra, kamu bisa melindungi diri sendiri atau orang yang kamu sayangi selama 1 tahun dan bisa diperpanjang sampai usia 60 tahun. 

  • Syarat Usia Masuk 

5 – 59 tahun 

  • Kisaran Premi 

Mulai Rp15.000 per hari 

  • Manfaat 

Apabila Tertanggung meninggal dunia karena sebab alami atau sakit atau kecelakaan, maka kepada Penerima Manfaat akan diberikan 100% Uang Pertanggungan. 

PFI Mega Life 

Melalui empat jenis proteksi, PFI Mega Life siap melindungi sesuai dengan kebutuhan setiap nasabah. Salah satunya adalah Mega Comforta 

  • Syarat Usia Masuk 

5 – 60 tahun 

  • Kisaran Premi 

Mulai Rp5000 per hari 

  • Manfaat 

Mega Comforta memberikan manfaat berupa perlindungan asuransi jiwa yang dilengkapi dengan perlindungan terhadap penyakit kritis dan manfaat meninggal dunia akibat kecelakaan. 

Axa Financial 

Melalui program Axa Life & Safe, sayangi keluarga Anda dengan mencukupi kebutuhan finansial mereka, baik selama pencari nafkah masih hidup maupun sudah meninggal dunia. 

  • Usia Masuk 

18 – 80 tahun 

  • Kisaran Premi 

Mulai Rp140.000 per bulan 

  • Manfaat 

Asuransi jiwa AXA Financial Indonesia memberikan 100% - 200% uang pertanggungan atas segala kejadian sakit atau kecelakaan yang menyebabkan terjadinya resiko meninggal dunia. 

Cigna 

Dengan perencanaan perlindungan jiwa Cigna Life Protection, ahli waris akan mendapatkan santunan berupa Uang Pertanggungan hingga Rp 500 juta, jika Nasabah meninggal dunia akibat penyakit dan/atau kecelakaan. 

  • Usia Masuk 

18 – 54 tahun, dapat diperpanjang hingga 60 tahun 

  • Kisaran Premi 

Mulai Rp15.000 per bulan dan Rp162.000 per tahun 

  • Manfaat 

Santunan meninggal dunia akibat penyakit dan/atau kecelakaan, diskon 10% untuk pembayaran premi tahunan, dan pengembalian 25% dari total premi yang telah dibayarkan jika tidak ada klaim setelah dua tahun. 

Kemudahan mengajukan asuransi adalah hal yang ditawarkan oleh CekAja.com. Hanya bermodalkan gadget dan koneksi internet, Anda bisa langsung mendapat perlindungan dari asuransi jiwa setelah pengajuan berhasil diproses. Seperti ini cara mengajukan asuransi jiwa secara online selengkapnya: 

  • Buka website CekAja.com  
  • Pilih produk Asuransi, lalu klik Asuransi Jiwa 
  • Klik “Hubungi Saya” 
  • Setelah itu akan muncul laman pengajuan Asuransi Elektronik, lalu Anda untuk mengisi formulir berupa data pribadi seperti nama, email, nomor telepon dan lain-lain  
  • Klik “Ajukan Sekarang”  
  • Selanjutnya pihak CekAja.com akan menghubungi Anda dan menawarkan perusahaan asuransi yang paling cocok dengan Anda. 

CekAja.com sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), sehingga kelayakannya tak perlu diragukan lagi. Demi mengedepankan keamanan, CekAja juga selalu menjaga kerahasiaan data pelanggan dengan tidak membagi data kepada siapapun tanpa persetujuan pelanggan.