Pengajuan Asuransi Jiwa Online

Asuransi jiwa merupakan jaminan yang bertujuan untuk menanggung segala resiko kerugian finansial tak terduga. Risiko tersebut dapat berkaitan dengan usia, harapan hidup, atau keuangan seseorang.

Oleh Kyla Damasha

Maka dari itu, memiliki asuransi jiwa merupakan sebuah pilihan bijak untuk terus mensejahterakan hidup keluarga Anda. 

Setiap perusahaan asuransi umumnya menawarkan produk asuransi jiwa. CekAja.com menghadirkan banyak produk asuransi jiwa terbaik untuk melindungi Anda dan keluarga di masa depan. Bahkan dengan teknologi yang dimiliki, kami juga memudahkan pengajuan asuransi jiwa hanya dalam sekejap.

Pengertian Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan sebuah produk perlindungan, yang bisa digunakan untuk membantu membiayai kerugian finansial karena, hilangnya penghasilan anggota keluarga atau seorang kepala keluarga akibat kematian hingga kecelakaan, yang mengakibatkan cacat fisik, sehingga tidak bisa menghasilkan pendapatan dan menafkahi keluarganya.

Sehingga, asuransi jiwa di sini bisa dimanfaatkan sebagai antisipasi bagi sebuah keluarga, jika suatu saat mereka ditinggalkan kepala keluarga. Pasalnya, kematian anggota keluarga yang biasa menafkahi, membuat mereka membutuhkan dukungan finansial, karena sudah tidak lagi memiliki pendapatan dan mengalami kesulitan ekonomi untuk beberapa tahun ke depan bahkan hingga selamanya.

Dengan mendaftarkan asuransi jiwa dalam sebuah keluarga, artinya Anda sudah terlindungi dalam banyak hal. Mulai dari menjamin keberlangsungan ekonomi keluarga, pendidikan anak-anak, kesehatan, hingga kehidupan yang layak, bagi anggota keluarga yang ditinggalkan.

Sejarah Asuransi Jiwa di Indonesia

Bukan perjalanan yang singkat, produk asuransi jiwa bisa dengan mudah ditemukan dan dimanfaatkan banyak keluarga di Indonesia saat ini. Bahkan, asuransi jiwa ternyata sudah ada sejak zaman Kerajaan Romawi, tepatnya pada masa pemerintahan raja Alexander Agung.

Di Indonesia sendiri asuransi hadir, sejak bangsa Belanda menjajah Indonesia. Namun, asuransi pada era penjajahan, lebih mengarah ke pengamanan aktivitas perdagangan,atau disebut dengan asuransi kerugian. Seperti yang diketahui Indonesia memang dikenal dengan kekayaan alamnya, dan hal tersebut dijadikan alat oleh kolonial Belanda.

Para kolonial Belanda mengeksploitir komoditas berupa kekayaan alam tersebut, dengan membuat sistem mekanisme jaminan, agar bisnis mereka memiliki perlindungan terhadap risiko panen, hingga pengiriman hasil panen ke negara Belanda.

Di masa itu, asuransi jiwa juga didirikan dan Nederlansche Indische Levensverzekering en Lijfrente Maatschappij (NILMIJ), menjadi yang pertama, yakni pada tahun 1859. Namun, Indonesia juga tidak mau kalah dengan mendirikan berbagai perusahaan asuransi jiwa karya anak bangsa, seperti:

  • O.L Mij Boemi Poetra (1912) yang sekarang terkenal dengan nama Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera. O.L Mij Boemi Poetra diprakarsai oleh R.W. Dwidjosewojo bersama kedua temannya M. Karto Hadi Soebroto dan M. Adimidjojo.
  • De Bataviasche Onderlinge Levensverzekerings Maatschappij
  • V. Indonesia
  • De Onderlinge Levensverzekerings Maatschappij Djawa

Sudah tidak lagi dijajah, alias sudah merdeka, banyak perusahaan asuransi Indonesia yang bergabung dengan asuransi asing. Perusahaan asuransi dengan kerja sama asing, atau peristiwa nasionalisasi yang paling terkenal pada masa itu adalah bergabungnya asuransi Belanda NV Assurantie Maatschappij de Nederlanden dan Bloom Vander EE menjadi PT. Asuransi Bendasraya.

Selain itu perusahaan asuransi De Nederlanden Van (1845) juga dinasionalisasikan menjadi PT. Asuransi Jiwasraya. Setelah itu, PT Asuransi Bendasraya dan PT Umum International Underwriters (PT UIU) digabungkan menjadi satu dan berubah menjadi PT. Asuransi Jasa Indonesia atau dikenal dengan Jasindo.

Indonesia di era pemerintahan kemerdekaan juga membentuk berbagai perusahaan asuransi baru, di antaranya adalah Perum Asabri, Jamsostek, Perum Taspen, hingga Asuransi Jasa Raharja.

Nah, setelah masuk di era 80-an, perusahaan-perusahaan asuransi modern pun muncul di Indonesia, Sebut saja seperti asuransi AIA, Allianz, Cigna, AXA, Sinar Mas, dan masih banyak lagi.

Mengapa Asuransi Jiwa Penting Dimiliki?

Asuransi jiwa sering kali terdengar menakutkan, lantaran kaitannya selalu tak jauh dari kematian. Jangan takut dulu, keberadaan asuransi jiwa sangat penting terlebih bagi keluarga yang hanya mengandalkan satu orang sebagai sumber pemasukan.

Jika suatu hari pemberi nafkah tidak mampu lagi bekerja karena masalah kesehatan atau cacat permanen, asuransi jiwa akan menanggung keluarga tersebut sepenuhnya. Dengan begitu, kelangsungan hidup anak dan istri akan tetap aman.

Selain itu, asuransi jiwa juga bisa menjadi ladang investasi bagi nasabahnya. Hal ini karena saat memiliki asuransi jiwa, kamu akan mendapat jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak. Lama masa tanggungan pada umumnya lebih fleksibel, mulai dari 5 hingga 10 tahun.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha