Asuransi Unit Link

Ajukan secara online asuransi unit link terbaik di Indonesia dengan perlindungan maksimal, beserta tambahan fasilitas investasi di sini.

Oleh Estrin Vanadianti Lestari

Anda bisa melakukan pengajuan asuransi unit link terbaik secara online, dari berbagai perusahaan asuransi ternama di Indonesia. Daftarkan secara online Asuransi Unit Link melalui CekAja.com.

Apa Itu Asuransi Unit Link?

Menjadi bagian dari produk asuransi jiwa, asuransi unit link sering disebut sebagai asuransi dengan dua kantong. Maksudnya adalah kantong untuk proteksi dan kantong satunya untuk investasi. Sehingga, nantinya uang premi yang Anda bayarkan, sebagian digunakan untuk membayar proteksi, kemudian sebagian lagi ditempatkan pada reksa dana dalam bentuk unit link.

Pembagian Premi Asuransi Unit Link

Nah, karena proteksi akan masuk di dua kantong, maka untuk pembagian preminya sendiri, juga berbeda dengan jenis asuransi lainnya. secara umum, pembagian preminya adalah 60:40. Simak contoh perhitungannya berikut ini.

Misalnya:

Premi: Rp 1 juta (Rp 600 ribu masuk ke pos investasi, dan Rp 400 ribu masuk ke pos proteksi asuransi)

Keuntungan

  • Berbeda dengan jenis asuransi term life atau berjangka, dana premi dalam asuransi ini tetap bisa dicairkan, bahkan tidak ada klaim kematian/ kecelakaan sekalipun.
  • Jika asuransi murni waktunya terbatas, di asuransi unit link, perlindungan asuransi jiwa berlaku seumur hidup, bahkan bisa mencapai 100 tahun. Namun, hal tersebut kembali lagi ke kebijakan perusahaan asuransinya.
  • Bayar premi asuransi, bonus investasi.
  • Umumnya dilengkapi juga dengan asuransi tambahan lain (rider), seperti tanggungan kecelakaan, cacat total, dan lain-lain, sehingga manfaatnya jadi lengkap dan menyeluruh.

Kekurangan

  • Dana premi jelas lebih mahal dan dana tanggungan proteksi lebih kecil ketimbang asuransi murni.
  • Manfaat investasi menjadi kurang maksimal, karena fokusnya terpecah dengan manfaat proteksi.
  • Manfaat investasi, tidak bisa langsung dinikmati.
  • Bahkan ada biaya (biaya akuisisi), yang masih dibebankan pemegang polis hingga 5 tahun.
  • Tak ada jaminan untung. Seperti investasi lainnya, selalu ada kemungkinan buntung.

Di dalam asuransi unit link, selain ada layanan proteksi jiwa, ada juga pilihan investasi dengan potensi imbal hasil yang bervariasi, seperti saham, obligasi, campuran dan pasar uang. Untuk investasi, nantinya risiko ditanggung oleh pemilik polis. Jadi, bukan oleh perusahaan asuransi dan juga bukan oleh agen.

Namun, Anda tidak perlu takut, sebab manfaat unit link adalah memberikan beragam fleksibilitas bagi nasabah. Karena saat Anda memiliki polis unit link, Anda diizinkan untuk menambah dana investasi ke dalam polis. Bahkan, Anda diberi keleluasaan untuk menarik dana serta fleksibilitas untuk mengalihkan dana.

Memiliki Layanan Asuransi Tambahan (Rider)

Ketimbang asuransi lainnya, asuransi unit link memiliki pertanggunggan yang lebih besar, karena memiliki tujuan utama, sebagai proteksi jiwa. Selain itu, asuransi unit link memiliki layanan berupa asuransi tambahan (rider).

Meski beberapa asuransi juga memiliki layanan rider, namun tidak sebanyak dan bervariasi seperti rider unit link. Pasalnya, Anda bisa menambahkan asuransi tambahan seperti asuransi kesehatan rawat jalan, rawat inap, perlindungan penyakit kritis, dan lain-lain, secara khusus dan sesuai kebutuhan.