Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

10 Cara Menghemat Pengeluaran Saat Makan di Restoran

by Ariesta on 28 Maret, 2017

entrepreneur muda _ pinjaman UKM - CekAja.com

Berapa kali kamu makan di restoran dalam sebulan? Kalau dihitung, berapa rata-rata yang kamu keluarkan untuk bersantap di restoran?

Tak dimungkiri, bersantap di restoran sudah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Terutama bagi generasi milenial, santap di restoran bukan hanya sekedar makan lalu pulang melainkan untuk update lokasi media sosial, foto makanan, atau nongkrong dengan teman. Tentu akan lebih asyik jika ada diskon besar.

Berdasarkan survei Zagat, generasi milenial di Amerika menghabiskan hingga US$36 (Rp479 ribu) sekali makan di restoran. Bahkan jika dibandingkan biaya hidup di Amerika yang memang mahal, orang Amerika manganggap jumlah itu sangat mahal.

Dalam studi yang sama, rata-rata orang Amerika makan di luar 4,5 kali seminggu. Frekuensi tertinggi dipegang penduduk Los Angeles dengan rata-rata makan di luar mencapai 5,2 kali dalam sepekan. Itu artinya, mereka sangat jarang makan di rumah. Hal ini sesuai dengan kehidupan perkotaan besar yang serba praktis dan cepat.

Bagaimana dengan Indonesia? Harga makanan di mal-mal juga tidak murah. Sekali makan bisa menghabiskan Rp100.000. Dengan makan di restoran tiga kali sepekan, sebulan kamu bisa habis Rp1,2 juta hanya untuk makan. Belum untuk kebutuhan lain. Uang dengan jumlah ini bisa dipakai untuk mencicil kredit rumah sederhana seharga Rp150 juta.

Apapun alasanmu makan di restoran, tentu saja kamu harus tetap berhemat apalagi kalau punya goal finansial besar seperti beli rumah. Lantas, bagaimana cara menghemat pengeluaran saat makan di restoran?

Cek diskon online

Kamu bisa membeli voucher diskon yang tersedia di berbagai situs voucher dan kupon Indonesia. Dengan berlangganan email dari portal-portal yang miliki informasi diskon yang kamu butuhkan, kamu pun bisa selalu update info diskon terbaru dari berbagai tempat.

Jangan tinggalkan rumah tanpa kupon diskon

Tak hanya itu, kamu juga bisa dapatkan diskon dengan bergabung di Facebook pages restoran favoritmu. Intinya jangan malas mengecek untuk mendapat diskon. Lumayan kan kalau bisa dapat harga 10-15% lebih murah sekali makan?

Manfaatkan promo ulang tahun

Pecel Lele Lela merupakan salah satu restoran yang menggratiskan pelanggan yang ulang tahun. Ada banyak restoran lain yang punya promo serupa. Coba lacak melalui sosial media favoritmu. Kamu akan menemukan banyak restoran yang memberikan promo tersebut.

Makan di rumah

Lho kok makan di rumah? Maksudnya kamu tetap makan menu restoran tapi bukan menyantap di tempat, melainkan takeaway. Ini akan memubuatmu terbebas dari biaya pelayanan dan memberikan tip pada pelayan.

Minum air putih

Air putih akan lebih murah dibandingkan minuman lain di restoran. Meskipun biasanya akan tetap lebih mahal dari harga yang ditetapkan di luar restoran. Misalnya kamu memesan air mineral merek A di restoran dengan harga Rp10.000. Padahal merek A biasa dijual Rp4.000 saja. Kalau ingin hemat, bawa air putih dari rumah.

Makan pelan-pelan

Banyak restoran yang menghidangkan porsi lebih besar dari yang biasa dimakan orang-orang. Dengan makan perlahan-lahan, perutmu akan mengirim sinyal ke otak kalau kamu sudah kenyang. Sisanya bisa kamu bawa pulang untuk dimakan keesokan harinya. Dengan catatan, makannya jangan diacak ya!

Bayar pakai kartu kredit cashback

Kamu bisa mendapat cashback atau diskon di restoran dengan kartu kredit. Cek resotoran mana saja yang bekerja sama dengan kartu kredit untuk mendapatkan keuntungan ini.

Jangan malu bertanya

Masih ada restoran yang tidak menyantumkan harga di menunya. Jangan tertipu jebakan ini. Daripada kaget ketika menerima bon, lebih baik tanya sebelum memesan. Jangan gengsi karena membayar sesuatu yang tidak ingin kamu bayar akan jauh lebih tidak menyenangkan.

Jangan memesan pencuci mulut

Pencuci mulut memang membuat rangkaian santap di restoran jadi makin nikmat. Tapi harganya terkadang hampir sama mahalnya dengan menu utama. Kalau tujuanmu hanya untuk mengenyangkan perut dengan makanan enak, lewatkan pencuci mulut. Karena es krim bisa dengan murah kamu beli di supermarket. Puding pun mudah dibuat di rumah.

Datang saat happy hour

Ada banyak restoran yang punya program Happy Hour. Happy Hour artinya mereka memasang harga lebih murah untuk menu tertentu pada jam tertentu. Salah satunya restoran Bebek BKB di Bendungan Hilir Jakarta. Restoran ini punya promo diskon 50% untuk semua traditional hanya dari pukul 3-6 sore.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami