10 Khasiat Daun Pohpohan, Sayuran Lezat yang Sering Dijadikan Lalapan

Siapa sangka, bahwa khasiat daun pohpohan, atau daun yang sering dijadikan lalapan ini sangat banyak. Ya, daun pohpohan memiliki beragam khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari cegah dehidrasi hingga cegah kulit kering.

Banyaknya khasiat daun pohpohan yang dimiliki tersebut, tentu saja salah satunya disebabkan oleh zat atau nutrisi yang dikandungnya.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut apa saja khasiat daun pohpohan, pada kesempatan kali ini CekAja.com telah merangkum beberapa khasiatnya, yang akan diulas secara lengkap sebagai berikut.

Apa Itu Daun Pohpohan?

Sebelum membahas lebih jauh tentang khasiat daun pohpohan, akan lebih baik jika kamu terlebih dahulu mengenal daun pohpohan itu sendiri.

Sejatinya, daun pohpohan merupakan salah satu tanaman Urticaceae Pilea, yang tidak hanya ada Indonesia, tetapi juga tersebar di beberapa negara seperti India, Vietnam, Taiwan, Sri Lanka serta daratan Tiongkok.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Pilea Trinervia, Wight ini, umumnya tumbuh di ketinggian 700 sampai 1.750 meter di atas permukaan laut.

Menjadi tanaman yang tidak memiliki duri, daun pohpohan tumbuh dengan batang yang tegak dan kuat setinggi 0,5-2 meter.

Tidak hanya itu, jika dilihat sekilas tanaman ini memiliki bentuk menyerupai tanaman sirih. Hanya saja, yang membedakannya adalah tekstur dari daun pohpohan kasar dan agak berbulu.

Meski begitu, namun daun pohpohan memiliki aroma menthol dan sensasi yang segar. Sehingga sangat cocok dijadikan lalapan, dan disantap dengan sambal terasi atau sambal dadak yang segar.

Namun selain dijadikan lalapan, daun pohpohan juga sering kali diolah menjadi campuran pepes ikan teri, direbus menjadi pecel sayur, atau bahkan dibuat menjadi sayur tumis yang dimasak dengan cabai rawit.

(Baca Juga: Manfaat Daun Keji Beling)

Kandungan Daun Pohpohan

Pada pembahasan sebelumnya telah disinggung, kalau banyaknya khasiat daun pohpohan yang dimiliki itu, dipengaruhi oleh nutrisi atau zat yang dikandungnya.

Namun, sebenarnya apa saja sih kandungan zat dan nutrisi dari daun pohpohan? Berikut uraiannya.

  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin C
  • Karbohidrat
  • Energi
  • Lemak
  • Serat pangan
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Seng
  • Besi
  • Tembaga
  • Kalium
  • Natrium
  • B-Karoten
  • Air
  • Abu
  • Protein

Khasiat Daun Pohpohan

Setelah di pembahasan sebelumnya, kamu sudah mengetahui sekilas informasi terkait daun pohpohan dan kandungannya, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui khasiat daun pohpohan itu sendiri.

Pasalnya, banyak yang mengatakan kalau khasiat daun pohpohan sangat banyak. Tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga untuk kecantikan.

Untuk itu, di bawah ini CekAja.com telah merangkum 10 khasiat daun pohpohan, yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit, di antaranya yaitu:

1. Menjaga Imunitas Tubuh

Khasiat daun pohpohan yang pertama adalah menjaga imunitas tubuh. Kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki daun pohpohan, terbukti ampuh jaga imunitas tubuh.

Untuk bisa mendapatkan kandungan vitamin dan mineral tersebut, kamu bisa mengonsumsi daun pohpohan begitu saja, sebagai lalapan. Agar terasa lebih lezat, kamu bisa mencocolnya dengan aneka jenis sambal.

2. Mencegah Terjadinya Dehidrasi

Menjadi satu hal yang menarik, karena kamu bisa cegah dehidrasi dengan cara mengonsumsi daun pohpohan.

Khasiat daun pohpohan yang satu ini bisa kamu nikmati, karena daun pohpohan memiliki kandungan potasium yang tinggi, seperti yang dilansir International Journal of Food Science and Nutrition tahun 2016.

Kandungan potasium sendiri, dibutuhkan tubuh untuk mencegah terjadinya dehidrasi, yang disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh.

Sebab, jika kebutuhan tubuh akan cairan tidak terpenuhi, maka tubuh akan rentan terserang penyakit jantung dan ginjal.

3. Menurunkan Risiko Demensia

Selain mampu jaga imunitas tubuh dan cegah dehidrasi, daun pohpohan juga mampu menurunkan risiko demensia.

Perlu diketahui, demensia merupakan penyakit yang mampu menurunkan daya ingat dan cara berpikir para penderitanya.

Nah, untuk mencegah risiko terjadinya demensia, kamu bisa mulai mengonsumsi daun pohpohan. Sebab, daun ini memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara menyantapnya dalam bentuk makanan, maupun mengolahnya menjadi minuman berkhasiat.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Menjadi salah satu organ tubuh yang penting, mata tentu harus dijaga kesehatannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi daun pohpohan.

Khasiat daun pohpohan yang satu ini dipercaya mampu jaga kesehatan mata, karena mengandung vitamin A yang cukup tinggi.

Seperti yang diketahui, vitamin A memang memiliki fungsi dalam menjaga kesehatan mata. Agar khasiat yang didapatkan maksimal, kamu bisa mengonsumsi daun pohpohan secara rutin.

5. Menangkal Radikal Bebas

Khasiat daun pohpohan yang kelima, yaitu menangkal radikal bebas. Yang mana, radikal bebas ini secara tidak sadar ada di sekitar dan mengelilingi kita, seperti misalnya asap rokok dan polusi udara.

Selain itu, radikal bebas juga menjadi pemicu timbulnya sel kanker. Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mengonsumsi daun pohpohan.

Tingginya kandungan antioksidan yang dimiliki daun pohpohan, secara efektif mampu menangkal radikal bebas, yang memberikan dampak sangat berbahaya.

6. Menangani Rasa Nyeri saat Haid

Buat perempuan, khasiat daun pohpohan yang satu ini sangat berguna. Sebab, mampu menangani rasa nyeri saat haid, yang terjadi setiap bulan.

Kemampuan menangani rasa nyeri saat haid yang dimiliki daun pohpohan ini, disebabkan oleh kandungan kalsium yang sangat tinggi.

Dengan begitu, maka daun pohpohan menjadi salah satu obat atau ramuan, yang mampu menangani nyeri haid. Sehingga, nantinya tidak ada lagi nyeri haid yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

7. Melembapkan Kulit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau khasiat daun pohpohan tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga untuk kesehatan kulit.

Salah satu khasiatnya yang bisa kamu rasakan, dari mengonsumsi daun pohpohan adalah kulit menjadi lebih lembap.

Bagaimana tidak, kandungan mineral dan antioksidan yang dimiliki daun satu ini, mempunyai sifat melembapkan. Dengan begitu, kulit menjadi tidak mudah kering dan terjaga kelembapannya.

Selain itu, vitamin E yang terkandung dalam daun pohpohan, juga mampu menjaga kulit agar tidak mudah kusam, meskipun kamu tidak menggunakan rangkaian skincare apapun.

8. Mencegah Pengeroposan Tulang

Pengeroposan tulang merupakan salah satu penyakit, yang banyak menyerang orang-orang yang sudah berusia lanjut, baik laki-laki maupun perempuan.

Untuk mencegah risiko tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan konsumsi daun pohpohan. Sebab, daun ini memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.

Oleh sebab itu, tidak heran apabila banyak orang memanfaatkan daun ini, untuk menguatkan tulang dan mencegah terjadinya pengeroposan.

9. Mengatur Tekanan Darah

Dipercaya mampu mengatur tekanan darah, daun pohpohan tak jarang dicari banyak orang, untuk dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari.

Pasalnya, jika kamu sudah terkena atau bahkan memiliki tekanan darah yang tinggi, maka peluang untuk terkena berbagai jenis penyakit berbahaya sangat besar.

Untuk itu, tidak ada salahnya buat kamu mengonsumsi daun pohpohan sejak saat ini, guna mencegah tekanan darah yang tinggi.

10. Menurunkan Kadar Gula Darah

Khasiat daun pohpohan yang terakhir adalah menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian mengatakan, bahwa daun pohpohan dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Dengan demikian, orang-orang yang memiliki kadar gula darah tinggi, bisa mengonsumsi daun pohpohan dan menjadikannya sebagai obat herbal, yang mampu turunkan kadar gula darah.

Efek Samping Daun Pohpohan

Meski khasiat daun pohpohan sangat banyak, namun ternyata daun ini juga memiliki efek samping. Biasanya, efek samping ini terjadi karena cara mengonsumsi daun yang salah, atau terlalu banyak.

Adapun efek samping yang ditimbulkan daun pohpohan, di antaranya yaitu:

  • Menimbulkan anemia
  • Memicu diare
  • Menyebabkan timbulnya penyakit radang sendi atau arthritis
  • Sakit maag
  • Menurunkan sistem metabolisme tubuh, apabila daun pohpohan dikonsumsi berlebihan
  • Memicu penyakit jantung dan stroke
  • Membuat sistem endokrin menjadi tidak stabil
  • Memicu terjadinya osteoporosis
  • Menghambat sirkulasi darah
  • Memicu gejala asam urat
  • Merusak selaput dinding ginjal

(Baca Juga: 10 Manfaat Daun Sirsak)

Itulah beberapa informasi yang sudah kamu ketahui terkait daun pohpohan, mulai dari informasi dasar, kandungan, khasiat, hingga efek samping daun pohpohan.

Untuk khasiatnya sendiri, sebenarnya semua khasiat tersebut bisa kamu dapatkan, apabila daun pohpohan dikonsumsi dalam kadar yang tepat. Artinya, sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Sebab, apabila kamu mengonsumsinya secara berlebihan, maka hal tersebut hanya akan memicu timbulnya efek samping, yang membahayakan kesehatan tubuh.

Apabila kamu mengabaikan hal-hal itu, kemudian ternyata kamu mengalami beberapa efek samping, maka kamu harus memeriksanya ke dokter, untuk mendapatkan pengobatan.

Jika sudah begitu, biaya yang harus dikeluarkan pun tentu tidak sedikit. Seperti yang diketahui, biaya untuk satu kali pengobatan di rumah sakit maupun klinik cukup mahal, apabila tidak menggunakan asuransi kesehatan.

Maka dari itu, keberadaan asuransi kesehatan sangat penting. Karena, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Jadi, buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, tunggu apalagi? Segera ajukan asuransi kesehatan terbaikmu, secara online melalui CekAja.com.

Namun, jika kamu belum memiliki pilihan asuransi kesehatan terbaik, yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial, jangan khawatir.

Sebab, CekAja.com menyediakan beberapa pilihan asuransi kesehatan terbaik, dari perusahaan ternama dan terpercaya. Sehingga, kamu bisa membandingkan terlebih dahulu dan mengajukannya langsung di sana.

Telebih, proses pengajuan asuransi kesehatan di CekAja.com sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga!