Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

10 Kota Tertua di Dunia yang Masih Eksis!

by Estrin Vanadianti Lestari on 2 Desember, 2019

Dari sekian banyak kota di berbagai negara yang lahir di seluruh dunia, beberapa di antaranya ternyata memiliki usia yang sangat tua. Bahkan beberapa kota tertua di dunia tersebut, ada yang usianya sudah menginjak ribuan tahun sebelum Masehi.

Tidak hanya itu, beberapa kota yang menyandang predikat sebagai kota tertua di dunia itu juga masih menyimpan banyak sejarah hingga misteri yang belum terpecahkan.

Sebut saja kota yang dulunya merupakan kota yang hidup di zaman batu. Karena beberapa peneliti masih terus mengungkap, bagaimana sejarahnya, peradaban, dan hal lainnya yang memang membutuhkan waktu lama untuk memecahkannya.

Jangankan peneliti, mungkin kamu juga akan dibuat penasaran bukan, bagaimana kehidupan kota tertua tersebut pada zaman dahulu? Namun dibalik itu, beberapa kota tertua di dunia tersebut ternyata masih ada yang eksis lo hingga sekarang.

Bahkan keunikan sejarah hingga bangunan tuanya, kini dijadikan lokasi wisata sejarah yang sangat memukau. Terlebih, beberapa kota tertua di dunia ini bisa dibilang menjadi saksi bisu berdirinya suatu tempat, kekuasaan, peperangan, dan hal lainnya, yang mungkin akan sangat mengasyikkan jika kamu ikut mengenal kota tersebut lebih dalam.

10 Kota Tertua di Dunia

Daripada penasaran, yuk intip informasi dari 10 kota tertua di dunia, beserta usianya yang masih eksis hingga saat ini:

1. Yerusalem

Yerusalem - 10 Kota Tertua di Dunia yang Masih Eksis

Kota tertua di dunia yang juga dianggap sebagai salah satu kota suci di dunia adalah Yerusalem. Kota tua yang namanya tidak pernah habis dibahas ini menjadi situs yang sangat penting bagi tiga agama yakni Yahudi, Islam, Kristen.

Terletak di sebuah dataran tinggi, tepatnya di pegunungan Yudea antara Laut tengah dan Laut Mati. Kota yang berusia lebih dari 5.000 tahun sebelum masehi (SM) itu ternyata pernah dihancurkan setidaknya dua kali, dikepung 23 kali, diserang 52 kali dan direbut-kembali sekitar 44 kali.

Wah, sudah pasti banyak sekali nilai sejarah di kota ini ya.

2. Faiyum, Mesir

Faiyum Mesir - 10 Kota Tertua di Dunia yang Masih Eksis

Salah satu kota tertua di dunia selanjutnya adalah Faiyum, Mesir. Kota yang telah berdiri lebih dari 5.000 tahun, tepatnya pada tahun 4.000 SM itu dikenal juga dengan sebutan ‘kota buaya’.

Hal tersebut disebabkan karena kota yang juga disebut Medinet el Faiyum pada era Firaun, menyembah seekor buaya suci, yang dijinakkan, bernama Petsuchos.

Namun, sekitar tahun 309 dan 246 Sebelum Masehi, Raja mesih bernama Ptolemy II Phuladelphus kembali mendirikan kota tersebut

Setelah keberadaan agama kristen, Arisnoe menjadi administrator teritorial. Akan tetapi, kota ini dulunya juga memiliki banyak pasar dan masjid.

(Baca juga: Katedral Notre Dame Terbakar, Ini Fakta-Faktanya)
3. Sidon, Lebanon

Sidon Lebanon - 10 Kota Tertua di Dunia yang Masih Eksis

Kota tertua di dunia yang telah berdiri sejak sekitar tahun 4.000 Sebelum Masehi ini adalah Sidon, yang terletak di Lebanon.

Memiliki arti “perikanan” dalam bahana Yunani, Sidon ternyata juga merupakan sebuah kota yang terletak di pesisir, sehingga kota ini kerap difungsikan sebagai pelabuhan.

4. Athena, Yunani

Athena Yunani - 10 Kota Tertua di Dunia yang Masih Eksis

Athena, Yunani juga masuk dalam jajaran kota tertua di dunia. Bahkan, Athena juga menjadi salah satu kota tertua yang paling penting dalam peradaban barat.

Athena sendiri memiliki arti yakni dewi pelindung dan kemakmuran. Telah ada sejak tahun 5.000 SM, Athena berhasil mengembangkan beberapa pencapaian budaya yang nantinya menjadi peletakkan dasar bagi peradaban barat.

5. Istanbul, Turki

Istanbul Turki - 10 Kota Tertua di Dunia yang Masih Eksis

Istanbul, Turki ternyata juga termasuk salah satu kota tertua di dunia. Terletak di antara dua benua yakni Asia dan Eropa, Turki merupakan kota tua yang cantik dan unik.

Didirikan pada 3.000 SM, kota ini juga menjadi ibukota dari empat kerajaan, yakni Romawi, Bizantium, Latin, dan Ottoman.

6. Zurich, Swiss 

Zurich Swiss - 10 Kota Tertua di Dunia yang Masih Eksis

Kota tertua di dunia yang ada di bagian barat, tepatnya di benua Eropa adalah kota Zurich, Swiss. Tidak hanya itu, Zurich juga disebut sebagai kota tertua yang ada di Eropa, dan diperkirakan didirikan sejak 3.000 SM.

Jika kamu berkunjung ke kota ini, mungkin kamu akan melihat banyaknya cafe, butik, hingga toko barang antik yang memenuhi jalan. Salah satu jalan yang memiliki keunikan dan memiliki desain interior kota tua yang antik, ada di jalan Bahnhofstrasse, Grossmunster, dan Fraumunster.

(Baca juga: Lima Negara yang Terkenal Ramah Wisata Halal)
7. Susa, Iran

Susa Iran - 10 Kota Tertua di Dunia yang Masih Eksis

Bertetangga dengan Irak, Iran ternyata mempunyai kota tertua di dunia, yakni Kota Susa. Kota yang telah dihuni sejak 7.000 SM tersebut, memiliki pemukiman pertama yang paling awal didirikan, yakni sekitar 4.200 SM.

Tidak hanya itu, kota ini juga memiliki sejarah yang dibagi menjadi tiga periode, yakni Susa I-III. Dimana periode paling akhir, kota ini telah menjadi pusat peradaban Elam.

8. Aleppo, Suriah

Aleppo Suriah - 10 Kota Tertua di Dunia yang Masih Eksis

Aleppo, yang terletak di Suriah juga termasuk dalam deretan kota tertua di dunia. Dikenal sebagai pusat Perang Saudara Suriah, Aleppo saat ini mengalami kehancuran yang besar, dan menjadi saksi perang terburuk yang pernah melanda.

Namun, dibalik keadaan yang kini belum mereda, kota yang sudah ada sejak 5.000 SM ini, ternyata pernah menjadi kota besar pada zamannya. Bahkan, Aleppo menjadi Situs Warisan Dunia Unesco pada tahun 1986.

9. Jericho, Palestina

Jericho Palestina - 10 Kota Tertua di Dunia yang Masih Eksis

Kota tertua di dunia berikutnya adalah Jericho. Terletak di dekat sungai Yordan, kota ini memiliki populasi sebanyak 25.000 penduduk dan dipercaya sebagai salah satu kota dengan predikat kota tertua yang ada di dunia.

Bahkan kota ini sudah ada sejak tahun 9.000 SM dan kira-kira usianya sudah sekitar 10.000 tahun. Selain itu Kota Jericho juga memiliki banyak kekayaan sejarah, karena letak geografisnya yang unik.

Bagi kamu yang penasaran dengan kota ini, kamu bisa melihat kawasan lembah, serta bangunan-bangunan tua bersejarah, seperti benteng, menara, dan bangunan-bangunan lainnya.

10. Gaziantep, Turki

Gaziantep Turki - 10 Kota Tertua di Dunia yang Masih Eksis

Kota tertua di dunia selanjutnya adalah Gaziantep, yang terletak di sekitar 185 km timur laut dari kota Adana, Turki. Dahulu kota ini memiliki nama Antep.

Menjadi salah satu kota tertua di dunia, kota ini juga diperkirakan telah ada sejak tahun 3.650 SM. Untuk jumlah penduduk, sekitar 1,3 juta jiwa mendiami kota yang masuk dalam kota terpadat ke 6 di Turki itu.

Tidak hanya indah dan bersejarah, ketika kamu berkunjung ke kota ini, kamu akan disuguhkan dengan keramahan penduduknya, sehingga membuat para wisatawan betah.

Bagaimana, apa kamu tertarik untuk mengunjungi kota-kota tertua tersebut, sebagai wisata sejarah dunia? Wah, pasti sangat mengasyikkan ya!

Jangan lupa, gunakan kartu kredit khusus untuk liburan, agar keuanganmu selama berlibur tetap aman. Kamu bisa gunakan kartu kredit BRI World Access, yang banyak memberikan keuntungan seperti free ex lounge di Indonesia dan promo menarik di merchant premium. Tunggu apa lagi? Yuk, apply sekarang juga melalui CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk