11 Manfaat Garam Selain untuk Memasak

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Ternyata, terdapat cukup banyak lho manfaat garam selain untuk memasak. Bumbu satu ini memang seakan menjadi bahan wajib yang harus selalu ada di berbagai jenis masakan.

Bahkan, untuk memasak makanan manis pun dibutuhkan garam sebagai penyeimbang rasa.
Karena hal itulah, masyarakat luas mengetahui bahwa manfaat garam hanya sebatas ketika sedang di dapur saja.

Padahal, garam juga turut memiliki segudang manfaat lainnya selain untuk memasak, termasuk dalam membantu kita untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Wah, kira-kira apa saja ya manfaat garam selain untuk memasak? Tak perlu banyak basa-basi, yuk kita simak saja pembahasan bermanfaat kali ini.

Manfaat Garam Selain untuk Memasak

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat garam selain untuk memasak yang bisa kamu coba praktekan sendiri di rumah, yaitu adalah:

1. Manfaat Garam Sebagai Penghilang Bau Kaki dan Sepatu

Banyak orang yang tidak mencuci sepatunya karena khawatir akan warna sepatu yang menjadi luntur atau pudar.

Karenanya, sepatu justru dibiarkan begitu saja tanpa dicuci dalam waktu yang sangat lama. Padahal, perlu diketahui bahwa hal ini malah bisa membuat sepatu menjadi mengeluarkan aroma tidak sedap, yang berpotensi akan turut menular menjadi bau kaki.

(Baca Juga: Manfaat Genjer untuk Tubuh)

Menular pada kaki, tak jarang pula aroma juga bisa menular ke sepatu. Lalu, bagaimana jadinya jika aroma tak sedap yang keluar dari sepatu, kaki, dan kaos kaki menjadi satu?

Tentunya aroma menjadi tak terkontrol lagi. Nah, jika hal ini terjadi padamu, maka salah satu cara menyiasatinya yaitu dengan menggunakan garam.

Salah satu manfaat garam selain untuk memasak yaitu untuk menghilangkan aroma tak sedap yang keluar dari sepatu dan kaki. Caranya yaitu dengan cukup menaburkan garam ke dalam sepatu. Cukup mudah, bukan?

2. Manfaat Garam Sebagai Pembersih Vas Bunga

Manfaat garam selain untuk memasak selanjutnya yaitu dengan dijadikan sebagai pembersih vas bunga.

Ketika bunga menjadi layu, maka terkadang bekas air endapan bunga bisa meninggalkan jejak bekas kusam di dasar vas, yang membuatnya tidak enak dipandang.

Dengan garam, kamu bisa menyiasati hal ini dengan mudah. Kamu hanya perlu gosokkan garam ke seluruh permukaan dinding vas, kemudian mencucinya dengan air dan sabun.

Apabila lubang vas terlalu kecil dan tanganmu tidak bisa masuk ke dalamnya, maka kamu bisa memenuhi vas menggunakan air garam sampai penuh.

Setelahnya, baru kocok lah dengan bersih atau menggosoknya dengan sikat botol. Lalu, baru bisa dengan air hingga bersih.

3. Manfaat Garam Sebagai Penghilang Noda Makanan Pada Baju

Manfaat garam selain untuk memasak yang patut dicoba selanjutnya adalah sebagai penghilang noda makanan yang terdapat di pakaian.

Biasanya, noda seperti ini seringkali kamu temui di baju anak-anak yang cenderung masih sembarang ketika menyentuh makanan.

Apalagi jika berhubungan sama baju berwarna putih, tentunya noda akan terlihat begitu mengganggu, bukan?

Ditambah lagi jika harus berhadapan pula dengan noda yang sulit dihilangkan seperti minyak dan saus sambal.

Oleh karena itu, kamu bisa menaburi garam ke noda yang terdapat di pakaian, sehingga noda tersebut bisa terserap oleh garam dan mencegah untuk menyebar lebih besar lagi ke daerah lainnya. Setelah itu, kamu bisa mencuci pakaian seperti biasa.

4. Manfaat Garam Sebagai Pembersih Furniture

Furniture yang terbuat dari anyaman rotan biasanya mudah lapuk dan menguning apabila dibiarkan terlalu lama di bawah sinar matahari dan polusi.

Karenanya, kamu perlu menjaga keawetan dari barang tersebut dengan menggunakan air garam.

Sepertinya masih banyak yang belum mengetahui bahwa salah satu manfaat garam selain untuk memasak adalah sebagai pembersih furniture.

Caranya juga cukup mudah kok. Kamu hanya perlu menggosoknya dengan menggunakan sikat kaku yang sudah dicelupkan terlebih dahulu ke air garam hangat.

Tak hanya itu, cara ini juga bisa kamu lakukan untuk merawat furniture kayu yang sudah ketumpahan kuan atau air panas.

Dengan cukup meracik 1 sdt garam dan setetes sampai dua tetes air, kamu bisa menggosokkan permukaan kayu yang bernoda dengan lembut.

Lakukan ini setidaknya setahun sampai dua tahun sekali, dan nikmatilah keawetan dari barang-barang antik yang kamu miliki.

5. Manfaat Garam Sebagai Penghilang Noda Kuning di Sekitar Ketiak

Manfaat garam selain untuk masak selanjutnya adalah sebagai penghilang noda kuning pada pakaian, yang seringkali kamu temukan di area ketiak.

Biasanya, noda ini berasal dari keringat yang diproduksi oleh ketiak. Tentunya kamu akan merasa tidak percaya diri jika menemukan noda kuning yang terdapat di pakaian yang sedang kamu kenakan, bukan? Apalagi jika memakai baju putih, noda akan dengan mudah terlihat.

Oleh karena itu, atasilah dengan menggunakan garam. Caranya tak jauh berbeda dengan ketika menghilangkan noda makanan.

Kamu hanya perlu menaburkan garam dengan campuran air panas, kemudian olesi lah pada pakaian yang terdapat noda. Setelah itu, rendam dan tunggulah beberapa saat hingga noda terangkat sempurna.

6. Manfaat Garam Sebagai Pembersih Karpet

Karpet yang sering kita jadikan pijakan di dalam aktivitas tentunya tak luput dari berbagai noda membandel, bukan?

Nah, salah satu manfaat garam selain untuk memasak yaitu dengan dijadikan sebagai penghilang noda di karpet. Terdapat beberapa teknik yang bisa kamu lakukan, yaitu adalah:

  • Tumpahan Kuah Sup atau Semur

Jika terdapat noda kuah sup atau semur di karpet, maka kamu hanya perlu menutupnya dengan taburan garam, guna mencegah noda yang menyebar ke berbagai arah lainnya yang tak diinginkan.

Diamkan beberapa saat sebelum kamu mulai mencuci karpet sesuai dengan petunjuk yang sesuai.

  • Tumpahan Minyak

Minyak memang dikenal sebagai noda membandel yang sulit dibersihkan. Namun, ternyata salah satu manfaat garam selain untuk memasak yaitu untuk membersihkan tumpahan minyak ini.

Caranya yaitu dengan melarutkan garam dan alkohol dengan perbandingan 1:4. Kemudian, celupkan kain bersih ke dalam larutan tersebut dan gosokkanlah ke noda bekas minyak secara kuat sambil mengikuti arah alur karpet. Lalu, baru bilas menggunakan air hingga bersih.

  • Tumpahan Red Wine

Jika kamu menumpahkan red wine ke karpet, maka segeralah dibersihkan dan keringkan sisa red wine yang masih menggenang tersebut dan taburi area karpet yang terkena noda dengan menggunakan garam.

Lalu, diamkan selama kurang lebih 15 menit atau hingga garam berubah warna menjadi pink, karena telah menyerap sisa cairan yang dalam serat karpet.

Lalu, barulah gosok noda yang masih tersisa dengan menggunakan larutan ⅓ cangkir cuka putih dan ⅔ air putih biasa.

7. Manfaat Garam untuk Mengikis Karat

Manfaat garam selain untuk memasak selanjutnya adalah untuk merawat barang-barang yang terbuat dari besi, guna mencegah terjadinya karat.

Hal ini sebenarnya banyak yang belum diketahui oleh orang. Padahal, hanya dengan menggunakan bahan alami pun kamu tetap bisa merawat barang-barang dari karatan.

Kamu hanya perlu mempersiapkan larutan campuran garam dan person jeruk nipis. Kemudian, celupkan kain ke dalam larutan tersebut dan gosoklah ke bagian besi yang sudah mulai berkarat. Lakukanlah secara berkala untuk memberikan hasil maksimal.

8. Manfaat Garam untuk Membersihkan Noda Kopi dan Teh pada Cangkir

Manfaat garam selain untuk memasak selanjutnya adalah sebagai pembersih noda kopi dan teh yang tertinggal di cangkir.

Tentunya kamu tak mau kan jika cangkir kopi kesayangan justru menjadi kusam atau berubah warna karena noda kopi dan teh yang masih tertinggal?

Karena itu, kamu juga perlu merawatnya dengan baik. Salah satunya yaitu dengan menggunakan garam.

Cobalah untuk mencampurkan sabun cuci piring dengan garam, dan cucilah gelas seperti biasa. Apabila setelah dikeringkan kamu masih bisa melihat noda yang tertinggal, maka langkah selanjutnya adalah dengan mencampurkan cuka putih dan garam dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, gosokkan ke cangkir menggunakan spons hingga bersih.

9. Manfaat Garam untuk Membersihkan Drainase Air yang Tersumbat

Ketika mandi, kamu tentunya biasa menemukan rambut yang rontok atau bekas shampoo dan sabun yang menghambat aliran air pada drainase.

Apabila hal ini dibiarkan berlarut, maka kotoran pun akan semakin menumpuk, sehingga menimbulkan genangan di kamar mandi.

Karenanya, untuk membersihkan ini kamu bisa dengan melarutkan garam dan baking soda ke dalam setengah cangkir cuka.

Setelah itu, tunggulah sekitar kurang lebih 10 menit, lalu siramlah dengan air panas. Nantinya, air bisa mulai mengalir dengan bebas tanpa ada hambatan lagi.

10. Manfaat Garam untuk Membersihkan Teflon

Manfaat garam selain untuk memasak selanjutnya adalah sebagai pembersih alat masak seperti teflon. Teflon besi biasanya akan mudah karatan jika kamu terlalu sering mencucinya menggunakan air.

Oleh karena itu, kamu perlu membersihkannya dengan cara yang benar. Sesudah selesai masak, tuangkan sekitar ¼ cangkir garam ke dalam wajan yang masih panas, dan gosok menggunakan sikat kawat yang kaku.

Setelah itu, barulah lap hingga bersih dan lapisi wajan dengan minyak wijen atau minyak sayur sebelum disimpan kembali.

Akan tetapi, jangan gunakan cara ini untuk mencuci wajan anti lengket ya, karena sikat kawat berpotensi menggores lapisan.

11. Manfaat Garam untuk Membersihkan Kulkas

Nah, manfaat garam selain untuk memasak yang akan kita bahas terakhir yaitu untuk membersihkan kulkas.

Setelah mengeluarkan seisi kulkas, campurkanlah segenggam garam dengan 3,5 liter air hangan. Setelah itu, celupkan spons ke dalam larutan tersebut dan bersihkan setiap sisi kulkas dengan baik.

Larutan air garam ini tidak bersifat kerat, sehingga dijamin tidak akan menggores lapisan kulkas itu sendiri.

(Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis)

Dengan melihat banyaknya manfaat garam selain untuk memasak, hal ini tentu membuat bumbu satu ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Ditambah lagi bahwa kehadiran garam memang sangatlah dibutuhkan untuk membuat berbagai hidangan di dapur.

Nah, apabila kamu belum memiliki modal cukup, kamu bisa lho menyiasatinya dengan mengajukan pinjaman di CekAja.com.

Dengan seluruh proses yang dilakukan secara online, pengajuan pun menjadi jauh lebih mudah dan cepat tanpa perlu ke luar rumah barang sama sekali.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan pinjaman hanya di CekAja.com dan wujudkan lah bisnis impianmu.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha