15 Kerajinan dari Kayu Paling Kreatif, Unik, dan Estetik

8 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Meski terkesan jadul, kini kerajinan dari kayu justru mulai diminati kembali, oleh sebagian masyarakat. Bagaimana tidak? Kini, berbagai kreasi kerajinan kayu semakin luas, yang tentunya sangat kreatif, unik dan estetik.

15 kerajinan dari kayu paling kreatif, unik, dan estetik

Buat kamu yang suka hal-hal berbau natural, rustik atau vintage, mungkin akan sangat menyukai berbagai kerajinan dari kayu berikut ini. Terlebih, barang-barang yang terbuat dari kayu memang lebih terlihat alami, dan lebih kuat.

Bahan Dasar Kayu, Sangat Cocok Dijadikan Berbagai Kerajinan

Para pengrajin, memang sering menjadikan kayu sebagai bahan kerajinan yang bernilai tinggi. Meski tingkat kesulitan yang tinggi, ketimbang bahan dasar kerajinan lainnya, kayu juga sering dijadikan bahan untuk membuat kerajinan tangan handmade, sendiri di rumah.

Jenis Kayu yang Sering Dijadikan Bahan Kerajinan

Adapun berbagai jenis kayu yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan ini, perlu diketahui juga. Pasalnya, setiap kayu, memiliki karakteristik, ciri khas, hingga kegunaan yang berbeda.

Bahkan, jika dilihat dari tekstur dan berat kayu, bisa dijadikan kerajinan yang berbeda-beda juga, sehingga kamu pun bisa menyesuaikan sesuai jenis dan kegunaannya. Nah, biar gak bingung dengan jenis-jenis kayu yang sering digunakan bahan kerajinan, yuk intip di sini:

Kayu Jati

  • Lebih awet, bahkan disebut rajanya kayu
  • Berwarna cokelat muda
  • Daya retak renda
  • Memiliki serat lurus
  • Tekstur agak kasar
  • Biasa dijadikan bahan mebel
  • Banyak ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Kayu Pinus/ Kayu Jati Belanda

  • Jenis kayu paling diidolakan
  • Harganya murah
  • Bobotnya ringan
  • Memiliki warna kayu yang terang dan mudah ditimpa dengan warna lain
  • Sering dibuat berbagai kerajinan dari kayu yang estetik
  • Cocok digunakan untuk membuat perabot minimalis

Kayu Mahoni/Magohani

  • Sering digunakan untuk bahan mebel dan alat olahraga
  • Bisa digunakan untuk membuat alat musik
  • Tingkat ketahanan dan keawetan pas
  • Tak tahan rayap
  • Sering digunakan untuk kerajinan tangan

Kayu Trembesi

  • Memiliki warna apik putih di pinggiran dan cokelat di tengah
  • Umumnya digunakan untuk membuat meja
  • Sering digunakan untuk membuat furnitur

Kayu Akasia

  • Penampilan mirip jati
  • Memiliki warna cokelat
  • Memiliki serat yang menarik dan mudah diproses
  • Masih rentan rayap dan jamur
  • Lebih berat
  • Memiliki bau seperti bau pesing

(Baca Juga: 5 Kerajinan dari Sabut Kelapa)

Nah, jika dilihat dari jenis-jenis kayu di atas, pasti hasil kerajinannya bisa jadi super kreatif, unik dan estetik ya. Kira-kira kerajinan dari kayu apa saja sih, yang saat ini sedang banyak menarik perhatian para pecinta kayu?

Yuk, langsung saja intip 15 kerajinan dari kayu, yang sudah dirangkum CekAja berikut ini.

15 Kerajinan dari Kayu Paling Kreatif, Unik, dan Estetik

1. Lampu Meja/Hias

Lampu Meja Hias - 15 Kerajinan dari Kayu Paling Kreatif Unik dan Estetik

Kerajinan dari kayu paling kreatif, unik dan estetik yang pertama adalah lampu meja atau lampu hias kayu. Bagaimana tidak unik? Lampu kayu ini, secara keseluruhan terbuat dari kayu, sehingga terlihat sangat estetik.

Bahkan, jika kamu memiliki peralatan memadai, kamu juga bisa membuat kerajinan lampu kayu ini, sendiri di rumah. Untuk jenis kayu yang bisa digunakan adalah kayu magohani hingga pinus.

Namun, jika kamu ingin membelinya tanpa repot-repot bikin, lampu meja dan hias dari kayu, juga sudah banyak dijual. Untuk harganya, dibanderol mulai dari Rp100.000 hingga jutaan.

2. Tatakan gelas

Tatakan gelas - 15 Kerajinan dari Kayu Paling Kreatif Unik dan Estetik

Terlihat sangat simpel, namun kerajinan dari kayu yang satu ini sangat memberikan kesan natural dan estetik loh. Ya, tatakan gelas dari kayu kini, sedang menjadi tren, terutama bagi para pecinta tema rustik dan vintage.

Tatakan gelas dari kayu ini, biasanya terbuat dari potongan kayu pinus, tanpa merubah bentuknya, serta hanya melakukan finishing saja hingga pengecatan lapisan bening.

Karena bentuknya yang estetik, tatakan gelas dari kayu ini, sering digunakan kafe, restoran, hingga rumahan. Harganya pun sangat terjangkau, yakni mulai Rp6000 per buah.

3. Kalender Kayu

Kalender Kayu - 15 Kerajinan dari Kayu Paling Kreatif Unik dan Estetik

Biasa terbuat dari kertas, bagaimana jika kalender terbuat dari kayu? Ya, kerajinan dari kayu yang satu ini memang sangat memberi kesan unik dan estetik.

Selain itu, kesan simpel juga ada pada kalender kayu ini, karena tidak memerlukan ruang yang banyak. Biasanya kalender kayu, dipajang dengan cara diletakan di meja.

Memiliki bentuk seperti kubus, sehingga kamu bisa dengan mudah mengubah angka, yang tertera di setiap sisi ketika hari telah berganti.

Namun, jika kamu tidak ingin mengganti tanggal secara manual, beberapa kalender kayu juga ada yang dibuat digital. Sehingga, hari, tanggal, bulan, hingga jam akan berganti sendiri, namun tentunya dengan bantuan baterai atau listrik.

Harga dari kalender kayu ini juga cukup terjangkau, yakni mulai Rp50.000 untuk kalender kayu manual, dan mulai Rp300.000 untuk yang digital.

4. Alat Makan Kayu

Alat Makan Kayu - 15 Kerajinan dari Kayu Paling Kreatif Unik dan Estetik

Sedang ramai new normal starterpack, membuat banyak orang berlomba-lomba membawa semua peralatan pribadinya sendiri, termasuk alat makan. Agar lebih ramah lingkungan, alat makan dari kayu, sangat cocok untuk jadi pilihan new normal starterpack kamu.

Selain ramah lingkungan, kerajinan dari kayu ini juga terlihat unik. Alat makan yang bisa dibuat dari kayu, juga bukan hanya sendok dan garpu, tetapi juga ada piring, mangkok, sedotan, talenan, nampan dan lainnya.

Harga peralatan makan dari kayu juga standar dan tidak terlalu mahal, meski memang akan lebih mahal dari peralatan pada umumnya yang terbuat dari stainless steel dan keramik.

Yakni mulai dari Rp10.000 per buah untuk sendok garpu, dan mulai Rp50.000 untuk peralatan makan lainnya seperti piring dan mangkok.

5. Jam Tangan

Jam Tangan - 15 Kerajinan dari Kayu Paling Kreatif Unik dan Estetik

Kerajinan dari kayu yang sudah cukup lama hadir di pasar Indonesia adalah jam tangan kayu. Kini, jam tangan kayu mulai diminati para pecinta kayu dan tema vintage.

Untuk harga, jam tangan kayu tentunya lebih mahal, dari kerajinan lainnya. Hal itu dikarenakan menggunakan jenis kayu kualitas baik, tahan lama, hingga proses pengerjaannya yang cukup sulit dan detail.

Harga jam tangan kayu bisa dibanderol mulai dari Rp300.000 hingga jutaan rupiah. Merek-merek jam kayu lokal terkenal, saat ini sebuat saja seperti Matoa, Ina Watch, Lanccelot dan masih banyak lagi.

6. Radio Jadul

Radio Jadul - 15 Kerajinan dari Kayu Paling Kreatif Unik dan Estetik

Meski sudah jarang digunakan, karena sudah ada teknologi radio di smartphone, namun radio dari kayu ternyata masih banyak peminatnya. Pasalnya, radio kayu memiliki nilai seni tinggi dan memberikan kesan jadul dan antik.

Bentuknya yang unik dan kecil, membuat radio kayu tidak hanya dijadikan alat penghibur, tapi juga mempercantik sudut rumah. Harga radio kayu antik saat ini cukup mahal, karena sudah menjadi barang langka, yakni mulai Rp500.000 hingga jutaan rupiah.

7. Vas Bunga

Vas Bunga - 15 Kerajinan dari Kayu Paling Kreatif Unik dan Estetik

Biasa terbuat dari keramik dan kaca, vas bunga juga bisa dibuat dari bahan kayu loh. Kerajinan dari kayu berupa vas ini, tentunya tidak kalah menarik perhatian para pecinta kayu.

Terlebih, vas bunga kayu juga bisa diisi dengan berbagai bunga kering, yang bisa menambah kesan vintage. Untuk harga vas kayu sendiri juga beragam, mungkin tergantung dari jenis kayu yang digunakan, hingga bentuk dan proses pembuatannya.

Satu buah vas kayu bisa dibanderol mulai dari Rp50.000 hingga ratusan ribu.

8. Dipan Tempat Tidur

Dipan Tempat Tidur - 15 Kerajinan dari Kayu Paling Kreatif Unik dan Estetik

Pernah melihat palet kayu bekas pengiriman barang impor dari luar negeri? Ya, ternyata kayu bekas palet tersebut bisa dijadikan berbagai jenis kerajinan dari kayu, termasuk untuk dipan tempat tidur.

Jenis kayu palet itu sendiri adalah kayu pinus atau jati belanda, yang mudah dibentuk. Biasanya, kayu bekas palet akan dibongkar menjadi beberapa bagian, lalu dirangkai menjadi berbagai barang-barang unik.

Seperti dipan tempat tidur ini, yang bisa terlihat sangat estetik, natural, dan murah, ketimbang membeli dipan tempat tidur langsung di toko mebel.

Kamu bisa menggunakan beberapa bagian palet untuk dijadikan dipan tempat tidur kayu. Biasanya, untuk dipan, kamu hanya memerlukan palet sebanyak 8 buah. Setelah itu letakan kasur diatasnya.

Untuk satu buah palet bekas di tukang kayu, bisa dibanderol mulai dari Rp50.000. Harga yang tertera biasanya merupakan harga kayu yang masih berkondisi baik, bersih, dan tidak retak. Murah bukan.

9. Cermin Hias

Cermin Hias - 15 Kerajinan dari Kayu Paling Kreatif Unik dan Estetik

Kerajinan dari kayu yang saat ini juga sangat dicari pecinta kayu adalah cermin hias untuk ruang tamu. Cermin hias kayu, biasa berbentuk bulat, dan terbuat dari kayu jati.

Dengan nilai estetika yang tinggi dan dengan bahan kayu berkualitas tinggi, maka tak heran jika harga cermin hias kayu cukup tinggi. Untuk satu buah cermin hias kayu berukuran diameter 60 cm mulai Rp500.000.

10. Standing Hanger

Standing Hanger - 15 Kerajinan dari Kayu Paling Kreatif Unik dan Estetik

Selain menjadi hiasan yang estetik, standing hanger dari kayu juga sangat fungsional. Kerajinan dari kayu ini juga tak kalah diminati oleh pecinta kayu.

Harga untuk satu buah standing hanger kayu bisa dibanderol mulai dari Rp300.000. Bagaimana? Berminat untuk memiliki satu kerajinan kayu yang estetik ini?

11. Casing Handphone

Casing Handphone - 15 Kerajinan dari Kayu Paling Kreatif Unik dan Estetik

Tidak hanya untuk pelindung, casing handphone juga digunakan untuk mempercantik tampilan ponsel kamu. Namun, kerajinan dari kayu berupa casing handphone kini juga sangat menarik perhatian pecinta kayu loh.

Meski tak secara keseluruhan terbuat dari kayu, namun casing handphone kayu ini memang membuat ponsel, jadi terlihat unik. Untuk harga satu buah casing handphone dibanderol mulai Rp100.000.

12. Backdrop Lamaran/Pernikahan

Backdrop Lamaran atau Pernikahan

Tren lamaran dan pernikahan dengan tema rustik dan vintage, membuat para pengrajin kayu kebanjiran pesanan untuk membuat backdrop dari kayu. Ada berbagai desain backdrop dari kayu yang ditawarkan.

Namun, secara keseluruhan semua desainnya tetap terlihat minimalis dan simpel. Belum lagi jika ditambah dengan hiasan bunga, dan kerajinan dari kayu lainnya.

Backdrop lamaran dan pernikahan dari kayu ini, juga bisa dijadikan rekomendasi lamaran dan pernikahan yang modern dan cukup terjangkau.

Bahkan, saat ini juga sudah banyak jasa dekorasi, yang menawarkan backdrop dari kayu, dengan tema rustik dan vintage. Namun, jika kamu mau buat sendiri tanpa jasa dekorasi, kamu bisa membeli backdrop dengan harga mulai dari Rp500.000 hingga Rp2 juta-an.

13. Name Signage Kayu

Name Signage Kayu - 15 Kerajinan dari Kayu Paling Kreatif Unik dan Estetik

Selain backdrop, kerajinan dari kayu ini juga sering dicari para calon pasangan menjelang pernikahan, yakni tulisan nama dari kayu. Biasanya, pesanan nama dari kayu ini bisa berupa inisial atau nama lengkap kedua pasangan.

Tidak hanya untuk keperluan lamaran atau pernikahan, tulisan dari kayu juga bisa digunakan untuk keperluan rumah. Misalnya tulisan nomor rumah, blok, hingga RT/RW.

Untuk harga pesanan nama dari kayu dibanderol Rp100.000 per nama, berukuran 30 cm.

14. Meja Akar Kayu Jati Abstrak

Meja Akar Kayu Jati Abstrak - 15 Kerajinan dari Kayu Paling Kreatif Unik dan Estetik

Buat para ibu-ibu rumah tangga, kerajinan dari kayu yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi. Ya, meja akar kayu jati abstrak, kerap dicari para ibu rumah tangga untuk mempercantik rumah.

Bukan meja hias biasa, meja ini biasanya berbentuk potongan akar atau batang kayu jati besar, yang abstrak, dengan menggunakan kaki besi.

Bentuknya yang abstrak inilah, yang membuat nilai estetikanya keluar. Terlebih untuk kebutuhan hiasan di sudut-sudut ruangan. Untuk satu buah meja akar kayu ini, dibanderol mulai dari Rp300.000 untuk ukuran diameter 50cm.

(Baca Juga: 15 Ide Sofa Ruang Tamu Sempit)

15. Tempat Roti

Tempat Roti - 15 Kerajinan dari Kayu Paling Kreatif Unik dan Estetik

Kerajinan dari kayu yang terakhir ini, biasa ditemukan di dapur. Selain unik, tempat roti dari kayu juga bisa mempercantik dapur kamu.

Dengan ruang yang luas, tempat roti kayu ini juga sangat fungsional. Untuk harga tempat roti kayu ini, dibanderol mulai dari Rp250.000.

Nah, itu dia beberapa informasi tentang kerajinan dari kayu paling kreatif, unik, dan estetik, yang sedang banyak dicari sekarang-sekarang ini. Melihat trennya sedang melambung, kerajinan kayu ini juga bisa kamu jadi peluang usaha loh.

Tidak perlu yang sulit, kamu bisa mulai bisnis kerajinan kayu yang mudah dulu, seperti membuat tatakan gelas dari kayu pinus. Selanjutnya, baru bisa kamu kembangkan menjadi bisnis besar.

Untuk soal modal usaha, tak perlu pusing, karena CekAja.com akan senantiasa membantu kamu, untuk mendapatkan pinjaman dana usaha, dari berbagai perusahaan P2P hingga bank sekalipun.

Di CekAja.com, kamu juga bisa melihat berbagai informasi produk, membandingkannya, sekaligus mengajukan dengan mudah secara online.

Yuk, kapan lagi pinjam dana untuk modal usaha bisa semudah mengajukan lewa CekAja.com? Segera ajukan pinjaman dana terbaik pilihanmu hanya di CekAja.com!