21 Simbol-simbol di Panel Instrumen Mobil, Yuk Kenalan!

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Simbol-simbol di panel instrumen mobil dapat dikatakan sangatlah banyak dan wajib diketahui oleh setiap pengendara.

Ketika mengemudi mobil, kita tidak hanya harus memahami teknik berkendara saja, melainkan juga perlu mengerti tentang simbol-simbol yang terdapat di layar instrumen mobil.

Sebab, simbol tersebut sangat berguna bagi kita untuk mengetahui informasi terkait kondisi mobil, entah itu mengenai kerusakan, kegagalan sistem, dan situasi-situasi lainnya, yang bisa mencegah terjadinya masalah ketika tengah berkendara, agar tidak membahayakan.

Bagi kamu yang masih relatif awam dalam mengendarai mobil, pembahasan kita kali ini mungkin bisa sedikit membantu.

(Baca Juga: 10 Merk Accu Kering untuk Mobil Terbaik)

Simbol-simbol di Panel Instrumen Mobil

Secara keseluruhan, terdapat sekitar 21 simbol-simbol di panel instrumen mobil yang sebaiknya perlu kita ketahui dan pahami, yaitu adalah:

1. Simbol Check Engine

Simbol-simbol di panel instrumen mobil yang pertama adalah simbol check engine atau simbol untuk mengetahui kondisi mesin.

Mesin itu sendiri terdiri dari banyak komponen, sehingga untuk mengenali lebih detail mengenai titik permasalahannya, maka dibutuhkannya pembacaan oleh teknisi, yaitu dengan menggunakan alat On Board Diagnostic (OBD).

2. Suhu Radiator

Selanjutnya ada simbol untuk menunjukan status suhu radiator. Apabila simbol berwarna biru, maka biasanya indikator radiator akan memberitahu pengemudi bahwa suhu mesin belum cukup panas untuk mulai bekerja.

Sedangkan apabila simbol sudah berubah menjadi warna merah, maka dapat diartikan bahwa radiator justru sudah terlalu panas dan mesin harus segera dimatikan.

3. Simbol Aki

Perlu diketahui bahwa aki merupakan salah satu komponen terpenting untuk setiap kendaraan bermotor, baik itu untuk motor roda dua maupun mobil.

Sebab, tanpa adanya aki, dapat dipastikan mobil tidak akan bisa bekerja. Nah, simbol satu ini bisa menunjukan mengenai kondisi aki dari kendaraan kamu.

Apabila simbol terus menyala, maka menunjukan bahwa arus listrik pada mobil sudah melemah. Jika sudah begitu, terdapat dua kemungkinan yang terjadi.

Pertama, menandakan bahwa aki pada mobil sudah melemah dan harus diganti. Dan yang kedua, kepala pada aki mobil longgar, sehingga harus segera di cek.

4. Simbol Tekanan Oli

Simbol tekanan oli berfungsi untuk memberikan kamu informasi mengenai tekanan pada oli mesin kendaraan.

Apabila simbol dalam keadaan menyala, maka dapat diartikan mobil kehilangan tekanan oli, yang biasanya disebabkan karena oli mesin yang kurang, oli mesin yang bocor, atau kerusakan pada mesin lainnya yang bisa berdampak pada oli mesin itu sendiri.

5. Service

Simbol-simbol di panel instrumen mobil selanjutnya adalah simbol service, yang biasanya memiliki bentuk yang berbeda-beda, tergantung dari pabriknya masing-masing.

Namun biasanya, bentuk bisa menyerupai kunci tang dan mobil, atau kunci tang dan mesin. Arti dari simbol ini adalah, kamu harus segera memeriksakan kondisi kendaraan ke tempat service, untuk menghindari terjadinya permasalahan.

Nah, dalam hal ini kamu tak perlu khawatir, karena beberapa pabrik biasanya akan mengaktifkan indikator ini, sehingga pengemudi bisa selalu ingat untuk melakukan perawatan secara berkala dan terjadwal.

6. Simbol Indikator Bensin

Selanjutnya yang tak boleh terlewat adalah simbol indikator bensin, yang juga merupakan salah satu simbol-simbol di panel instrumen mobil.

Simbol satu ini sangatlah penting, karena berfungsi untuk memberikan informasi terkait sisa bahan bakar yang tersedia pada mobil.

Selain memiliki tampilan berupa indikator jarum, ada pula beberapa mobil yang juga hadir dalam bentuk digital.

Meskipun memiliki tampilan yang berbeda, biasanya simbol indikator bensin sama-sama dibekali dengan tanda huruf F dan E.

Huruf F menandakan bahwa bahan bakar masih dalam keadaan penuh, sementara huruf E justru menunjukan bahwa bahan bakar dalam keadaan kosong dan harus segera diisi.

Semakin jarum pada indikator mengarah dari huruf F ke huruf E, maka hal tersebut menunjukan bahwa bahan bakar sudah mulai menipis.

7. Simbol Power Steering

Saat ini, sistem pemandu kemudi memang sudah semakin berkembang. Ada yang berupa hidrolis, ada pula yang berupa elektrik.

Akan tetapi, mau bagaimanapun sistemnya, ketika terjadi anomali, maka hal tersebut dapat menimbulkan masalah pada pengendalian kemudi.

Sehingga, apabila simbol berbentuk kemudi stir ini menyala, maka dapat diartikan bahwa terdapat sesuatu yang tidak normal pada sistem pemandu kemudi.

Berhati-hatilah jika hal ini terjadi, maka ada baiknya periksa atau cek kembali kondisi mobil sebelum digunakan.

8. Simbol Rem Parkir

Apabila menyala, maka simbol ini bisa diartikan banyak hal. Pertama, simbol menyala bisa diartikan bahwa rem parkir atau rem tangan pada mobil masih dalam kondisi aktif.

Kedua, jika simbol menyala ketika sedang melaju padahal kondisi rem parkir sudah tidak aktif, maka bisa jadi mobil mengalami kekurangan minyak rem.

Ketiga, saat ini terdapat beberapa mobil yang sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS namun belum dilengkapi dengan simbol ABS itu sendiri.

Nah, apabila simbol menyala, bisa saja terdapat permasalahan yang terjadi pada sistem ABS mobil tersebut.

9. Simbol ABS

Simbol-simbol di panel instrumen mobil selanjutnya adalah simbol ABS, seperti yang telah kita singgung sedikit di poin sebelumnya.

Walaupun tidak semuanya, namun saat ini terdapat beberapa mobil yang sudah dilengkapi dengan simbol ABS ini.

Apabila simbol dalam keadaan menyala, maka dapat diartikan terjadi suatu masalah terhadap sistem ABS di mobil tersebut.

10. Simbol Kunci Tidak Terbaca

Simbol ini biasanya terdapat di mobil-mobil yang dilengkapi dengan sistem Immobilizer, dimana mobil tidak akan mau menyala jika bukan menggunakan kunci yang seharusnya, baik itu dengan menggunakan Smart Key atau kunci mekanis.

Apabila simbol ini menyala, maka kunci yang seharusnya digunakan untuk mengaktifkan mobil tidak terbaca oleh sistem.

Sebaiknya, jangan dulu menggerakan mobil sebelum kunci ditemukan dan lampu yang menyala di simbol tersebut hilang dari panel instrumen mobil.

11. Simbol Stability Control

Simbol-simbol di panel instrumen mobil selanjutnya adalah simbol stability control. Apabila simbol dalam keadaan menyala, maka artinya terdapat suatu masalah yang terjadi pada fitur stability control mobil.

12. Simbol Cruise Control

Ketika simbol ini menyala, maka dapat menunjukan bahwa terdapat fitur cruise control pada mobil yang sedang dalam kondisi aktif.

13. Tekanan Angin Ban

Simbol yang tak kalah pentingnya adalah tekanan angin ban. Biasanya, indikator ini baru muncul apabila mobil kamu juga dilengkapi dengan Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Sensor ini berfungsi untuk mengirimkan sinyal pada komputer apabila tekanan angin ban dirasa kurang. Jika simbol menyala, maka sebaiknya kamu segera mengecek tekanan angin pada ban mobil.

14. Simbol AirBag

Saat ini, setiap mobil sudah dilengkapi AirBag untuk menjaga keselamatan pengemudi ketika terjadinya suatu kejadian yang tak terduga.

Nah, apabila simbol AirBag ini menyala, maka bisa menandakan bahwa ada yang tidak beres dengan fitur keselamatan AirBag di mobil.

Sehingga, jika hal ini terjadi, maka segera periksakan mobil ke bengkel untuk mengetahui masalah apa yang sebenarnya tengah terjadi.

15. Simbol Sabuk Pengaman

Bila kamu kedapatan melihat simbol ini menyala pada layar instrumen, maka dapat diartikan terdapat pengemudi atau penumpang yang sedang tidak menggunakan sabuk pengaman ketika mobil tengah melaju.

Seiring berjalannya waktu, menyalanya lampu pada simbol ini juga dibarengi dengan bunyi suara peringatan.

16. Diesel Particulate Filter

Simbol-simbol di panel instrumen mobil selanjutnya adalah Diesel Particulate Filter, yang biasanya memang hanya tersedia di mobil diesel saja.

Sesuai dengan namanya, simbol ini akan memberikan informasi khusus terkait perangkat diesel particulate filter (DPF) saja, dan bukan sampai ke mesin.

Sementara itu, DPF itu sendiri merupakan sebuah perangkat untuk menyaring partikel berbahaya yang terdapat di mesin diesel, sebelum dibuang ke knalpot.

Ketika simbol indikator menyala, maka dapat diartikan bahwa polutan yang tersaring oleh DPF sudah menumpuk, sehingga perlu segera diganti.

17. Simbol Pintu Terbuka

Selanjutnya adalah simbol pintu terbuka, yang saat ini sudah sangat umum dimiliki oleh setiap mobil.

Sesuai dengan namanya, nyalanya simbol ini akan menunjukan bahwa terdapat salah satu pintu yang belum tertutup secara sempurna atau kurang rapat ketika menutup.

18. Lane Departure Warning

Biasanya, indikator ini hanya akan menyala ketika mobil terdeteksi tengah melintas di jalur yang tidak seharusnya tanpa memberi peringatan ke pengguna jalan lainnya.

Dalam arti, kendaraan kamu sedang berada di dalam situasi yang membahayakan, sehingga harus segera mengoreksi jalur kemudi dan kembalikan posisi mobil ke lajur yang tepat.

Sistem ini biasa hanya terdapat di mobil-mobil yang memiliki fitur lengkap dan sudah dilengkapi dengan stereo camera untuk membaca marka jalan.

19. Simbol Lampu Kabut

Apabila kamu melihat simbol ini menyala, maka artinya lampu kabut pada mobil sedang dalam keadaan menyala.

Tak jarang pula terdapat beberapa mobil tertentu yang memiliki dua simbol, yaitu simbol lampu kabut depan dan simbol lampu kabut belakang.

20. Simbol Lampu Utama

Sama halnya dengan simbol lampu kabut, simbol lampu menyala menandakan bahwa lampu utama pada mobil sedang dalam kondisi menyala.

21. Simbol Lampu Isyarat dan Hazard

Simbol-simbol di panel instrumen mobil selanjutnya adalah simbol lampu isyarat dan hazard. Simbol biasanya menjadi satu kesatuan, tergantung menyalanya.

Apabila kamu menyalakan lampu isyarat atau lampu sein kanan, maka dapat diartikan bahwa lampu isyarat sebelah kanan sedang dalam keadaan aktif, begitupun sebaliknya.

Sementara jika simbol lampu isyarat menyala dua-duanya, maka bisa diartikan bahwa lampu hazard atau lampu isyarat tanda bahaya sedang dalam kondisi aktif.

Jadi, itulah beberapa simbol-simbol di panel instrumen mobil yang perlu kamu ketahui, sebagai pengemudi yang memang sering menggunakan mobil dalam bermobilitas.

(Baca Juga: Keuntungan Kartu Kredit Promo Isi Bensin)

Nah, selain kamu harus memperhatikan simbol yang ada, jangan lupa juga bahwa kamu perlu mengeluarkan sejumlah dana untuk keperluan perawatan mobil, seperti membeli aki secara berkala dan mengisi bahan bakar apabila sudah mulai menipis.

Oleh karena itu, agar lebih hemat, gunakan saja kartu kredit. Sebab, kartu kredit seringkali memberikan berbagai promo dan diskon menarik yang bisa membuat pengeluaran kamu menjadi lebih hemat.

Belum memiliki kartu kredit? Segera ajukan saja di CekAja.com! Selain seluruh proses pengajuan bisa dilakukan secara online sepenuhnya, melalui CekAja.com kamu juga bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup. Sangat mudah dan cepat kan!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha