Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

3 Daftar Sekolah Bisnis secara Online Terbaik di Dunia untuk Jenjang S2

by Kyla Damasha on 18 Februari, 2020

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan internet, daftar sekolah bisnis secara online terbaik di dunia sepertinya juga semakin diburu, khususnya bagi orang-orang yang tertarik untuk terjun di dunia bisnis.

daftar sekolah bisnis secara online terbaik di dunia

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa hadirnya teknologi dan internet membuat bidang bisnis itu sendiri semakin terbuka lebar dan menjadi salah satu profesi yang sangat menjanjikan, bahkan untuk masa yang akan datang.

Masyarakat sudah tidak perlu lagi memiliki bisnis dalam bentuk fisik dan melakukan direct selling kepada calon konsumen, melainkan seluruhnya sudah bisa dilakukan secara online, mulai dari mempromosikan hingga memasarkan.

Namun meskipun cenderung menjanjikan, terjun ke bidang bisnis juga memiliki risiko kegagalan yang jauh lebih besar dibandingkan profesi lainnya. Mengapa? Karena seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak pula bisnis-bisnis yang bermunculan.

Para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk bisa menciptakan inovasi baru agar tidak tergeser dengan kompetitor lain yang memiliki bisnis yang serupa. Pada dasarnya, setiap orang yang terjun ke dunia bisnis sudah harus siap untuk melalui kompetisi yang ketat dan kegagalan.

Nah, dikarenakan hal itulah banyak orang yang lebih memilih untuk bekerja sebagai karyawan terlebih dahulu sembari mengumpulkan modal dan belajar serta menambah wawasan mereka di bidang bisnis, untuk meminimalisir kegagalan dan kerugian yang tidak menutup kemungkinan untuk terjadi.

Namun, tentu menyeimbangkan waktu antara bekerja dan belajar terkadang menjadi kesulitan tersendiri bagi sebagian orang, dan dikarenakan hal inilah tak jarang justru banyak karyawan yang lebih memilih untuk mencari daftar sekolah bisnis secara online terbaik di dunia untuk menimba ilmu mereka di bidang bisnis tanpa harus mengorbankan kewajiban mereka sebagai karyawan.

Apa kamu saat ini merupakan salah satu yang sedang mempertimbangkan untuk terjun ke dunia bisnis? Jangan asal pilih sekolah! Yuk disimak dulu beberapa daftar sekolah bisnis secara online terbaik di dunia yang wajib kamu jadikan pilihan.

(Baca Juga: Ingin Jadi Chef Handal? Ini Pilihan Sekolah Chef Terbaik Di Australia)
Daftar Sekolah Bisnis Secara Online Terbaik di Dunia
1. IE Business School

Daftar sekolah bisnis secara online terbaik di dunia yang pertama adalah IE Business School yang terletak di Kota Madrid, Spanyol. Diajarkan dengan menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris, IE Business School menerapkan sistem blended methodology atau sistem pengajaran gabungan antara online course dan pengajaran tatap muka.

Maka dari itu, jika kamu ingin masuk menjadi mahasiswa dari daftar sekolah bisnis secara online terbaik di dunia satu ini, setidaknya kamu harus tinggal di lokasi dekat dengan lokasi kampus yang memungkinkanmu untuk bisa datang ke kampus sewaktu-waktu apabila diperlukan.

Walaupun kampus pusat terletak di Spanyol, namun Universitas IE Business School memiliki beberapa cabang yang tersebar di empat kota besar, yaitu Madrid, London, Singapura, dan Los Angeles.

Berdurasi selama 15 bulan pembelajaran dan dibagi ke dalam tiga semester, setiap mahasiswa akan melakukan video call bersama dengan dosen sekitar kurang lebih 20 kali yang mana biasanya dilakukan setiap hari Sabtu.

Selain itu, tidak hanya belajar teori saja, para mahasiswa juga akan belajar langsung di lapangan dengan melakukan observasi di beberapa perusahaan penting di dunia, agar mahasiswa bisa mengetahui cara kerja dari masing-masing perusahaan sekaligus faktor-faktor yang membuat perusahaan tersebut berkembang menjadi besar.

Syarat Pendaftaran

  • Pengalaman Kerja 10 Tahun
  • Lebih dari 5 Tahun Pengalaman Manajerial
  • Ijazah S1 atau Setara
Cara Pendaftaran
  • Mengisi form aplikasi online dengan menyertakan beberapa dokumen, yaitu: a) Ijazah S1, b) Transkrip nilai (Bahasa Inggris), c) 1 Lembar CV/resume, d) 2 Surat rekomendasi, e) 1 Personal statement/surat motivasi diri, f) Fotocopy paspor, g) 1 pas foto ukuran foto paspor, h) Membayar biaya pendaftaran 125 euro atau 175 euro apabila mendaftar untuk dua program sekaligus, i) TOEFL, IELTS, sertifikat Cambridge atau sejenisnya sesuai dengan program yang diambil.
  • Penilaian secara online (kamu akan diminta untuk menjawab tiga pertanyaan, dua dengan menggunakan format video dan satu menggunakan format tertulis)
  • Wawancara tatap muka melalui Skype bersama dengan perwakilan dari tim penerimaan mahasiswa
  • Keputusan akhir atau pemberitahuan bahwa kamu diterima sebagai bagian dari IE Business School
Mata Kuliah yang Diajarkan
  • Leading People in Global Organization
  • Financial Accounting
  • Marketing Management
  • Strategy
  • Economic Environment and Country Analysis
  • Financial Management
  • Strategy Implementation
  • Cost Accounting
  • Managing Communities of Work
  • Digital Innovation
  • Corporate Finance
  • Management Control Systems
  • Marketing, Strategy & Plan
  • Corporate Governance, Ethics, & Sustainability
  • Global Operation & Supply Chain Management
2. Imperial College Business School

Daftar sekolah bisnis secara online terbaik di dunia yang kedua adalah Imperial College Business School yang terletak di London, Inggris. Dengan durasi pembelajaran selama 2 tahun, kamu bisa terkoneksi dengan para dosen baik itu melalui online maupun melalui pembelajaran di kelas secara tatap muka.

Tidak hanya itu saja, setiap mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk berkunjung ke negara lain selama beberapa minggu untuk mengeksplorasi budaya dan bisnis dalam konteks internasional. Berdurasi selama 24 bulan atau setara dengan 2 tahun, salah satu daftar sekolah bisnis secara online terbaik di dunia ini juga menyediakan program beasiswa bagi yang membutuhkan.

Terdapat lima program beasiswa yang bisa kamu pilih dan dapat disesuaikan dengan kemampuan dan prestasi yang kamu miliki. Pertama ada Imperial Business Scholarship yang diperuntukan bagi siapapun yang memiliki latar belakang pendidikan, prestasi, hingga pencapaian yang memukau. Nilai dari biaya pendidikan ini adalah sebesar 5,000 euro.

(Baca Juga: 6 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Bisnis)

Selanjutnya ada beasiswa Dean’s Excellence Award yang bernilai 15,000 euro dan memiliki kuota yang terbatas. Jika kamu ingin mendaftar untuk jenis beasiswa satu ini, maka setidaknya kamu harus menjadi lulusan terbaik di Universitas tempat kamu dulu mengenyam pendidikan.

Kemudian ada beasiswa Future Leader Award yang memiliki nilai 10,000 euro dan memiliki persyaratan yang tidak jauh berbeda dari jenis-jenis beasiswa yang sudah disebutkan sebelumnya.

Selanjutnya beasiswa Loyalty Bursary yang secara otomatis akan mengurangi biaya pendidikan bagi seluruh mahasiswa yang mendapatkan tawaran dari program Global Online MBA di Imperial College Business School ini.

Dan yang terakhir ada Women’s Scholarship yang memiliki persyaratan yang sama seperti jenis-jenis beasiswa yang baru saja disebutkan sebelumnya, hanya saja beasiswa satu ini hanya diperuntukan bagi wanita saja.

Syarat Pendaftaran
  • Setidaknya 5 tahun pengalaman kerja. Namun untuk kandidat dengan 3 tahun pengalaman kerja di bidang yang sesuai dengan program yang dipilih bisa turut dipertimbangkan
  • Setidaknya berada di urutan kedua dari lulusan terbaik di Universitas tempat ia mengenyam pendidikan S1
  • Setidaknya merupakan karyawan di sebuah perusahaan finansial yang terletak di UK maupun di Irlandia
  • IELTS dengan nilai minimum 7.0 atau TOEFL IBT dengan nilai minimum 100
  • Hanya diperuntukan bagi mahasiswa yang tinggal di negara dengan bahasa pengantar bahasa Inggris saja, seperti Australia, Kanada, Guyana, Irlandia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Inggris, dan Amerika.
Cara Pendaftaran
  • Mengisi form aplikasi online dan menyertakan beberapa dokumen pendukung, yaitu: a) 2 Surat rekomendasi, b) Transkrip nilai dengan bahasa Inggris, c) Personal statement atau surat motivasi, d) CV, e) 1 Lembar berisikan perencanaan karir yang ingin kamu lakukan setelah lulus nanti, f) Membayar biaya pendaftaran sebesar 100 euro
  • Setelah lulus dari tahap screening, maka selanjutnya yaitu dengan melakukan wawancara secara online bersama dengan perwakilan dari penerimaan mahasiswa di kampus
  • Keputusan akhir yang memberitahukan bahwa kamu sudah diterima sebagai mahasiswa di Imperial College Business School
Pilihan Fakultas
  • Department of Analytics, Marketing & Operations
  • Department of Economics & Public Policy
  • Department of Finance
  • Department of Management & Entrepreneurship
3. Marshall Business School at the University of Southern California

Apabila di daftar sekolah bisnis secara online terbaik di dunia yang telah disebutkan sebelumnya hanya ada untuk jenjang pendidikan MBA saja, maka di Marshall Business School yang terletak di University of Southern California memiliki empat program yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa, yaitu Online MBA, Master of Business Taxation for Working Professionals, Master of Science of Global Supply Chain Management, dan Master of Management in Library and Information Science.

Tidak hanya belajar melalui online saja, disini kamu juga bisa membuat jadwal sendiri untuk hadir di dalam kelas secara langsung lho. Biasanya, pembelajaran secara online akan dilakukan mulai dari pukul 05.30 sore – 07.00 sore yang bisa disesuaikan dengan jadwal dari masing-masing mahasiswa.

Sementara itu untuk hadir di kampus, setiap mahasiswa diharuskan untuk datang ke kampus setidaknya seminggu sekali mulai dari pukul 07.30 malam sampai dengan jam 09.00 malam. Pembelajaran akan dilakukan selama 20 bulan atau setara dengan 5 semester dengan kelas online selama 60 sampai dengan 90 menit di setiap sesinya dan pertemuan secara langsung di kampus setiap minggunya selama 3 jam.

(Baca Juga: Daftar Universitas Terbaik di Dunia untuk Belajar Psikologi)
Syarat Pendaftaran
  • Setidaknya memiliki 1 tahun pengalaman kerja di bidang yang terkait
  • Transkrip nilai S1 (Bahasa Inggris)
  • GMAT
  • Personal Statement
  • CV
  • TOEFL IBT min. 100
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar 90 USD
Cara Pendaftaran
  • Mengisi form aplikasi online dan menyertakan beberapa dokumen pendukung
  • Setelah lulus tahap screening, maka selanjutnya pihak Universitas akan mengundangmu untuk melakukan wawancara, baik itu melalui telepon maupun datang langsung ke kampus (tergantung dari tempat tinggal kandidat)
  • Keputusan akhir yang menjadi penentu apakah kamu diterima atau tidak
Program yang Ditawarkan
  • Online MBA
  • Master of Business Taxation for Working Professionals
  • Master of Science of Global Supply Chain Management
  • Master of Management in Library and Information Science

Ternyata, bekerja sambil melanjutkan pendidikan sangat mungkin untuk dilakukan, bukan? Tanpa perlu meninggalkan kewajiban sebagai karyawan, kamu tetap bisa menggapai cita-cita dengan belajar di beberapa daftar sekolah bisnis secara online terbaik di dunia yang baru saja kita bahas.

Tetapi, tentu saja mendaftar untuk kuliah online juga memerlukan dana yang cukup. Nah, apabila kamu saat ini tengah bingung mengumpulkan dana untuk lanjut S2, yuk ajukan saja pinjaman untuk pendidikanmu di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda