Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Ingin Jadi Chef Handal? Ini Pilihan Sekolah Chef Terbaik Di Australia

by Maria Nofianti on 11 Februari, 2020

Berada di tengah konser musik, dengan suasana yang menyenangkan, pasti selalu membuat kita semua kompak. Namun kini ternyata selain musik hal yang bisa membuat orang bersatu adalah makanan. Misalnya di mana pun kamu pergi pasti yang dicari adalah makanannya, apa sih makanan khasnya? Makanan apa sih yang enak di sini dan sayang sekali untuk dilewatkan?

Ingin Jadi Chef Handal? Ini Pilihan Sekolah Chef Terbaik Di Australia

Ya, tren wisata kuliner yang akhir-akhir ini mencuat membuat banyak peluang usaha kreatif generasi kekinian, dari mulai blogger tentang kuliner atau food blogger, youtuber review makanan, fotografer makanan atau youtuber praktek memasak.

Bayangkan di bidang kuliner saja ada banyak peluang yang bisa dijadikan profesi oleh generasi milenial. Dan salah satunya yang tak kalah keren adalah menjadi chef. Soal memasak sekarang bukan hanya sekedar memasak loh, karena memasak adalah, paduan seni, kreativitas, dan juga kemampuan mengolah cita rasa.

Ada banyak sekolah atau kursus yang bisa membuat seseorang menjadi chef. Saat ini bagi kaum milenial menjadi chef adalah profesi yang bergengsi. Kesempatan untuk bekerja di restoran-restoran terkenal banyak menjadi impian anak muda sekarang. Sangat berbeda dengan jaman dulu, menjadi chef atau koki seringkali dianggap biasa saja, atau bahkan tak dianggap.

( Baca juga: Daftar Kartu Kredit Dengan Bunga Rendah Terbaik dan Menarik )

Keinginan banyak anak muda untuk menjadi chef barangkali juga ada peranan dari tayangan kompetisi memasak yang terkenal seperti MasterChef. Bahkan kamu bisa menemui banyak  versi dari acara ini di seluruh dunia. Dan juri juri di MasterChef sangat menginspirasi anak muda untuk bisa menjadi seperti mereka.

Kompetisi ini bukan hanya menampilkan makanan yang enak namun juga bergizi dan memiliki tampilan yang indah saat disajikan. Untuk bisa melakukan itu semua ada yang dinamakan ilmu culinary arts yaitu yang mempelajari tentang bagaimana membuat makanan yang enak, penuh nutrisi tapi bernilai estetika saat disajikan.

Saat ini ada banyak universitas atau akademi yang menawarkan pendidikan culinary arts ini. Jadi jika kamu ingin menjadi chef tidak bingung lagi mau sekolah di mana. Misalnya di Indonesia saja ada Enhaii, sekolah perhotelan yang banyak diminati di Bandung dan banyak melahirkan chef berbakat.

Namun trend menunjukkan bahwa seorang chef lulusan sekolah luar negeri saat ini lebih diminati. Dan mereka juga tak semata melahirkan seorang chef yang piawai memasak saja, tapi juga melahirkan praktisi dalam dunia kuliner.

Salah Satu Tempat Terbaik Menjadi Chef

Salah satu tempat paling baik untuk belajar menjadi chef adalah di Australia. Mengapa begitu? Ini karena di Australia kamu akan menemukan pengalaman tentang makanan yang lebih banyak dan beragam bila dibandingkan dengan negara lain.

Di Australia kamu akan banyak melihat perpaduan makanan dengan banyak pengaruh Asia, Italia, dan Spanyol. Selain itu di Australia ini menawarkan jenjang pendidikan yang lengkap mulai dari sarjana hingga pascasarjana.

Australia sudah dikenal sebagai tempat terbaik untuk belajar menjadi chef. Terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang mengikuti program diploma, sarjana dan pascasarjana bahkan sertifikat di perguruan/institusi di Australia.

Dunia kuliner di Australia memiliki banyak peluang terutama bagi seorang chef. Karena Australia banyak menjadi tujuan orang-orang untuk berlibur maka akan ada banyak orang yang datang. Dengan ini maka akan ada restoran, bar, hotel, kapal pesiar dan tempat-tempat makan yang sibuk dan pasti membutuhkan banyak chef. Jadi mengikuti pilihan sekolah chef terbaik di Australia mungkin akan menjamin kehidupan karir kamu.

Kamu tak hanya berakhir di depan kompor di dapur, namun juga bisa menjadi praktisi di dunia kuliner, menjadi konsultan menu untuk restoran, atau bahkan menjadi juri di ajang kompetisi memasak. Sebelum kamu berada pada informasi tentang pilihan sekolah chef terbaik di Australia kamu harus paham dulu bagaimana memilih sekolah chef yang tepat untuk kamu. Ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat akan memilih sekolah chef yang tepat.

Tips Memilih Sekolah Chef 
  • Apakah guru kamu adalah seorang chef profesional?
  • Apakah kamu bisa berkesempatan dengan para chef profesional yang mumpuni?
  • Apakah sekolah itu mempunyai fasilitas lengkap?
  • Apakah ada jurusan ke luar negeri?
  • Apakah sekolah kamu akan membantu dimana kamu akan bekerja nantinya?
  • Apakah ada restoran atau kantin yang diatur oleh mahasiswa agar dapat banyak pengalaman?
  • Apakah ada program lanjutan ke Master Degree?

Dari jawaban-jawaban pertanyaan di atas kamu bisa memilih sendiri apakah sekolah itu tepat untukmu atau tidak. Nah kali ini kita akan berikan informasi tentang pilihan sekolah chef terbaik di Australia. Mau bagaimanapun alasan kamu untuk mendaftar sekolah chef tentunya harus memilih yang terbaik dibidangnya. 

Pilihan Sekolah Chef Terbaik di Australia
  •   Le Cordon Bleu

Le Cordon Bleu - Ingin Jadi Chef Handal Ini Pilihan Sekolah Chef Terbaik Di Australia

Le Cordon Bleu sebenarnya pertama kali didirikan di Prancis tahun 1895. Namun berkat keunggulan dan ketenarannya, maka akhirnya mereka banyak membuka kampus di luar Prancis. Salah satunya adalah di Australia.

Le Cordon Bleu Australia memiliki lima lokasi kampus yaitu Brisbane, Adelaide, Perth, Sydney, dan Melbourne. Sekolah ini seringkali dianggap sebagai sekolah terbaik di dunia yang melahirkan para chef handal. Para pengajarnya yang profesional dan handal menghasilkan lulusan yang paling banyak dicari di industri kuliner.

Di sini kamu bisa belajar teknik memasak ala Perancis dan juga makanan khas setiap negara di dunia. Kamu juga akan belajar tentang bagaimana dapur bekerja di sebuah restoran.

Le Cordon Bleu Prancis juga menjadi tempat belajar chef Renatta Moeloek yang saat ini sedang populer di Indonesia loh. Jadi pasti sangat menginspirasi bagi kamu yang ingin menjadi chef sekeren Renatta. Dan bisa menjadi alternatif untuk kamu, karena jarak Australia lebih dekat dengan Indonesia, jika dibandingkan dengan Prancis.

Tak Perlu Jauh Ke Prancis

Jadi tak perlu jauh jauh ke Prancis, cukup ke Australia saja jika ingin menimba ilmu di Le Cordon Bleu. Kembali ke Le Cordon Bleu Australia, untuk menjadi chef handal kamu bisa masuk jurusan Advanced Diploma of Hospitality Management dengan fokus Commercial Cookery. Di sini kamu hanya diberi waktu 2 tahun untuk menyelesaikannya. Biayanya paling tidak menghabiskan Rp 614 juta rupiah untuk periode 2 tahun.

Nah bagaimana cara mendaftarnya? Pastikan kamu sudah memiliki ijazah SMA dengan nilai minimal 5.5 dan IELTS dengan skor tidak kurang dari 5. Le Cordon Bleu Australia (LCBA) terakreditasi sebagai lembaga pendidikan tinggi oleh Otoritas Standar Kualitas Pendidikan Tersier (TEQSA), dan memiliki wewenang untuk meluluskan dan memberikan program diploma, sarjana, dan magister tingkat lanjut.

Le Cordon Bleu Australia (LCBA) terdaftar sebagai organisasi pelatihan oleh Otoritas Kualitas Keterampilan Australia (ASQA) dan diakreditasi untuk memberikan sertifikat kejuruan dan kursus diploma lanjutan.

Le Cordon Bleu Australia (LCBA) juga memiliki wewenang untuk memberikan kursus studi kepada siswa yang belajar dengan visa pelajar Australia di bawah kode penyedia CRICOS 02380M. Le Cordon Bleu Australia menawarkan program studi kejuruan, sarjana, dan pascasarjana dalam kemitraan dengan lembaga pendidikan tinggi terkemuka.

Semua program telah dirancang dengan masukan dari industri dan menawarkan perpaduan pelatihan teoritis dan praktis. Program Work Integrated Learning (WIL) disertakan dalam semua program, memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka di tempat kerja industri. Jadi pastinya membuka peluang kerja yang luas untuk para alumni nya.

  •   William Angliss Institute

William Angliss Institute - Ingin Jadi Chef Handal Ini Pilihan Sekolah Chef Terbaik Di Australia

William Angliss Institute of TAFE adalah lembaga TAFE yang berlokasi di Melbourne CBD, Victoria, Australia. William Angliss Institute menyediakan pusat spesialis untuk pelatihan dan pendidikan kejuruan di bidang Perhotelan, Pariwisata, dan Seni Kuliner.

Ini adalah penyedia pelatihan perhotelan tertua dan terbesar di Victoria, dengan kapasitas untuk melatih hingga 1400 chef dan pembuat pastry dalam setahun. Lembaga ini telah berpartisipasi dalam proyek-proyek di Cina, Vietnam, Malaysia, Kamboja, Laos, Thailand, Singapura, Tonga, dan Samoa.

Kampus bersama internasional berlokasi di Cina di Universitas Shanghai, Shanghai, Institut Pariwisata dan Perhotelan Nanjing, Nanjing, Sekolah Tinggi Pariwisata Zhejiang, Hangzhou, Institut Manajemen Pariwisata Cina, Tianjin. Berbagai pilihan pilihan studi ditawarkan dari kursus singkat, magang, magang, sertifikat, diploma, diploma lanjutan dan gelar sarjana.

Di kampus Melbourne, mahasiswa William Angliss Institute belajar di lingkungan pusat kota yang aman di salah satu kota multikultural Australia yang paling bersemangat. Fasilitas dan teknologi modern yang berstandar industri menyediakan siswa dengan solusi pelatihan inovatif dari para ahli di bidangnya.

Selain itu, keanggotaan dan afiliasi William Angliss Institute dengan berbagai industri dan organisasi pendidikan Australia dan internasional memastikan siswa memperoleh keterampilan yang diminati saat ini. Untuk bisa masuk menjadi mahasiswa William Angliss kamu harus punya ijazah SMA dan nilai kemampuan bahasa Inggris.

Ada dua pilihan untuk kemampuan bahasa Inggris yaitu TOEFL atau IELTS. Untuk IELTS minimal kamu harus punya nilai 6 dan tidak ada nilai kurang dari 5.5 per band. Sedangkan TOEFL IBT minimal 79-80 dan TOEFL paper-based minimal 550.

  •   Box Hill Institute

Box Hill Institute - Ingin Jadi Chef Handal Ini Pilihan Sekolah Chef Terbaik Di Australia

Box Hill Institute adalah salah satu pilihan sekolah chef terbaik di Australia. Kampus ini masih bagian dari TAFE yaitu institusi yang didirikan oleh pemerintah agar penduduknya bisa mendapatkan pendidikan dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa belajar tentang culinary arts disini.

Dengan pengajar yang handal kamu tidak akan membuang waktu untuk menjadi chef yang handal. Kamu harus memiliki ijazah SMA dengan nilai yang bagus dan sertifikat IELTS minimal 5.5.

Jadi, ada beragam sekolah chef di Australia yang bisa kamu pilih jika saat ini kamu sedang mencari sekolah chef kelas dunia. Jika kamu sudah memenuhi semua persyaratan, maka tunggu apalagi untuk mendaftar. Karena kemungkinan besar sekolah chef kelas dunia yang berada di Australia ini sangat diminati oleh mereka yang ingin menjadi chef.

Itulah 3 pilihan sekolah chef terbaik di Australia yang bisa menjadi patokan, jika kamu akan belajar tentang culinary arts dan menjadi chef handal. Pekerjaan menjadi chef memang bukan hal yang mudah, namun jika kamu benar-benar mencintai dunia kuliner, maka kamu tidak akan menyerah begitu saja dengan mimpimu. Jadi sekolah manakah yang akan kamu tuju? Jangan lupa untuk asuransikan dirimu jika ingin keluar negeri, hanya disini!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis