3 Game Penghasil Uang Paling Cuan

Era digital memang membawa banyak perubahan pada tatanan hidup manusia. Salah satunya adalah metode atau cara dalam menghasilkan atau menambah pundi-pundi uang. Jika dulu seseorang harus bekerja dengan seragam untuk berpenghasilan, kini masyarakat dapat memperolehnya hanya dari bermain game di ponsel atau PC saja.

3 Game Penghasil Uang Paling Cuan

Seperti yang terjadi pada tren yang tengah berkembang baru-baru ini, di mana NFT alias Non-Fungible Token Gaming mendadak populer di kalangan gamer. Pemain bisa menghasilkan uang kripto, melalui konsep play to earn yang tersemat di dalamnya.

Beragam permainan terkait hal tersebut pun sudah menjamur di internet. Masyarakat bisa mendapatkan alternatif dari berbagai game yang tersaji. Apakah kamu juga sudah mencoba salah satunya? Atau belum begitu tertarik? Mungkin kamu akan mulai tertarik jika sudah membaca artikel ini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa belakangan ini makin banyak game atau permainan yang menawarkan upah berupa uang atau yang dikenal dengan sebutan game play-to-earn (P2E). Bursa kripto juga turut diramaikan dengan sektor ini.

Menurut data statistika, pada awal tahun 2021, gelombang NFT melanda dunia gaming. Total volume perdagangan NFT pada bulan Agustus naik mencapai US$22 miliar, dari bulan Januari  yang hanya bekisar di angka US$338.

Biar nggak penasaran, berikut adalah 5 game penghasil uang alias cuan. Data ini merupakan hasil kajian BDC Consulting Agency dan berdasarkan data CoinMarketCap serta Token Terminal via Blockchainmedia.

(Baca juga: 10 Game Penghasil Uang Terbaik, Lengkap dengan Caranya!)

Axie Infinity

Axie Infinity merupakan dunia virtual yang penuh pets (hewan peliharaan) ganas dan menggemaskan bernama Axies. Hewan peliharaan ini, dapat dikumpulkan, bertarung, dan mendapatkan mata uang kripto ke kehidupan nyata.

Game ini mendadak populer beberapa waktu belakangan, bahkan seringkali menduduki peringkat pertama untuk aplikasi Ethereum dengan jumlah transaksi terbanyak. Volume transaksi besar mingguannya lebih dari US$100 ribu dan pada bulan September mencapai US$1,29 juta.

Sebenarnya game ini terinspirasi oleh permainan yang sangat populer di kalangan gamer, yakni Pokemon dan Tamagotchi. Nantinya, pemain dapat memperdagangkan makhluk tersebut berbasis Token Non-Fungible (NFT).

Dengan atribut dan kekuatan yang berbeda, Axie akan bertarung dalam pertempuran PVP (Player vs Player). Pemain yang berhasil memenangkan pertempuran, nantinya berhak memperoleh poin seperti exp, di mana dapat meningkatkan statistik pets.

Untuk mendapatkan aset kripto di dalam game ini, para pemain harus membesarkan peliharaan dan bertarung dengan pemain lain. Aset kripto yang didapat adalah Smooth Love Potion (SLP) dan Axie Infinity Shard (AXS). Setiap peliharaan adalah NFT yang bisa diperdagangkan di marketplace game tersebut, di mana harga Axies tergantung pada kelangkaan dan keunikan jenisnya.

CryptoBlades

CryptoBlades adalah game atau pemaian berbasis NFT yang berjalan di Binance Smart Chain (BSC). Game berbasis web ini harus dimainkan dari situs resmi CryptoBlades. Nantinya, para pemain akan menggunakan senjata ampuh untuk mengalahkan lawan dan mengumpulkan token SKILL yang dapat digunakan untuk meningkatkan dan menaikkan level karakter.

Game yang satu ini wajib bagi kalian yang suka dengan game PvP karena memang mempertemukan pertarungan antar karakter.

Volume transaksi CryptoBlades cukup tinggi yakni mencapai US$99,65 juta per bulan dan membagikan keuntungan hingga US$3 juta setiap hari kepada para pemain.

Para pemain bisa mendapatkan untung dari hasil kemenangan dan jual beli NFT. Token SKILL merupakan aset kripto yang digunakan dalam game ini untuk membeli senjata dan fungsi lainnya. Pemain yang menang, akan memperoleh 0,05 SKILL dan dapat distaking atau dijual di bursa.

(Baca juga: Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik Harga Murah)

Alien Worlds

Alien Worlds merupakan game NFT yang bisa dimainkan secara online melalui PC.  Game ini mengajak para pemainnya untuk menjelajahi dan mengklaim sejumlah planet di semesta Alien Worlds serta bertarung dengan penjelajah lain untuk mendapatkan sejumlah NFT.

Alien Worlds dideskripsikan sebagai sebuah metaverse yang terbagi menjadi tujuh planet yang berbeda. Game ini menggunakan cryptocurrency bernama Trilium, dan pemain bisa memperolehnya dengan cara menambang atau menjalani beragam quest.

Misi dalam Alien Worlds ini menuntut pemain untuk mengeksekusi strategi yang tepat gara rencananya dapat berjalan dengan mulus. Para pemain membutuhkan bantuan beraneka tool, senjata, maupun avatar yang semuanya dapat diperjual-belikan sebagai aset NFT.

Cara bermainnya cukup gampang, para pemain bisa membeli lahan dan menambang aset kripto TLM dalam Alien Worlds serta dapat menyewakan lahan itu ke pemain lain. Token yang ditambang langsung muncul di dompet pemain dan besarannya dapat mencapai ribuan dolar per bulan. Dari Game Alien Worlds, para pemain bisa mendapatkan kripto Ethereum, BSC dan WAX karena memang berbasis pada tiga jaringan itu.

Hingga kini, diperkirakan ada 2,7 juta pemain aktif di dalamnya, hingga membuat game ini meraih volume transaksi besar senilai US$5,74 juta pada September 2021.