Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

3 TK Favorit di Bandung: Pilihan Buat Bunda untuk Menyekolahkan Anak

by Miftahul Khoer on 2 Januari, 2020

Tahun ajaran sekolah sudah akan menginjak semester genap. Tak lama lagi sekolah-sekolah akan mulai membuka pendaftaran siswa untuk tahun ajaran baru. Melihat si kecil yang kini usianya sudah cocok untuk masuk sekolah taman kanak-kanak, orang tua pasti sudah sibuk pilih-pilih sekolah bagi anaknya.

TK di Bandung

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya mendapat pendidikan di tempat terbaik. Nah bunda, tahukah terdapat beberapa sekolah TK terfavorit di Bandung? Agar bisa jadi tambahan referensi bunda semua, berikut kami sajikan beberapa TK favorit di Bandung.

  • TK Alifa Kids

TK Alifa Kids, salah satu TK favorit di Bandung. Menyandang predikat itu tentu bukan tanpa sebab, Alifa Kids memiliki beberapa keunggulan di antaranya kurikulum eksklusif. Disebut eksklusif karena seluruh rangkaian belajar berfokus pada stimulus yang menumbuhkan karakter Amanah, Loyal, Inisiatif, Fatonah dan Adil (ALIFA).

Selain memiliki kurikulum eksklusif, TK Alifa Kids memiliki program unggulan full day. Program ini bisa menjadi solusi bagi orang tua yang bekerja, kamu bisa tenang bekerja karena sang anak akan senantiasa terawasi oleh tim pendidik yang sudah belajar dan dilatih secara berkelanjutan. Sehingga anak akan terhindar dari pola asuh yang tidak sesuai dengan tahap tumbuh kembang anak.

Dengan memiliki dua model pembelajaran yakni half day dan full day, kamu harus menyiapkan biaya uang pangkal sebesar Rp7,7 juta untuk model pembelajaran half day dan Rp8,55 juta untuk model full day. Adapun biaya yang harus anda keluarkan untuk SPP bulanan sebesar Rp650.000 untuk half day dan Rp1,1 juta untuk full day.

TK Alifa Kids kini telah memiliki cabang di beberapa kota, di antaranya, Bandung, Bekasi, Palembang dan Pekanbaru. Untuk di Bandung saja TK Alifa Kids sudah ada di enam lokasi, yaitu TK Alifa Kids Antapani yang berada di Jalan Subang Raya No. 53 Antapani, TK Alifa Kids Karawitan di Jalan Karawitan No.117 Lengkong.

Kemudian TK Alifa Kids Metro di Jalan Venus Raya No. 25 Komplek Metro Soekarno Hatta Bandung, ada pula di Ujung Berung Jalan Cijambe (samping Klinik Pratama) ruko perumahan Madani Regency. Selanjutnya di Sukaluyu, Jalan Rereng Adumanis (depan SDN Sukaluyu) dan terakhir di Sukahaji, Jalan Sukahaji No. 31 (dekat perumahan Setra Murni).

Kamu bisa mengunjungi langsung website alifakids.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar TK Alifa Kids.

(Baca juga: Viral Biaya Masuk TK Selangit, Ini Cara Persiapkan Dana Sekolah Anak)
  • TK Darul Hikam

TK favorit selanjutnya adalah TK Darul Hikam. Berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No. 277 Bandung, TK Darul Hikam mengusung sistem pembelajaran “Bermain Sambil Belajar”, sehingga terciptanya suasana menyenangkan, hangat dan harmonis saat berlangsungnya pembelajaran.

Dalam kurikulum yang diterapkan, Darul Hikam senantiasa berorientasi pada mutu, efektifitas dan ciri khas. Sehingga dalam muatan kurikulumnya darul hikam menyisipkan pembelajaran empat bahasa, Bahasa Ibu, Nasional, Inggris dan Arab. Selain itu siswa akan disuguhkan pembelajaran mengenai dasar-dasar calistung, sains dan teknologi, pendidikan agama serta pengembangan kreativitas siswa.

Selain program pembelajaran formal di kelas, Darul Hikam memiliki program penunjang lain semisal pembelajaran di alam dan pengembangan minat dan bakat. TK Darul Hikam juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari masjid, gedung pembelajaran representatif hingga alat peraga pembelajaran.

Selain di Jalan Ir. H Juanda, TK Darul Hikam juga memiliki cabang di Rancaekek Jalan Nusa Indah Raya No. 96, Rancaekek Wetan. Untuk waktu belajar sendiri, TK Darul Hikam hanya membuka jam pembelajaran konvensional yaitu Senin-Jumat, mulai jam 08.00-13.00.

Jika tertarik untuk memasukan anak ke sekolah ini, maka kamu harus menyiapkan biaya sebesar Rp12,4 juta untuk kampus Dago dengan biaya SPP bulanan sebesar Rp750.000 (belum termasuk biaya program after school Rp400.000/bulan). 

Adapun untuk biaya awal masuk di kampus Rancaekek sebesar Rp5,4 juta dengan biaya SPP bulanan sebesar Rp300.000 (belum termasuk biaya program after school Rp300.000/bulan).

Untuk info lebih lengkapnya bisa akses langsung melalui website darulhikam.sch.id

  • TK Mutya Agni

TK Mutya Agni juga termasuk dalam daftar Taman Kanak-kanak favorit di Bandung. Beralamat di Jalan Sampora No. 100 RT.04 RW.04, Sukamenak, Kecamatan Margahayu Bandung ini seolah menjadi magnet orang tua untuk menyekolahkan anaknya disana. Segudang fasilitas penunjang yang dimiliki sekolah ini tak lupa dibarengi dengan program pembelajaran yang mampu membantu tumbuh kembang siswanya.

Program dan kegiatan unggulan yang diterapkan TK Mutya Agni diantaranya, entrepreneur kids, outbound kids, iptek (sains), talens day, outdoor activity dan masih banyak lagi program lainnya. Selain program unggulan TK ini juga memiliki program pengembangan terintegratif diantaranya, membangun konsep diri, membangun kemandirian, melatih berpikir kritis dan lain sebagainya.

Dalam melakukan pengembangan pembelajaran, Mutya Agni memiliki tujuh pokok target pengembangan yaitu, agama, sains, matematika, Bahasa, jasmani, kesenian dan psiko sosial. TK Mutya Agni membuka tiga model kelas pembelajaran yaitu regular, full day dan inklusi (bagi anak berkebutuhan khusus).  

Untuk waktu belajar, kegiatan belajar mengajar kelas reguler berlangsung pada Senin-Kamis, jam 07.30-11.00 dan Jumat-Sabtu, jam 07.30-09.30. untuk kegiatan belajar mengajar bagi kelas full day berlangsung pada hari Senin-Jumat, jam 07.30-15.00.

Untuk kelengkapan informasi seputar TK Mutya Agni, bisa cek langsung website mutya-agni.sch.id.

(Baca juga: Pentingnya Mendampingi Anak di Hari Pertama Sekolah)

Nah, itulah beberapa TK favorit di Bandung. Apakah bunda masih bingung mau menyekolahkan si kecil ke mana? Gak usah bingung bun, pilih aja yang sesuai dengan hati bunda, dan sesuai isi kantong tentunya!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.