Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Pentingnya Mendampingi Anak di Hari Pertama Sekolah

by Teti Purwanti on 19 Juli, 2019

Hari pertama sekolah konon sangat penting untuk tumbuh kembang si kecil. Karena itulah pada 2016, Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta yang ketika itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, mewajibkan orang tua untuk mengantar anak mereka pada hari pertama sekolah.

Hari Pertama Sekolah Murid Anak Siswa

Saking pentingnya hari pertama sekolah, konon ingatan soal hari itu menjadi hal yang selalu diingat oleh anak-anak hingga dewasa. Kalau kamu penasaran sepenting apa sih mengantarkan si kecil pada hari pertama sekolah? Berikut daftarnya!

  • Jadi jembatan bagi orang tua dan anak

Mengantarkan si kecil pada hari pertama sekolah menjadi penting agar orang tua juga tahu bagaimana lingkungan sekolah si kecil. Apalagi kalau si kecil sekolah penuh waktu, yang berarti sebagian besar waktunya akan dihabiskan di sekolah.

Selain itu, mengantarkan si kecil pada hari pertama juga akan menjadi jembatan bagi orang tua dan sekolah. Sebab akan ada banyak informasi yang harus diketahui orang tua saat mengantar anaknya ke sekolah di hari pertama ajaran baru.

Saat sudah mengetahui program dari sekolah, maka akan terjalin koneksi yang baik antara pihak sekolah, guru, dan orang tua murid.

  • Menemani si kecil agar tidak merasa sendirian

Orang tua dapat memberikan dukungan dengan percakapan yang membangun emosi positif saat mengantarkan si kecil pada hari petama sekolah. Hal ini tentu sangat penting baginya yang akan memasuki lingkungan baru yang sama sekali belum dikenalnya.

Meski begitu, jangan cuma mengantarkannya sampai di gerbang sekolah. Antarkan si kecil sampai depan kelas dan memberikan dukungan hingga si kecil duduk di kursinya.

(Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua Jelang Hari Pertama Anak Masuk Sekolah)

Hal ini tentu akan sangat berarti, karena dia tahu dia tidak sendirian menghadapi sekolah dan lingkungan barunya. Namun, saat si kecil sudah memulai pelajarannya, usahakan untuk menjauh dan tidak terlihat lagi olehnya.

Percayakan si kecil kepada sang guru dan berikan dia ruang untuk fokus belajar dan bergaul dengan teman-teman barunya.

Si kecil tentu akan merasa lebih tenang karena merasa orang tuanya sangat peduli padanya dan juga akan merasa harus lebih bertanggung jawab karena tahu orang tuanya ikut menemaninya.

  • Membantu melihat potensi anak

Untuk orang tua, hari pertama juga menjadi bentuk penilaian sikap anak di hari pertama sekolah. Jika anak terlihat cemas dan takut, maka dapat langsung ditenangkan dan disemangati.

Berbagai reaksi dapat orang tua ceritakan kepada wali kelasnya sehingga guru dapat mengetahui tindakan terbaik yang dapat diberikan pada muridnya.

Ditambah lagi, orang tua juga dapat membantu si kecil agar mampu melihat segala potensi yang ada dalam dirinya. Misalnya, bagaimana dia menjalin relasi dengan teman sekelasnya dan bagaimana dia menghadapi pelajaran pertamanya.

Dengan melihat langsung potensi tersebut, orang tua dan anak bisa berdialog dan mencari jalan terbaik agar pilihan anak bisa terjembatani. Saat ini, sudah tidak zaman orang tua memaksakan kehendak yang dirasa paling benar untuk masa depan anak-anak mereka.

  • Mengenalkannya dengan guru sebagai orang tua di sekolah

Meski begitu, sebagai orang tua juga jangan berlebihan, saat si kecil menghadapi hari pertamanya. Oleh karena itu, begitu sampai di sekolah ajak anak menemui guru yang menjadi wali kelas di kelas barunya.

Lalu, orang tua segera menyerahkan anak kepada guru, agar si kecil tahu kalau di sekolah dia tidak bisa menempel kepada orang tuanya melainkan menjadi tanggung jawab sang guru.

Selain itu, hanya dampingi si kecil sangat dia benar-benar membutuhkan bantuan orang tuanya. Banyak orang tua khawatir anaknya mungkin  akan menangis dan mencari.

(Baca juga: Memilih Sekolah Pertama yang Menyenangkan untuk si Kecil)

Jika berada pada situasi ini, tahan diri untuk tidak langsung menyusul anak. Selain memberi ruang kepada anak, hal ini juga memberi ruang kepada guru untuk berkenalan dengan si kecil dan menyelesaikannya dengan cara terbaik.

Semoga hari pertama sekolah si kecil lancar ya! Jangan lupa untuk mentraktirnya makanan kesukaan di restoran favoritnya apabila ia berhasil melaluinya dengan baik. Manfaatkan beragam diskon dan promo kartu kredit yang bekerja sama dengan restoran tersebut agar lebih hemat.

Jika kamu belum memiliki kartu kredit, pilih sendiri kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu dengan proses dan syarat yang mudah lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami