Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

3 Tren Bisnis yang Cocok untuk Anak Muda

by Satrya Agung on 17 Oktober, 2016

“Yang Muda Yang Berkarya”. Tentu kamu pernah mendengar kutipan tersebut. Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sejatinya kaum mudalah yang berkesempatan untuk menciptakan sebuah karya.

Bahkan Bung Karno pernah berujar bahwa “Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia”. Begitu besarnya pengaruh anak muda dalam perkembangan zaman. Bahkan kita tahu betul bahwa kemerdekaan negara ini tak lepas dari peran generasi mudanya.

Seyogyanya anak muda yang punya energi lebih dan pemikiran cerah, keprihatinan kita akan generasi yang cendrung galau harus dihentikan. Jangan sampai kita menua tanpa karya. Pusing cari pekerjaan tapi selalu ditolak, atau tak pernah betah jadi bawahan orang jangan cuma disalurkan di ranah media sosial.

Mungkin kamu memang bukan tipe pekerja kantoran atau jadi bawahan. Bisa jadi kamu punya bakat bisnis dan jadi pengusaha. Takut untuk memulai? Kenapa tidak bercermin dari jejak mereka yang telah terbukti berhasil? Ada banyak kok bisnis yang cocok untuk anak muda.

(Baca juga: Para Miliarder Dunia Yang Mulai Berbisnis Sejak Anak-anak)

Sekarang pertanyaannya adalah usaha apa yang cocok untuk anak muda dengan modal kecil? Bisa jadi ada banyak ide yang bermunculan di benakmu untuk bisnis yang dirasa cocok untuk dijalani. Tapi biasanya akan terbentur dengan modal. Sebelum kami memilih jenis usaha untuk anak muda yang sudah ada di angan-anganmu sebaiknya kamu pertimbangkan beberapa usaha beikut.

Food truck atau usaha kuliner lainnya

Industri kuliner akhir-akhir ini semakin menjamur. Banyaknya program televisi dengan tema masak-memasak seakan menggugah selera anak muda untuk berkecimpung. Chef muda pun bermunculan, food blogger bermekaran, dan food truck bertebaran.

Kreativitas para anak muda yang mengais rejeki kancah ini pun tak tertebak. Mereka mencoba hal-hal yang tak terpikirkan oleh markerter awam. Seperti halnya cara yang ditempuh Dimas Ginanjar Merdeka saat memasarkan keripik andalannya, Maichi. Dimas menggunakan media twitter dan respon positif dan sambutan hangat diterima Dimas dari penggemarnya. Usaha yang dimulai dengan modal seadaanya itu kini telah membawa Dimas menjadi salah satu pengusaha muda sukses yang terpandang di Indonesia.

Pangkas rambut gaul

Atau bahasa kerennya Barber Shop tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Dulu kalau hendak memangkas rambut kita akan berhadapan dengan standarisasi tempat pemangkasan yang sangat sederhana bahkan terkesan kumuh, kini di tangan anak muda image barber shop ini telah berubah drastis. Barber telah menjadi salah satu identitas anak-anak gaul.Menjamurnya usaha yang satu ini menandakan bahwa ini merupakan bisnis yang cocok untuk anak muda

Coffee shop

Serupa dengan Barber shop, ada pemahaman yang beda saat kita mendengar warung kopi dengan coffee shop. Kalau ada yang ngajak kamu untuk nongkrong di warung kopi atau biasa disingkat warkop, pasti yang tergambar adalah warung pinggir jalan, panas, bangku panjang dan pengunjung yang duduk dengan menaikkan satu kaki di kursi.

Tapi akan beda cerita dengan coffee shop, walau hanya perbedaan bahasa saja, tapi yang kita bayangkan adalah tempat yang keren dengan aroma kopi semerbak memenuhi ruangan.

cekaja-daftar-kartu-kredit

Anak mudalah yang punya penyebab dari pergesaran makna ini. Terlebih ketika penulis Dee menelurkan karyanya, Filosofi Kopi yang akhirnya diangkat ke layar lebar menjadikan anak muda semakin gandrung akan tren ini. Dan tak menyia-nyiakan tren yang sedang melanda ini, banyak sekali anak muda yang beramai-ramai untuk membuat warung kopi ala keren mereka. (Baca juga: Bukti Orang Sukses Memulai Bisnis Sejak Usia 20-an)

Itulah sekulumit ide bisnis yang cocok untuk anak muda. Ada banyak sekali jenis usaha yang bisa kamu jalanani. Apa pun itu yang penting kamu harus menjalaninya dengan sungguh-sungguh. Dan yakinlah bahwa, dengan mulai berbisnis sejak dini, itu adalah pertanda kamu adalah orang sukses.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.