Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

4 Bisnis Modal Kecil Untung Besar Anti-Mainstream

by lhmdi on 20 Juli, 2017

tips bisnis tanpa modal _ pinjaman usaha - CekAja.com

Bagi pelajar atau mahasiswa yang memiliki jiwa kreatif dan tidak terpaku pada urusan sekolah atau kampus pastinya akan memiliki ide-ide besar. Salah satu cara mereka adalah dengan berbisnis modal kecil dengan untung besar.

Faktanya bahkan bisa dilihat dari Yogyakarta misalnya. Banyak mahasiswa atau mahasiswi yang memiliki bisnis modal kecil untung besar yang dimulai dari membuka angkringan.

Di kota besar seperti Bandung atau Jakarta pun mulai banyak bermunculan pelajar atau mahasiswa yang berbisnis Coffee Shop, bengkel motor hingga berbagai macam bisnis kategori online atau daring yang menghasilkan keuntungan besar.

Saat ini peluang untuk mengelola berbagai macam jenis bisnis atau usaha modal kecil untung besar pun semakin terbuka. Bisnis ini bahkan bisa diikuti oleh para pelajar hingga mahasiswa. Bahkan bisa dibilang bisnis ini merupakan ladang uang anti-mainstream, karena masih banyak yang belum mencobanya.

Nah! Seperti apa ya bisnis modal kecil untung besar anti-mainstream yang layak dicoba oleh para pelajar atau mahasiswa? Berikut beberapa diantaranya:

  1. Jual beli barang bekas

bisnis valentine_kredit dengan agunan - CekAja.com

Bicara tentang jual beli barang bekas, bisnis ini tidak hanya berbicara tentang rumah atau mobil bekas atau second yang sudah populer. Namun, jual beli barang bekas juga bisa dimulai dari hal-hal sederhana seperti dari hobi.

Sebagai contoh saat ini penjualan bisnis kamera bekas atau yang diproduksi di antara tahun 70 hingga tahun 80 sedang meningkat. Bahkan beberapa pengelola bisnis ini memulai usahanya saat dari kuliah hingga lulus dan menggelutinya sebagai profesi yang serius.

Tidak hanya tentang kamera bekas saja namun masih banyak benda-benda lainnya yang masih laik untuk diperjualbelikan. Oleh karena itu bisnis ini memerlukan kecermatan membaca peluang dan kebutuhan yang sedang berkembang di masyarakat.

  1. Open trip untuk perjalanan wisata

bisnis bulan Ramadhan _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Untuk pelajar atau mahasiswa yang senang dengan kegiatan wisata, bisnis ini patut untuk dicoba. Apalagi kebutuhan akan paket liburan dari berbagai jasa travel atau perjalanan wisata jika dirasa mahal bagi masyarakat yang membutuhkan.

Dengan pengalaman pelajar atau mahasiswa yang sudah berwisata di tempat-tempat tertentu maka membuka jasa Open Trip merupakan pilihan yang mampu menghasilkan keuntungan besar.

Bisnis jasa yang satu ini memberikan keuntungan ganda. Selain uang, kamu dapat ikut kembali berwisata dan berbagai informasi serta pengetahuan kepada masyarakat yang masih awam tentang lokasi wisata tersebut. Hal ini masih akan ditambah dengan keuntungan dari berbagai macam fasilitas yang ditawarkan oleh tempat wisata tersebut.

  1. Usaha Jasa Joki Gamer

traveling bisnis_asuransi perjalanan - CekAja.com

Masih asing mendengar nama joki gamers? Bagi masyarakat awam mungkin memang masih belum percaya dengan bisnis ini. Namun, di kalangan gamers hal ini sudah menjadi yang lumrah atau bahkan cukup sering dilakukan dan mampu dikelola menjadi bisnis modal kecil untung besar.

Joki gamers biasanya dipilih karena kehandalannya memainkan sebuah game atau permainan khusus. Bahkan tidak jarang para gamers yang membutuhkan jasa joki ini untuk memberikan keuntungan bagi mereka.

Hasilnya, para joki gamers pun mendapatkan keuntungan yang besar dengan modal yang sangat minim, asalkan memang benar-benar menguasai sebuah permainan atau game.

  1. Usaha agen atau perantara

tips bisnis_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Tidak perlu malu menjadi seorang agen atau perantara jika itu menguntungkan. Sebagai contoh, bisnis ini memberikan keuntungan yang besar dan sangat minim dengan modal. Asalkan kamu pintar untuk bernegoisasi maka kamu bisa menjadi agen dan mendapatkan komisi dari sebuah penjualan.

Sebagai contoh, bisnis ini bisa dimulai dari barang seperti rumah, atau mobil. Mengelola bisnis dengan modal usaha kecil dan untung besar memiliki tantangan. Salah satunya adalah keragu-raguan dan sumber modal yang masih akan dipikirkan. Bergantung dengan orang tua untuk mendapatkan pinjaman modal pun bukanlah pilihan yang selalu bisa dilakukan.

Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa trik yang bisa kamu coba saat bisnis sembari sekolah atau kuliah dapat berjalan beriringan. Berikut beberapa trik yang bisa kamu coba:

  1. Temukan ide sederhana

tips bisnis - CekAja.com

Ide sederhana memulai bisnis sebenarnya bisa dilihat dari fakta di lingkungan sekitar kamu. Kamu tidak perlu terlalu sering memperhatikan data-data atau tren bisnis populer di kalangan pelajar atau mahasiswa.

Karena hal ini bisa berdampak pada ekspektasi tinggi yang tanpa ada aksi untuk memulai menjalankan bisnis tersebut.Oleh karena itu, temukanlah ide bisnis yang sederhana dan bisa dimulai dari lingkungan atau teman-teman sepermainan kamu.

Berikutnya, jangan lupa untuk memperhitungkan bisnis tersebut bisa dimulai dan memang mampu menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

  1. Menyiapkan mental

gagal bisnis jatuh miskin_kredit tanpa agunan- CekAja.com

Selain modal untuk usaha dan mempersiapkan berbagai macam untung rugi yang akan didapatkan, jangan lupa menyiapkan mental. Mental ini adalah menyadari bahwa mengelola bisnis butuh proses yang berliku.

Sekali menjual atau menawarkan pastinya belum tentu akan berhasil. Bahkan hingga lima atau sepuluh kali pun masih belum berhasil, maka kamu harus tetap memiliki mental yang kuat.

Berikutnya, kamu harus memiliki keberanian dalam setiap pengambilan keputusan baik berupa keuntungan dan risiko yang akan diterima. Selanjutnya, pastikan untuk selalu berani menerima kegagalan.

Tidak semua proses yang kamu jalani dalam berbisnis selalu memiliki keuntungan atau kemenangan. Namun, di satu titik kamu harus menyadari bahwa kekalahan itu penting untuk merebut kembali keuntungan atau kemenangan yang akan kamu cari dalam berbisnis.

  1. Jangan terlena dengan uang

bisnis tionghoa - CekAja.com

Trik berikutnya adalah jangan sampai kamu terlena dengan uang. Banyak mahasiswa yang sedang menjalankan bisnis dan kemudian memperoleh untuk besar kemudian memilih tidak melanjutkan pendidikannya di sekolah atau bangku kuliah.

Nah! Agar ini tidak terjadi pada kamu yang sedang mengelola bisnis sambil sekolah atau menjadi mahasiswa, pastikan kedua kegiatan ini berjalan seimbang. Tetap mengikuti pendidikan di bangku sekolah dan kuliah itu penting untuk memberikan ilmu-ilmu baru bagi kamu yang sedang berbisnis.

Begitu juga sebaliknya, kegiatan bisnis yang kamu jalani akan memberikan pengaruh juga kepada kegiatan sekolah atau kuliah kamu. Contoh sederhana saja, kegiatan bisnis yang sudah kamu jalani akan bermanfaat ketika kamu ditunjuk menjadi panitia pelaksana sebuah kegiatan di sekolah atau kampus.

Satu atau dua hal dari kegiatan bisnis kamu pastinya akan membantu kamu mengelola setiap aktivitas di kampus.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami