Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

4 Hal Sepele yang Bisa Membuat Pagi Lebih Produktif

by Tisyrin N. T on 14 Agustus, 2017

Pagi Lebih Sehat dan Produktiv - CekAja

Untuk memicu produktivitas, ada hal sepele yang kerap terlupa dan sebenarnya bisa menciptakan motivasi pagi.

Saat baru terbangun dari tempat tidur, seseorang punya pilihan untuk segera beraktivitas atau melanjutkan kembali tidurnya. Godaan untuk menarik kembali selimut dan mematikan alarm memang sulit ditangkal, semua kembali pada masing-masing orang.

Namun, coba bayangkan apabila sudah berhasil melawan kemalasan tersebut, akan ada tambahan waktu luang di pagi hari. Waktu luang tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas yang berguna.

Hal-hal sepele yang bisa menciptakan motivasi pagi hari

Hal-hal seperti bangun pagi, olahraga, dan sarapan telah menjadi rutinitas yang umum. Ketiganya mampu membuat seseorang lebih semangat dan bugar sehingga memicu produktivitas. Di luar itu, beberapa hal sepele yang kerap terlupakan tetapi bisa memicu motivasi di pagi hari seperti berikut ini :

Mempersiapkan segala sesuatu pada malam harinya

Mempersiapkan segala sesuatu di malam hari akan membuat pagi hari lebih efektif. Saat pagi tiba, energi pun tidak akan terlalu terkuras hanya untuk menyiapkan sesuatu yang seharusnya dapat dilakukan sejak malam hari. Siapkan pakaian yang akan dikenakan, barang-barang yang akan dibawa, hingga bahan-bahan makanan untuk sarapan dan bekal makan siang.

Pagi hari pun akan lebih produktif karena semuanya telah siap. Waktu tidak akan terbuang hanya untuk memilih baju atau mencari barang-barang. Siapkan sejak malam sebelumnya untuk memangkas banyak waktu di pagi hari. Lalu gunakan pagi hari untuk hal-hal produktif seperti membaca dan olahraga.

Jangan lupa tidur lebih awal

Tidur lebih awal juga akan membantu menciptakan motivasi pagi. Mengapa? Karena badan akan lebih segar sehingga sangat mendukung untuk lebih produktif.

Ingat, tidur terlalu malam punya dampak yang buruk terhadap kesehatan misalnya kelelahan, mengantuk, memicu serangan jantung, stroke, hingga diabetes. Tak ada salahnya mengubah jam tidur demi kesehatan dan hari esok yang lebih produktif.

Membereskan tempat tidur

Percayakah bahwa membereskan tempat tidur akan menciptakan motivasi pagi? Aktivitas yang satu ini kelihatannya remeh, tetapi dampaknya tidaklah sepele.

Sebuah survei online dari Hunch.com memperlihatkan bahwa 71% orang yang merapikan tempat tidur di pagi hari merasa bahagia. Sementara 62% orang yang tidak pernah merapikan tempat tidurnya mengaku bahwa mereka merasa tidak bahagia.

Penelitian lain membuktikan dengan membenahi tempat tidur saat bangun, rasa percaya diri akan bertambah dan tubuh lebih termotivasi menjalankan aktivitas.

Seorang Jenderal angkatan laut Amerika Serikat yang telah pensiun William McRaven juga mengungkapkan rahasia agar tetap produktif di tempat kerja dan disiplin sepanjang hari. Dalam buku Make Your Bed: Little Things That Can Change Your Life… And Maybe the World, dia berbagi aneka tip.

Menurutnya, menyelesaikan satu tugas dasar di pagi hari cukup untuk membantu menjaga kualitas sepanjang hari agar tetap berjalan baik. McRaven  yang juga merupakan kanselir di University of Texas System  mengungkapkan kiat utama membuat hari lebih efektif adalah merapikan tempat tidur setiap paginya.

Meskipun baik untuk kesehatan mental, tetapi membereskan tempat tidur di pagi hari ternyata membantu tungau berkembang biak. Para peneliti dari Kingston University menyatakan bahwa tempat tidur berantakan mencegah pertumbuhan tungau kasur.

Mengapa? Tungau menyerap kelembaban dan kehangatan tubuh manusia dan berkembang biak. Kasur dalam kondisi lembab ketika sudah rapi sehingga tungau mudah berkembang biak. Sementara pada kasur yang berantakan, misalnya selimut yang terbuka dan bantal berserakan, kelembabannya akan hilang dan membuat tungai dehidrasi lalu mati.

Lalu bagaimana solusinya? Agar tungau tidak terjebak dalam lipatan selimut yang lembab serta tumpukan bantal, jangan langsung membereskan tempat tidur setelah bangun pagi. Diamkan selama beberapa waktu sampai kasur, bantal, dan selimut tak lagi panas dan lembab, kemudian baru benahi.

Gantilah seprai dan sarung bantal setidaknya seminggu sekali, untuk mencegah penumpukan tungau, kuman, dan kotoran lainnya. Solusi lain, jangan lupa menjemur kasur dan bantal.

Lupakan media sosial dan email di pagi hari

Di era sekarang ini, hampir setiap orang sulit untuk terlepas dari ponsel pintar. Ketika baru bangun tidur, yang pertama kali dicari adalah ponsel pintar. Agar lebih produktif, tundalah mengecek ponsel pintar, lebih baik lakukan aktivitas lain seperti mandi dan sarapan.

Membuka gadget di pagi hari untuk mengecek email dan sosial media akan sangat menganggu aktivitas. Seseorang bisa lupa waktu karena terlena dengan aktivitas tersebut. Jari-jari akan sulit berhenti untuk stalking atau browsing tanpa tujuan jelas.

Begitu juga ketika tiba di kantor, tundalah menjawab email atau chat. Lakukan pekerjaan utama terlebih dahulu.

 

 

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami