Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Penghasilan Menurun Tajam

by Tisyrin on 2 May, 2017

keluarga bangkrut_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Kita mungkin pernah merasakan tidak bisa memenuhi kebutuhan finansial karena merasa penghasilan sedang menurun. Bagi pegawai kantoran karena gaji tidak cukup, dan bagi pebisnis karena omzet bisnis menurun.

Setiap orang harus siap menghadapi kerugian di berbagai segi. Entah itu kehilangan orang yang dicintai, kehilangan mimpinya, atau mengalami kerugian finansial yang signifikan.

Hal-hal tersebut tentu akan menciptakan penderitaan dan kesedihan. Kerugian finansial yang besar bisa saja jadi terjadi karena mengalami kerugian investasi dan bisnis atau harus membayar biaya kesehatan yang mahal.

Dan kenyataan tersebut mau atau tidak mau harus diterima. Ketika kebangkrutan melanda, jangan terus menerus meratapinya. Segera lah move on agar kehidupan di masa depan lebih baik lagi.

Perencana Keuangan asal Amerika Serikat Jason Hull, CFP melalui sebuah blog menjelaskan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika menghadapi kerugian finansial yang besar. (Baca: Catat! 11 Kata-Kata Motivasi Ini Bikin Semangat Berbisnis)

Turunkan gaya hidup

Cek ulang pengeluaran, definisikan kembali kebutuhan dan kurangi yang tidak penting. Kita bisa membangun lagi kehidupan. Tetapi, langkah pertama segera bereskan dulu kebocoran pengeluaran. Jika punya anak, jelaskan yang sedang terjadi agar mereka mengerti.

Cari sumber penghasilan tambahan

Cara tercepat untuk mengisi lubang adalah dengan mendapatkan sekop yang lebih besar untuk memasukan lebih banyak sesuatu ke dalamnya. Kita mungkin akan menemukan sesuatu yang lebih baik daripada yang pernah dimiliki atau memulai bisnis baru yang tumbuh melampaui apa yang kita harapkan.

Bicarakan dengan orang yang kita cintai

Saat baru saja mengalami kerugian besar, tidak apa-apa jika kamu sempat tertegun karenanya. Upayakan menceritakannya kepada orang terdekat. Lakukan analisa secara objektif tentang apa yang menyebabkan kerugian dan apa yang akan mencegah kerugian di masa depan. (Baca: 7 Pekerjaan Sampingan Khusus Akhir Pekan yang Bisa Bikin Kantong Makin Tebal)

Fokus pada masa sekarang dan masa depan

Apa yang terjadi di masa lalu tidak bisa dibatalkan. Cobalah untuk Jalan-jalan, nikmati udara segar, langit luas, dan bunga. Bayangkan masa depan yang akan lebih baik lagi. Dan jangan lupa untuk mengingat hal-hal yang patut untuk disyukuri. Dengan cara ini, optimisme akan kembali tumbuh.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami