Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

4 Keuntungan BPJS Ketenagakerjaan, Tak Hanya Jaminan Hari Tua

by JTO on 30 Mei, 2016

Selama ini, kebanyakan orang mengetahui keuntungan BPJS Ketenagakerjaan itu adalah adanya jaminan di hari tua. Ya, memang benar, Jaminan Hari Tua adalah salah satu program yang dihadirkan oleh asuransi program pemerintah untuk tenaga kerja di Indonesia tersebut. Jaminan Hari Tua, sesuai dengan namanya, adalah dana yang disimpan hingga masa pensiun. Dengan begitu, dana tersebut diharapkan dapat meminimalisir risiko sosial dan ekonomi di hari tua.

Akan tetapi, sebenarnya keuntungan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan tak hanya sampai di situ saja. Setidaknya ada 4 (empat) program yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan, berikut kami paparkan apa saja program bermanfaat tersebut:

4 (Empat) Program Keuntungan BPJS Ketenagakerjaan

Program Jaminan Hari Tua

Sebagaimana sudah dijelaskan di awal artikel, program jaminan ini diberikan ketika tenaga kerja memasuki usia pensiun dan harus berhenti bekerja. Namun sekarang, pencairan dana ini tak lagi bisa diperoleh saat usia pensiun akan tetapi juga apabila tenaga kerja di-PHK. Hal ini diterapkan mengingat beberapa tahun terakhir beberapa perusahaan mengalami masalah sehingga harus mem-PHK para karyawannya.

Terkait: Bagaimana Cairkan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan? Ini Caranya

Program Jaminan Kecelakaan Kerja

Program dari BPJS Ketenagakerjaan ini diperuntukkan khusus bagi tenaga kerja yang berisiko tinggi. Dengan adanya manfaat ini diharapkan akan membantu tenaga kerja yang bisa saja mengalami hal tak diinginkan, seperti kecelakaan atau kematian. Iuran untuk program ini biasanya dibayarkan pula oleh pihak pengusaha dengan persentase tertentu.

Program Jaminan Kematian

Tak hanya memberikan perlindungan untuk beberapa risiko sosial dan ekonomi yang terjadi pada tenaga kerja, BPJS Ketenagakerjaan juga diberikan untuk memberi perlindungan bagi pihak keluarga yang ditinggalkan. Apabila tenaga kerja meninggal maka otomatis ahli waris akan menerima sejumlah santunan baik itu berupa uang pemakaman ataupun santunan uang. Dengan begitu, keluarga yang ditinggalkan akan terbantu.

Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan

Tak hanya memberikan perlindungan terhadap risiko tertentu, BPJS Ketenagakerjaan juga didesain agar melengkapi produktivitas tenaga kerja. Program JPK adalah program bagi tenaga kerja untuk dapat menikmati beragam layanan kesehatan di klinik kesehatan, rumah sakit ataupun beberapa layanan kesehatan ataupun beberapa alat bantuan pengobatan. Pihak tenaga kerja yang terdaftar BPJS Ketenagakerjaan akan diberikan Kartu Pemeliharaan Kesehatan atau KPK yang dapat digunakan sebagai bukti diri untuk memperoleh layanan kesehatan.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Bukan Hanya Sekadar Proteksi

Melihat beragam keuntungan BPJS Ketenagakerjaan tersebut, beberapa di antara Anda yang belum mengetahui banyak tentang program ini bisa jadi bertanya-tanya. Pertanyaan yang timbul bisa jadi seputar bagaimana cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan? Kemudian, apakah program ini hanya diperuntukkan bagi pekerja yang terikat dalam hubungan kerja saja?

Jawabannya adalah: BPJS Ketenagakerjaan tak hanya diperuntukkan bagi tenaga kerja dalam hubungan kerja melainkan juga tenaga kerja di luar hubungan kerja. Tenaga kerja di luar hubungan kerja mencakup pekerja mandiri baik yang memiliki usaha sendiri maupun mereka yang bekerja freelance. Kedua golongan tenaga kerja tersebut dapat menikmati manfaat yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan dengan mendaftarkan diri.

Bedanya adalah metode pendaftaran. Jika tenaga kerja dalam hubungan kerja otomatis didaftarkan oleh pihak perusahaan, mereka yang tidak terikat dapat membentuk wadah terlebih dahulu yang terdiri sekurang-kurangnya 10 pekerja. Kemudian, perwakilan dari wadah / organisasi tersebut dapat mendaftarkan sekaligus semua tenaga kerja yang sudah bergabung untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Jadi, masih menunda untuk jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan?

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.