Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

4 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder yang Wajib Diketahui

by Nadhillah Kusindriani on 7 Agustus, 2020

Buat orang awam yang jarang membuat kue, kamu mungkin akan bingung mengetahui perbedaan baking soda dan baking powder. Pasalnya, jika dilihat dari bentuk, warna dan fungsi, baking soda dan baking powder sama-sama berbentuk seperti tepung berwarna putih, yang berguna untuk mengembangkan adonan.

4 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder yang Wajib Diketahui

Namun ternyata, jika ditelisik lebih dalam, perbedaan baking soda dan baking powder terletak pada komposisi bahan kimia yang digunakan, reaksinya apabila dicampurkan dengan bahan lainnya dan sebagainya.

Maka dari itu, untuk mengetahui lebih jelas apa saja perbedaan baking soda dan baking powder, di bawah ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap kusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Pengertian Baking Soda dan Baking Powder

Sebelum kamu mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan baking soda dan baking powder, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu, pengertian dan beberapa hal umum dari kedua jenis tepung pengembang berikut ini.

Baking Soda

Baking soda merupakan jenis tepung pengembang kimiawi, yang sering digunakan untuk membuat adonan kue atau roti. Baking soda atau yang juga dikenal dengan soda kue ini, sejatinya adalah senyawa basa.

Sehingga, untuk bisa bereaksi dan mengeluarkan gas karbondioksida, penggunaan baking soda harus dicampur dengan bahan-bahan yang sifatnya asam, seperti gula merah, air lemon, buttermilk dan yoghurt.

Jika baking soda dicampur dengan bahan-bahan yang bersifat asam tersebut, maka adonan nantinya akan menghasilkan gelembung dan perlahan akan mengembang.

Namun, penggunaan baking soda pun perlu diperhatikan. Kamu tidak bisa menggunakannya sebanyak yang kamu mau, agar adonan dapat mengembang dengan sempurna.

(Baca Juga: 7 Resep Cemilan Peneman WFH)

Sebab, jika baking soda yang kamu gunakan terlalu banyak, sementara bahan-bahan yang mengandung sifat asam sedikit, maka adonan tidak akan bereaksi dengan baik dan kue nantinya akan memiliki tekstur yang licin dengan rasa pahit getir.

Meski fungsi utama baking soda adalah untuk mengembangkan adonan kue, tetapi nyatanya baking soda juga kerap kali digunakan untuk membersihkan peralatan rumah tangga. Fungsi baking soda yang satu ini sudah sangat terkenal dan banyak digunakan oleh ibu rumah tangga.

Baking Powder

Baking powder sendiri pada dasarnya memiliki arti, sebagai bahan atau jenis tepung yang sudah mengandung baking soda dan asam kering, seperti misalnya sodium alumunium sulfat dan cream of tartar.

Kandungan asam kering yang dimiliki baking powder ini, membuatnya harus diberikan cairan terlebih dahulu, agar kandungan baking soda dapat bereaksi.

Oleh karena itu, jika kamu berencana untuk menggunakan baking powder, sebagai bahan untuk campuran adonan kue, maka kamu harus mencampurkannya dengan cairan agar adonan dapat mengembang.

Baking powder sendiri sejatinya lebih cocok untuk digunakan membuat adonan kue yang dikukus. Sedangkan, adonan kue yang dimasak dengan cara dipanggang sebaiknya menggunakan baking soda, agar adonan dapat mengembang sempurna.

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Setelah mengetahui pengertian dari baking soda dan baking powder, beserta beberapa informasi dasar lainnya di pembahasan sebelumnya. Maka, kini saatnya untuk kamu mengetahui perbedaan baking soda dan baking powder.

Di pembahasan awal sudah disinggung sedikit perbedaan baking soda dan baking powder, yang terletak pada komposisi bahan kimia yang digunakan dan reaksinya apabila dicampur dengan bahan lain. Namun sebenarnya, masih ada perbedaan baking soda dan baking powder lainnya yang perlu kamu ketahui, yang di antaranya yaitu:

1. Kandungannya

Kandungannya - 4 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder yang Wajib Diketahui

Perbedaan baking soda dan baking powder yang pertama adalah kandungannya. Untuk baking soda sendiri, ia memiliki kandungan senyawa alkali. Yang mana, senyawa alkali ini berguna untuk menghindari asam berlebih dari campuran bahan asam yang digunakan.

Selain itu, baking soda juga merupakan bahan yang terbentuk dari campuran natrium dan hidrogen karbonat. Baking soda biasanya lebih sering digunakan untuk membuat roti soda dan kue.

Kemudian kalau baking powder, merupakan bahan yang terbentuk dari campuran monokalsium fosfat, sodium bikarbonat dan sodium fosfat. Bagaimana, dari kandungannya saja sudah terlihat jelas bukan perbedaan baking soda dan baking powder?

2. Cara Kerja

Cara Kerja - 4 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder yang Wajib Diketahui

Poin berikutnya yang menjadi perbedaan baking soda dan baking powder adalah cara kerja. Di mana, cara kerja dari kedua jenis bahan pengembang ini berbeda. Sehingga, melalui cara kerjanya, kamu bisa melihat dengan jelas perbedaan baking soda dan baking powder.

Baking soda sendiri, umumnya agar bisa bereaksi dan mengembang dengan sempurna, harus dicampur dengan bahan-bahan yang memiliki kandungan asam, seperti yoghurt, air lemon ataupun susu.

Baking soda yang terbuat dari 100 persen sodium bikarbonat, apabila dicampur dengan semua bahan cairan asam tersebut, akan langsung bereaksi dengan cepat. Sebab, semua bahan asam akan memproduksi karbondioksida. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya juga, bahwa karbondioksida yang dihasilkan bahan asam, ketika digabungkan dengan baking soda akan langsung bereaksi dengan membentuk gelembung-gelembung.

Yang mana, gelembung-gelembung itu merupakan tanda bahwa adonan kue akan mengembang. Jika sudah begitu, kamu hanya perlu membiarkan adonan beberapa saat, hingga adonankue semakin mengembang dengan sempurna.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa baking soda baru akan bekerja maksimal, apabila dicampur dengan bahan-bahan yang memiliki kandungan asam di dalamnya. 

Sedangkan, baking powder tidak memerlukan campuran bahan asam lagi untuk bisa bereaksi dengan sempurna. Karena, baking powder sudah dilengkapi dengan bahan asam, sehingga baking powder bisa langsung bekerja secara optimal apabila terkena atau ditambahkan cairan.

Meski proses kerja dari kedua bahan pengembang ini berbeda, namun fungsi keduanya sama, yaitu sama-sama membuat kue menjadi mengembang dan memiliki tekstur yang halus.

3. Pengaruh Rasa yang Dihasilkan

Pengaruh Rasa yang Dihasilkan - 4 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder yang Wajib Diketahui

Perbedaan baking soda dan baking powder yang berikutnya adalah terletak pada rasa yang dihasilkan. Jika kamu menggunakan baking soda sebagai pengembang kue, mau sebanyak apapun takaran yang kamu gunakan, baking soda tidak akan mempengaruhi rasa dari kue itu sendiri.

Namun berbeda jika kamu menggunakan baking powder sebagai tepung pengembang. Sebab, jika kamu menggunakannya secara berlebihan, maka efeknya adalah kue atau roti akan memiliki cita rasa pahit getir.

4. Jenis Kue yang Dibuat

Jenis Kue yang Dibuat - 4 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder yang Wajib Diketahui

Nah, perbedaan baking soda dan baking powder yang satu ini bisa kamu ketahui dengan jelas dari jenis kuenya. Pasalnya, baking soda sudah pasti digunakan untuk membuat kue atau roti, yang harus dicampurkan dengan bahan asam lainnya. Dengan begitu, jenis kue yang biasanya dibuat menggunakan baking soda adalah biskuit dan sejenis roti-rotian.

Kalau untuk baking powder sendiri, karena proses kerjanya tidak membutuhkan campuran dari bahan asam lainnya, maka jenis kue yang biasanya dibuat menggunakan baking powder adalah kue bolu, muffin dan sejenis kue lainnya.

Apakah Baking Soda dan Baking Powder Bisa Dipakai Bersamaan?

Perbedaan baking soda dan baking powder memang terbilang cukup banyak, namun apakah kedua bahan tersebut sebenarnya bisa digunakan secara bersamaan? Lalu, jika bisa digunakan bersama, apakah kedua bahan ini aman untuk dikonsumsi?

Sejatinya, ada beberapa resep makanan yang menggunakan dua jenis bahan pengembang ini secara bersamaan. Dan dalam penggunaanya, kedua bahan ini sangat aman untuk dikonsumsi. Sebab, baking soda berfungsi untuk menetralisir asam, namun tidak dapat mengembangkan adonan, karena tidak memproduksi karbondioksida.

Di sisi lain, baking powder berguna untuk mengembangkan adonan. Sehingga, apabila keduanya dicampurkan, maka akan memberikan hasil adonan yang baik. Tetapi, untuk mendapatkan rasa asam, adonan bisa ditambahkan dengan sedikit perasa asam dari buttermilk ataupun air perasan lemon.

Dengan begitu, maka kue nantinya akan mengembang dengan sempurna dan memilki cita rasa asam yang pas. Selain itu, kue pun akan memiliki warna kecoklatan yang sangat cantik setelah proses pemanggangan, akibat dari senyawa alkali yang dimiliki baking soda.

Kamu bisa melihatnya dari beberapa jenis kue, seperti bolu tape, bolu pisang, bolu sarang semut, banana cake dan lain sebagainya. Semua kue tersebut, setelah dibakar akan berubah warna menjadi kecoklatan.

Jadi, sudah terbukti bukan kalau penggunaan baking soda dan baking powder secara bersamaan itu aman? Kamu bisa langsung mencobanya sendiri di rumah dan mengikuti resep yang biasa kamu gunakan.

(Baca Juga: 4 Menu Olahan Telur)

Baking soda dan baking powder sendiri bisa kamu temukan dengan mudah, baik di toko kelontong, supermarket, hingga e-commerce yang menjual bahan-bahan pembuata kue. Namun, agar lebih praktis kamu bisa membelinya secara online melalui e-commerce.

Sebab, di sana kamu bisa memilih bahan yang akan kamu beli dari beberapa toko pilihan. Setelah itu, kamu bisa langsung membeli bahan-bahan yang dibutuhkan, termasuk baking soda dan baking powder menggunakan kartu kredit.

Pasalnya, dengan kartu kredit semua transaksi akan berjalan lebih mudah. Terlebih, kartu kredt seringkali memberikan banyak promo menarik yang dapat dinikmati para penggunanya, mulai dari diskon, rewards hingga cashback. Dengan begitu, belanja akan lebih hemat dan menyenangkan menggunakan kartu kredit.

Nah, jadi buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, tunggu apalagi? Segera ajukan di CekAja.com. Di sana tersedia banyak produk kartu kredit, yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampua finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuan kartu kredit di CekAja.com pun sangat mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Yuk, ajukan sekarang dan dapatkan segudang keuntungannya!

Tentang Penulis