Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

4 Pilihan Kredit Karyawan untuk Kebutuhan Finansial

by lhmdi on 4 Agustus, 2017

tips karier _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Beberapa bank memiliki solusi bagi karyawan yang menginginkan pinjaman. Kredit karyawan merupakan fasilitas pinjaman uang tanpa menggunakan jaminan.

Jika biasanya karyawan yang bekerja di instansi atau lembaga pemerintahan bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah karena menjaminkan surat kerja atau SK, maka hal yang sama belum tentu terjadi bagi karyawan yang bekerja di perusahaan swasta.

Namun, saat ini, beberapa bank memiliki solusi bagi karyawan yang menginginkan pinjaman. Kredit karyawan ini merupakan fasilitas pinjaman uang tanpa menggunakan jaminan apa pun.

Tidak hanya bank, layanan financial technology (fintech) pun mulai menyiapkan fitur khusus, dimana karyawan dapat mengajukan pinjaman untuk memenuhi kebutuhannya.

Beberapa bank pun yang menawarkan produk ini pun mengklaim bahwa pinjaman atau kredit yang diajukan karyawan prosesnya sangat cepat. Paling lama, pinjaman ini akan cair dalam waktu kurang lebih dua minggu.

(Baca juga: Mau Tahu Jenis Kredit yang Cocok untuk Karyawan? Cek di Sini)

Nah! Bagi kamu yang tertarik mengajukan pinjaman untuk karyawan khususnya yang bekerja di perusahaan swasta, CekAja kali ini akan membagikan beberapa bank yang menyediakan kredit untuk karyawan tanpa kewajiban jaminan.

Pilih-pilih Pinjaman Bank Untuk Karyawan Swasta
  1. Kredit karyawan aktif dari BTPN

berhenti kerja _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

BTPN atau Bank Tabungan Pensiunan Nasional dikenal sebagai bank yang khusus mengerjakan produk untuk para pensiunan, kini mulai beralih meluncurkan produk kredit untuk karyawan.

Sebuah produk yang diberi nama Kredit Karyawan Aktif ditawarkan BTPN kepada pegawai atau masyarakat yang berprofesi sebagai karyawan aktif dan sedang bekerja di sebuah badan usaha, perusahaan hingga instansi pemerintah.

Jumlah pinjaman yang diberikan kepada karyawan memiliki nilai maksimal hingga RP 300.000.000, dengan jangka waktu kredit hingga 120 bulan. Bahkan kredit ini dilindungi oleh asuransi, sehingga sisa pinjaman dapat diubah statusnya menjadi lunas ketika nasabah meninggal dunia.

Lalu, bagaimana caranya untuk bisa mengajukan kredit karyawan aktif dari BTPN ini? Sebagai tahap awal kamu harus menyiapkan beberapa dokumen seperti surat keputusan pengangkatan bagi pegawai negeri dan surat pengangkatan pegawai tetap bagi karyawan swasta.

Dokumen lain yang mesti disiapkan adalah surat keputusan penyesuaian gaji terakhir atau surat keterangan kerja bersama dengan slip gaji, fotokopi kartu pegawai fotokopi kartu tanda penduduk, fotokopi NPWP, buku tabungan dan surat rekomendasi dari pejabat atau atasan di perusahaan.

  1. Kredit ringan dari BTN

tips karier _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Pilihan kredit untuk karyawan berikutnya yang bisa kamu pilih adalah Kredit ringan dari BTN. Produk yang sering disebut juga dengan Kring BTN ini dikhususkan bagi karyawan negeri bahkan karyawan swasta, namun dengan jaminan SK pegawai bagi karyawan negeri atau surat keterangan kerja bagi pegawai swasta.

BTN memberikan dana tunai hingga RP 100.000.000 bagi karyawan yang ingin mengajukan kredit, jangka waktu hingga lima tahun, dan perlindungan asuransi jiwa. Bahkan cicilan menjadi lebih ringan jika karyawan memiliki Payroll dari BTN.

Pinjaman Untuk Karyawan Kontrak? Coba Yang Satu Ini

bisnis start up _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Pinjaman bank untuk karyawan swasta memang lebih difokuskan kepada karyawan yang sudah menjadi pegawai tetap. Lalu, bagaimana dengan pegawai yang masih memiliki status sebagai karyawan kontrak atau belum ada surat pengangkatan sebagai karyawan tetap.

BNP atau Bank Nusantara Parahyangan punya produk menarik bagi karyawan yang sedang mencari pinjaman melalui produk yang diberi nama Mirai+. Jenis pinjaman ini dapat diajukan bagi karyawan kontrak yang masih memiliki penghasilan minimal Rp 1.000.000 per bulan, dan mendapatkan limit hingga Rp 40.000.000, dan jangka waktu pinjaman pun bervariasi dari 6 hingga 42 bulan.

Sementara itu, bagi nasabah lama yang sudah pernah mendapatkan kredit  Mirai+ dari BPN akan mendapatkan kisaran pinjaman dengan nilai RP 1.000.000 hingga Rp 40.000.000 dalam jangka waktu 6 hingga 42 bulan.

Sementara itu, bagi karyawan kontrak yang pernah mengajukan kredit Mirai+ di BPN dan memiliki catatan kredit yang bagus berhak mendapatkan pinjaman senilai Rp 1.000.000 hingga Rp 10.000.000 dengan plafon dalam waktu 6 bulan.

Lalu, apa saja persyaratan yang harus disiapkan oleh karyawan kontrak untuk mendapatkan pinjaman ini? Kredit untuk karyawan untuk yang berstatus kontrak haruslah memiliki minimal masa kerja selama satu tahun di tempat kerja yang sama.

Sementara itu bagi karyawan yang bekerja dengan minimal kontrak kerja selama tujuh bulan, hanya akan mendapatkan jangka waktu pinjaman selama enam bulan.

Untuk persyaratan, seorang karyawan kontrak yang dapat mengajukan pinjaman harus berusia 21 tahun atau berusia 55 tahun ketika jangka waktu kredit berakhir.

Karyawan kontrak juga wajib memiliki PSTN (Public Switched Telephone) agar pihak bank dapat menghubungi si karyawan atau pihak kantor tempat karyawan yang bersangkutan bekerja. Selain itu jangan lupa untuk menyiapkan salinan kartu tanda penduduk, kartu keluarga, slip gaji terbaru, surat keterangan kerja dan fotokopi surat kontrak kerja.

Pinjaman Karyawan Secara Online

Nama layanan pinjaman ini adalah Investree. Dalam satu fitur layanannya, Investree memiliki satu produk khusus yang memang dikhususkan untuk karyawan. Bagi kamu yang ingin mengajukan kredit untuk karyawan di Investree, kamu hanya perlu mengikuti beberapa persyaratan berikut ini.

  1. Sudah berusia 21 tahun ke atas.
  2. Terdaftar sebagai perusahaan yang bekerjasama dengan Investree.
  3. Memiliki penghasilan tetap dengan jumlah minimal Rp 3.100.000.
  4. Menyiapkan dokumen seperti kartu tanda penduduk, NPWP, surat keterangan kerja dan slip gajji dari tempat bekerja.

Jadi, kredit untuk karyawan mana yang akan menjadi pilihan kamu?

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami